Manfaat Air Kelapa, Obat dari Segala Penyakit

Manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan – Minum air kelapa memang menyegarkan, apalagi jika dilengkapi dengan es batu saat cuaca panas. Namun bukan hanya sebagai minuman yang menyegarkan, air kelapa juga dilengkapi dengan segudang manfaat yang baik bagi tubuh.

Air kelapa disebut-sebut sebagai obat dari segala penyakit. Bukan tanpa sebab, karena air kelapa memiliki fungsi detoksifikasi yang dapat membuang zat-zat berbahaya dan tak diperlukan oleh tubuh. Dengan begitu, racun yang menjadi penyebab munculnya penyakit juga akan ikut terbuang dan tubuh akan merasa lebih bugar. Maka dari itu, banyak orang sakit yang akhirnya menggunakan air kelapa sebagai alternatif penyembuhan penyakitnya.

Meski begitu, bukan berarti Anda yang sehat tak perlu untuk mengonsumsi air kelapa. Mengonsumsi kelapa secara rutin dipercaya dapat memberi banyak manfaat untuk tubuh, seperti:

1. Melancarkan pencernaan

Untuk mencerna makanan, tubuh membutuhkan serat dan cairan. Maka dari itu ketika tubuh kekurangan serat proses pencernaan makanan juga akan terganggu, yang akhirnya menimbulkan masalah seperti diare dan sembelit. Konsumsilah air kelapa untuk melancarkan proses pencernaan, karena air kelapa mengandung serat yang baik untuk membantu proses kerja usus.

2. Menghidrasi tubuh

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi merupakan hal yang penting. Kekurangan cairan dapat memberi banyak dampak negatif bagi tubuh, seperti kehilangan konsentrasi, merasa kelelahan, sakit kepala, hingga kulit kering dan kusam.
Selain dengan mengonsumsi banyak air putih, air kelapa juga dapat membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Kandungan elektrolit yang ada pada air kelapa dapat menggantikan cairan yang hilang sehingga cocok diminum ketika Anda merasa dehidrasi.

Baca Juga :  Manfaat Kacang Hijau untuk Berbagai Kesehatan Tubuh

3. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia, fungsi utamanya adalah untuk menyaring darah sebelum mengembalikannya ke jantung serta mengeluarkan racun di dalam tubuh melalui urin. Jika ginjal tak berfungsi dengan baik, maka tubuh akan kesulitan untuk menyaring darah dan mengeluarkan racun sehingga menimbulkan penumpukan racun di dalam tubuh.

manfaat air kelapa hijau

Untuk menjaga kesehatan ginjal, cara yang paling mudah dan baik adalah dengan memenuhi kebutuhan air mineral tubuh. Namun berdasarkan sebuah studi air kelapa memiliki lebih banyak manfaat untuk menjaga ginjal dibandingkan air mineral.
Air kelapa juga dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal sendiri terbentuk karena zat pembentuk kristal seperti kalsium dan asam urat lebih banyak daripada cairan dalam urine, sehingga mereka saling menempel dan kemudian tampak sebagai batu ginjal. Air kelapa dapat melarutkan batu ginjal dan membuat kristal-kristal tersebut tak saling menempel pada ginjal maupun saluran kemih.

4. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan ideal adalah impian bagi sebagian orang. Tak jarang orang rela melakukan segala cara untuk menurunkan berat badannya. Salah satu cara menurunkan berat badan yang dapat Anda coba adalah dengan mengganti minuman ringan dan minuman manis dengan air kelapa.

Air kelapa merupakan minuman alami rendah kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi saat Anda ingin menurunkan berat badan. Dengan minum air kelapa sebelum makan, Anda akan kenyang lebih cepat dan rasa kenyang juga akan bertahan lebih lama sehingga porsi makan juga akan lebih sedikit dari biasanya.

5. Mencegah penuaan dini

Seiring dengan pertambahan usia, masalah kulit semakin tak bisa dihindarkan. Mulai dari kulit keriput, flek hitam, hingga pori-pori yang membesar akan senantiasa menghampiri. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi zat antioksidan sebagai upaya mencegah penuaan.

Baca Juga :  Manfaat Kulit Manggis, Obati Kanker dan Cegah Penuaan

Air kelapa merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang dapat membantu hambat proses penuaan. Sel-sel kulit akan lebih mudah untuk beregenerasi dan jauh dari radikal bebas yang berbahaya bagi kulit maupun tubuh, dengan begitu kulit akan menjadi lebih kencang dan elastis.

Leave a Comment