Jual Biji Coklat Kering (Biji Kakao) Dengan Kualitas Terbaik & Murah

By | August 14, 2017

JUAL BIJI COKLAT KERING – Biji kakao atau biji coklat adalah biji buah yang berasal dari pohon kakao (Theobroma cacao) yang sudah melewati proses fermentasi serta pengeringan dan siap untuk diolah.Biji kakao digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan coklat serta masakan tradisional.

Kami menjual Biji Coklat Kering (Biji Kakao Kering) asli dari perkebunan kakao .

Harga 1 Kg= Rp. 37.000,-*

*) Harga Sewaktu-waktu Bisa Berubah Menyesuaikan Harga di Pasaran

Informasi dan Pembelian Hubungi; 0852-1122-2692 (Via WhatsApp atau SMS)

Pengiriman keseluruh Indonesia

Pohon kakao bisa memiliki ketinggian hingga 10 meter dan menghasilkan bunga putih. Nama ilmiah dari pohon kakao ialah Theobroma cacao, masih satu kerabat dengan Sterculiacee dan pertama kali ditemukan oleh Christopher Columbus.

Buah kakao mempunyai kulit yang tebal. Daging buahnya (pulp) jarang sekali dimanfaatkan. Pada Pulp ini terkandung gula serta dapat membantu proses fermentasi biji kakao. Di dalam satu buah kakao biasanya tedapat biji sebanyak 30-50 biji.

Warna biji sebelum proses fermentasi dan pengeringan ialah putih, kemudian berubah menjadi warna keunguan atau merah kecoklatan. Beda lagi dengan satu varietas dari yang berasal dari Peru yang warna bijinya tetap putih walaupun sudah melewati proses fermentasi dan pengeringan.

Jual Biji Coklat Kering

Jual Biji Coklat Kering

Kandungan Pada Biji Kakao Atau Cokelat

Jual Biji kakao Kering

Pada Kakao terdapat beberapa Zat yang terkandung di dalamnya, diantaranya lipid, karbohidrat dan protein serta mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi fosfor, dan natrium.

Dan juga pada kakao terdpat bahan kimia yang berguna bagi tubuh manusia seperti kafein, tyramine serotonin, dan phenylethylamine. Tidak hanya itu Biji Kakao Juga terdapat beberapa vitamin B, vitamin B3 di tertentu yang hadir dalam jumlah sedikit.

Baca Juga :  Harga Beton Cor Murah (Terbaru)

Manfaat Biji Kakao (cokelat) Sebagai Pengobatan

Jual Biji Coklat Kering

Seperti yang sudah dijelaskan diatasa barusan, bahwa kandungan biji kakao terdiri dari mineral, vitamin dan karbohidrat yang artinya dalam biji kakao tersimpan banyak energi makanan, sangat dianjurkan bagi olahragawan serta bagi mereka yang berada di usia perkembangan. Sebut saja dark chocolate (Cokelat pahit) di dalamnya terkandung sejumlah antioksidan yang baik yang berguna melawan radikal bebas berbahaya serta memperlambat proses penuaan sel.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, dengan mengkonsumsi sekitar 20 gram dark chocolate per hari dapat memperpanjang kehidupan atau membuat panjang umur.

Selain itu terdapat juga kandungan Theobromin pada kakao bersama yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi serta kewaspadaan, kemudian terdapat serotonin yang berguna untuk “mendukung” sistem saraf dalam kasus-kasus depresicdan stres.

Jenis Cokelat atau Kakao

Jual biji kakao

Bubuk kakao didapat dari bagian lemak dari biji yang telah diekstrak, atau cocoa butter, coklat pasta, dan yang tersisa adalah membentuk bubuk kakao.

Dark chocolate didapat dengan menambahkan coklat pasta lain cocoa butter, dalam prakteknya, proses terbalik dengan yang digunakan untuk memperoleh bubuk kakao.

Susu coklat didapat dark chocolate dengan menambahkan persentase susu dan gula.

Coklat putih: Jenis ini terdiri dari Kakao eksklusif, susu mentega dan gula.

Kontraindikasi Kakao atau Cokelat

Kontraindikasi Kakao atau Cokelat

Kakao atau coklat ini jangan diberikan pada anak-anak di bawah usia tiga tahun, karena bisa memicu reaksi alergi.
Selain itu juga jangan diberikan kepada orang dengan tekanan darah tinggi dan orang yang sering mengalami gugup dengan adanya kandungan kafein pada tanaman kakao bisa menonjolkan gejala-gejala.

Sangat disarankan konsumsi Cokelat bagi orang dengan gangguan sembelit dan wasir. Kandungan Polifenol pada coklat memblokir aktivasi sel yang terlibat dalam proses inflamasi dan pada saat yang sama menentang agregasi trombosit dalam darah, mengurangi resiko serangan jantung.

Cara Pengolahan Buah kakao Menjadi Biji Kakao

Cara Pengolahan Buah kakao Menjadi Biji Kakao

kualitas buah kakao yang baik ditentukan pada saat panen. Serta Pemeliharaan tanaman budidaya menentukan kualitas panen. Buah kakao dengan kualitas yang baik bercirikan matang sempurna, serta memberikan rasa dan aroma yang baik.

Baca Juga :  Jual Paper Flower (Untuk Backdrop Pernikahan, Ulang Tahun dan Lain-Lain)

Buah yang sudah masak ditandai dengan perubahan warna yang semula hijau menjadi kekuningan atau merah menjadi jingga.

Setelah dipanen, buah dibuka hingga menyisakan biji kakao. kemudian dilakukan fermentasi yaitu biji didiamkan kurang lebih 5 hari dengan wadah tertutup.

Biji yang sudah difermentasi lalu dikeringkan dan disortir. Biji di panggang untuk mengeluarkan aroma kakao. Tahap berikutnya winnowing dengan menyangrai biji kakao kering pada suhu 80 derajat Celcius selama 15 menit. Lalu biji kakao dipisahkan dari kulitnya secara manual sehingga dihasilkan daging biji kakao tanpa kulit yang disebut nib.

Proses Pengolahan Biji Kakao Menjadi Cokelat

tanaman kakao

 

Biji kakao tanpa kulit (Nib) digiling halus melalui proses Grinding. Nib yang dihasilkan kemudian dikecilkan ukurannya dengan menggunakan pemasta dan disaring dengan ayakan.

Sehingga nantinya dihasilkan pasta halus berbentuk cairan kental dan mengkilap berwarna cokelat gelap atau pasta kakao dan cocoa presscake yang menjadi cocoa powder. Lemak cokelat akan dipakai dalam pembuatan cokelat. Sementara cocoa presscake akan dihaluskan menjadi cokelat dalam bentuk bubuk.

Lemak kakao pada biji kakao didominasi oleh trgiliserida yang terdiri atas asam stearat (34%), palmitat (27%) dan oleat (34%) yang bersifat padat pada suhu ruang dan meleleh pada suhu tubuh 37oC dan memberikan tekstur yang smooth saat di mulut.

Cokelat susu merupakan kategori cokelat yang dapat dikonsumsi langsung. Dilakukan pencampuran lemak kakao atau cocoa butter, pasta kakao, gula, susu skim dan emulsifier. Bahan-bahan tersebut dicampur dan diaduk, kemudian diconching yaitu diaduk untuk mengurangi tingkat keasaman. Dapat pula menambahkan kacang untuk menambah citra rasa coklat. Kecepatan, durasi dan suhu conching akan mempengaruhi rasa

Proses terakhir ialah tempering yaitu cokelat melewati pemanasan, pendinginan dan proses pemanasan kembali. Proses ini penting untuk menentukan dan memperbaiki mutu cokelat yang dapat meningkatkan titik leleh. Penelitian Indarti dkk dalam penelitian Kajian Pembuatan Cokelat Batang dengan Metode Tempering dan Tanpa Tempering memberikan hasil bahwa, cokelat batang yang menggunakan lemak kakao hasil tempering dan dengan perlakuan tempering akhir memiliki titik leleh yang tinggi dibandingkan cokelat susu batangan yang menggunakan lemak kakao tanpa tempering dan tanpa tempering akhir.

Baca Juga :  Waroeng Aqiqah Lampung

Nah, selanjutnya dilakukan pencetakan dan disimpan dalam ruang pendingin. Kemudian cokelat di packing dan siap di konsumsi.

Cara Membuat Coklat di Rumah

gambar kakao

Cuci biji kakao. Pastikan biji kakao bebas kotoran dengan mencucinya hingga airnya menjadi bening. Keringkan dengan tisu dapur.

Sangrai biji kakao. Sangrai biji kakao di wajan dengan api kecil selama 5-10 menit. Bijinya akan meletup seperti popcorn dan mengeluarkan aroma khas. Ketika kulitnya berubah menjadi cokelat gelap, matikan api.

Kupas biji kakao. Setelah disangrai hingga kehitaman, mudah saja memecahkan kulitnya dengan tangan dan mengambil isinya.

Haluskan biji kakao. Haluskan biji kakao dengan ulekan dan cobek hingga benar-benar halus dan membentuk pasta. Hasilnya adalah cocoa butter dengan 54% lemak. Inilah yang membuat cokelat terasa lembut dan lumer di mulut. Teruslah haluskan biji kakao hingga wujudnya seperti cokelat leleh.

Panaskan. Tempatkan cokelat di panci kecil, lalu masukkan panci berisi cokelat tersebut ke panci besar berisi air hangat. Haluskan terus dan aduk cokelat sampai air mendidih.

Tambahkan gula. Tambahkan 30 gram gula pasir dan teruslah mengaduk. Campuran ini perlahan akan terasa semakin halus. Sekitar 1-2 jam proses setelah biji kakao digiling, tampilannya akan seperti cokelat leleh.

Cetak. Masukkan cokelat leleh ke cetakan berbentuk polong kakao dan batangan bercetak wayang yang disediakan. Simpan selama 3-4 jam di kulkas, keluarkan cokelat dan nikmatilah! Kandungan cokelatnya 70% atau dark chocolate, hanya ditambahi gula, sehingga menfaatnya cokelatnya lebih optimal bagi tubuh.

Jual Biji Kakao Kering

jual biji kakao kering

Jika anda membutuhkan biji kakao, kami menyediakan dan jual biji kakao atau biji coklat. Biji Kakao diambil dari langsung dari petani kakao. Tentunya dengan harga yang bersahabat dan dengan kualitas yang tidak kalah hebat.

Harga Per 1 Kg = Rp. 37.000,-*

*) Harga Sewaktu-waktu Bisa Berubah Menyesuaikan Harga di Pasaran

Untuk Informasi Pemesanan dan Stok Barang silahkan Hubungi 0823-2499-3714 (Via WhatsApp atau SMS)

Author: dhonnies

"Gagah bungah sumringah, ndadar ing wayah-wayah"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *