jual glatin

Jual Gelatin Bubuk Halal (Sertifikasi MUI)

JUAL GELATIN BUBUK HALAL – Bubuk Gelatin Beli dimana? Dan Bingung Mencari Gelatin Halal Online? Jangan khawatir, kamu sudah berada di tempat yang pas sekarang.

Harga Rp. 20.000,- untuk per 100 gram

WhatsApp & SMS

Butuh informasi lebih lanjut atau mau langsung pesan? Kontak nomor kami 082324993714

APA ITU GELATIN

Jual Gelatin Murah
Jual Gelatin Murah

Apa itu Gelatin? Gelatin adalah senyawa turunan protein yang dihasilkan dari serabut kolagen jaringan penghubung, kulit, tulang dan tulang rawan yang dihidrolisis dengan proses asam atau basa.
Pada umumnya, sumber utama bahan baku gelatin komersial berasal dari tulang sapi, kulit sapi, kulit babi dan ikan. Karena diambil dari jaringan kolagen, maka sifat fisiknya mirip dengan kolagen atau agar-agar yaitu tak berwarna dan tembus cahaya (jika dilarutkan), tak berasa dan umumnya berbentuk serbuk.

JENIS GELATIN

jual gelatin halal
jual gelatin halal

Berdasarkan proses pembuatannya, gelatin dibedakan menjadi dua tipe, yaitu gelatin tipe A dan B. Pada gelatin tipe A, bahan baku diberi perlakuan perendaman dalam larutan asam anorganik seperti asam klorida, asam sulfat, asam sulfit atau asam fosfat sehingga proses ini dikenal dengan sebutan proses asam,

sedangkan pada gelatin tipe B, bahan baku diberi perlakuan perendaman dalam air kapur (proses alkali). Proses pembuatan gelatin dengan menggunakan asam lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan basa.

Ada pendapat lain tentang jenis gelatin. Gelatin type A dikatakan berasal dari babi, sedangkan gelatin type B diperoleh dari hewan “bovine” seperti sapi, lembu/kerbau dan kambing. Gelatin type A lebih populer dan lebih mudah diperoleh melalui impor.

Hal tersebut karena negara yang mengembangkan gelatin umumnya adalah negara non muslim dan babi merupakan hewan ternak yang utama di negeri tersebut. Oleh karenanya, penduduk Indonesia yang beragama Islam harus memperhatikan halal tidaknya gelatin yang digunakan, terutama jika diperoleh dari import

JUAL GELATIN HALAL ECERAN

Harga Rp. 20.000,- untuk per 100 gram

*) Harga Grosir 5 – 10 kg,  kami beri Harga 19.000 per 100 gram

dan untuk >10 kg, kami beri harga Rp.18.500 per 100 gram

WhatsApp & SMS

Butuh informasi lebih lanjut atau mau langsung pesan? Kontak nomor kami 082324993714

BAHAN BAKU PEMBUATAN GELATIN

jual gelatin sapi
jual gelatin sapi

Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun jaringan tubuh makhluk hidup, inilah yang kemudian diolah menjadi gelatin lewat proses kimia dan thermis. Konvesi kolagen menjadi gelatin, melibatkan reaksi pemutusan ikatan kolagen oleh asam atau basa kuat yang disertai dengan pemasanan.

Biasanya pada proses produksi gelatin dilakukan secara bertahap (multistage extraction) menggunakan suhu yang relatif rendah (50-60 0C). Tahap pemurnian dan pengeringan gelatin juga dilakukan menggunakan suhu yang terkontrol untuk meminimal resiko kerusakan produk, sehingga memiliki aplikasi yang lebih luas.

Tingginya kandungan nutrisi pembentuk gelatin mengakibatkan penanganan gelatin harus dilakukan secara higienis sebab mudah terserang mikroorganisme. Kontaminasi mikroorganisme bisa membentuk terjadinya penambahan senyawa lain yang merusak gelatin seperti asam dan enzim proteolitik.

Enzim proteolitik merusak atau menguraikan protein gelatin sedangkan asam bisa menggumpalkan protein sehingga fungsinya menjadi terganggu (Ward dan Courts, 1977).

Sifat umum dan kandungan unsur-unsur mineral tertentu dalam gelatin dapat digunakan untuk menilai mutu gelatin dan standard mutu gelatin menurut SNI (1995) sebagai berikut:

Parameter Keadaan
Warna Tidak berwarna, kadang-kadang kuning pucat
Bau dan Rasa Larutan Normal (dapat diterima konsumen)
Susut pengeringan Maksimum 16%
Kadar Abu Maksimum 3,25%
Logam Berat Maksimum 50 mg/kg gel
Arsen Maksimum 2 mg/kg gel
Tembaga Maksimum 30 mg/kg gel
Seng (Zn) Maksimum 100 mg/kg bahan
Sulfit Maksimum 100 mg/kg bahan.
asarkan sifat bahan dasar pembuatan gelatin bisa terbagi menjadi 2 prinsip yaitu alkali dan asam.

1. Alkali dilakukan untuk menghasilkan gelatin tipe B (Base), yakini memakai bahan utama kulit tua (keras dan liat) maupun tulang. Pertama-tama bahan melewati proses perendaman terlebih dulu dalam beberapa minggu/bulan dalam kalsium hidroksil, melalui proses itu ikan jaringan kolagen akan mengembang dan terpisah/terurai. Kemudian itu dinetralkan menggunakan asam sampai bebas alkali, dicuci agar kadar garam yang terbentukdapat hilang. Lalu proses diekstraksi dan proses lainnya.

2. Pengasaman, tujuannya untuk menghasilkan gelatin tipe A (Acid). Umumnya diambil dari kulit babi, dan juga bisa berasal dari bahan dasar tulang. Kulit dari babi muda tidak dapat dilakukan penangganan alkali yang instensif sebab jaringan ikat belum kuat terikat. Oleh sebab itu dilakukan melalui cara direndam menggunakn asam lemah (encer) (HCL) dalam sehari, dinetralkan, dan kemudian itu dicuci berulang-ulang hingga asam dan garamnya hilang.

JUAL GELATIN SAPI

WhatsApp & SMS
Butuh informasi lebih lanjut atau mau langsung pesan? Kontak nomor kami 082324993714

FUNGSI DAN KEGUNAAN GELATIN

jual gelatin online
jual gelatin online

Ada banya sekali Fungsi dan kegunaan gelatin terlebih lagi dalam industri pangan. Gelatin bisa dipakai dalam produk pangan ataupun non pangan. Jika pada produk pangan, gelatin sering digunakan sebagai bahan penstabil (stabilizer), pembentuk gel (gelling agent), pengikat (binder), pengental (thickener), pengemulsi (emulsifier) dan perekat (adhesive) . Gelatin ini masuk kedalam golongan surfaktan (surface active agents) karena sering digunakan untuk menurunkan tegangan antar muka.

Dan jika pada produk non pangan, gelatin sering digunakan untuk industri fotografi ataupun pelapisan logam pada industri elektroplating.

Selain itu juga Gelatin sering digunakan pada:
• Industri permen
• Industri pembuatan puding, kue dan pai
• Produk olahan daging seperti baso, sosis, burger dan lain-lain
• Industro olahan susu dan minyak seperti yogurt, keju dan mentega
• Industri Es krim

Permintaan gelatin di Indonesia cenderung meningkat mengikuti perkembangan trend pola konsumsi masyarakat. Hingga saat ini kebutuhan gelatin di Indonesia dipenuhi dari produk impor, sehingga menimbulkan polemik di masyarakat tentang kehalalannya. Sebagian besar industri gelatin yang ada menggunakan kulit babi sebagai bahan bakunya.

MANFAAT GELATIN BAGI KESEHATAN TUBUH

jual gelatin sapi

1. Melancarkan sistem pencernaan
Dalam Glatin terkandung asam amino yang cukup tinggi, ini terbukti sangat baik dalam meningkatkan sierta melancarkan sistem pencernaan dengan optimal. Tidak hanya itu, kandungan protein yang tinggi ini juga dapat berperan untuk menambah kinerja organ dalam.

2. Mengurangi nyeri
Kandungan pada gelatin juga, sangat membantu kandungan kondroitin yang bisa dipakai dan bermanfaat dalam mengatasi nyeri persendian, otot, dan juga arthritis. Tentunya jika di konsumsi dengan baik dan teratur, karena bisa memperkuatkan pertulangan serta pertumbuhan tulang.

3. Menurunkan berat badan
Gelatin juga mengandung protein yang sangat tinggi, yang mana protein ini bermanfaat sekali untuk membuat kenyang perut dengan cepat serta tahan dalam jangka lama. Dengan mengkonsumsi gelatin ini dapat mempercepat penurunan berat badan secara optimal, Serta juga sangat baik dalam program diet. Kandungan yang ada di gelatin ini juga berguna untuk membakar lemak yang tertimbun di dalam tubuh.

4. Menyeimbangkan hormon
Dengan mengkonsumsi gelatin dengan secara teratur, pastinya akan membantu dalam menyeimbangkan hormon dengan efektif, tidak hanya itu kandungan yang ada pada glatin begitu membantu dalam mengatur insulin serta dapat mencegah resiko hipoglikemia. Tapi, perlu diketahui juga jika kandungan yang terdapat pada gelatin sangat membantu dalam menurunkan kelebihan hormon estrogen pada tubuh.

5. Menguatkan pertulangan
Kandungan kalsium, magnesium, posfor, dan sulfur cukup membantu menguatkan pertulangan, serta menjadikan tulang keras atau kokoh. Kandungan ini nantinya akan memperbaiki sel atau jaringan yang rusak sehingga pertulangan akan kembali normal, tidak lupa juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Oleh begitu, sangat dianjurkan untuk mengksonsumsi gelatin agar pertulangan dapat sehat terjaga dan masalah pertulangan dapat diperbaiki

6. Meningkatkan fungsi adrenal
Kandungan asam amino dan juga mineral esensial yang ada pada glatin sangat bermanfaat dan berguna dalam meningkatkan adrenal pada tubuh, terlebih lagi dalam meremajakan tubuh secara optimal serta juga meningkatkan kinerja atau fungsi adrenal pada tubuh.

7. Membersihkan penyakit liver
Kandungan asam amino yang cukup tinggi pada glatin cukup memiliki fungis yang penting bagi penderita liver, kandungan asama amino ini dapat membersihkan sumber penyakit yang menyebabkan liver muncul, serta dapat diperbaiki langsung dengan maksimal.

GELATIN HALAL DI INDONESIA (ONLINE)

Tingginya pemakaian kulit babi sebagai bahan dasar gelatin, menciptakan keresahan serta kekhawatiran bagi masyarakat Indonesia yang notabene kebanykan beraga islam.

Menurut data BPS, Indonesia mengalami peningkatan impor gelatin rata–rata sekitar 15,37 % pertahun (BPS, 2003). Naiknya permintaan gelatin itu menciptakan peluang untuk didirikannya industri gelatin berskala besar di Indonesia. Peluang itu juga didukung oleh adanya bahan baku untuk pembuatan gelatin yang dalam skala yang besar.

Gelatin bisa dibikin menggunakan bahan baku kulit dan tulang hewan ( seperti babi, sapi, domba, pari, cucut, unggas dan lain sebaginya). Diantara bahan baku yang mungkin bisa digunakan di Indonesia dan dijadikan bahan dasar industri gelatin ialah kulit split. Berdasarkan data BPS (2000), jumlah produksi kulit sapi bahan kerupuk (kulit split) pada tahun 1999 sebesar 3.657 ton.

Jual Gelatin Bubuk Halal

Harga Rp. 20.000,- untuk per 100 gram

*) Harga Grosir 5 – 10 kg,  kami beri Harga 19.000 per 100 gram

dan untuk >10 kg, kami beri harga Rp.18.500 per 100 gram

Butuh informasi lebih lanjut atau mau langsung pesan? Kontak nomor kami 082324993714 (WhatsApp & SMS)

Leave a Comment