Macam-Macam Gambar Rambu Rambu Lalu Lintas dan Arti Terlengkap

Rambu-rambu lalu lintas dan keterangan – tentunya bagi kita sudah tidak asing lagi dengan Apa itu rambu lalu lintas. Ada bermacam rambu lalu lintas yang ada di sekitar kita. Adanya rambu lalu lintas ini tujuannya bukan sebagai pajangan belakang tetapi lebih dari itu, yaitu untuk mengatur kondisi Jalan Raya agar tetap aman serta terkendali.

Rambu lalu lintas ini sangat beragam, mulai dari rambu larangan, rambu-rambu orang dan masih banyak lagi. Mungkin ada yang sudah kita paham namun ada juga yang kita bahkan asing melihatnya.

Oleh sebab itu, mari kita kenali dan sekaligus kita Praktekkan terhadap macam-macam rambu lalu lintas yang ada. Simak ulasannya dibawah ini mulai dari sejarah hingga keterangan yang ada.

Rambu Lalu Lintas Dan Keterangan

Kita sekarang hidup di mana banyak sekali inovasi inovasi dari kendaraan bermotor, terlebih lagi pada kendaraan darat. Alasan inilah yang membuat situasi Jalan Raya yang mana fungsinya itu sebagai sarana penunjang transportasi semakin penuh sesak oleh bermacam-macam ke yang ada sehingga yang namanya kecelakaan itu pasti akan tingkat kerawanan yaitu meningkat.

Salah satu langkah untuk meminimalisir angka kecelakaan, maka disusunlah sebuah peraturan yang nantinya berguna untuk mengatur perilaku para pengendara yang ada di jalan raya.

Selain dengan menambah serta memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di jalan raya, pemerintah juga membuat sebuah peraturan di jalan raya yang sering kita kenal juga dengan istilah rambu-rambu lintas.

Rambu-rambu lalu lintas merupakan alat pelengkap jalan yang berupa lambang, angka, huruf, kalimat ataupun gabungan dari semuanya tadi. Yang mana fungsinya ialah untuk memberikan peringatan, larangan, perintah, anjuran ataupun petunjuk kepada para pengguna jalan.

Sejarah Rambu-Rambu Lintas dan Keterangannya

Sejarah rambu lalu lintas

Rambu-rambu lalu lintas sering kita jumpai sekarang ini, tidak terlepas dari penemuan dari Seorang warga negara Amerika yang bernama garrett augustus Morgan.

Morgan merupakan seorang aktivis yang sangat peduli terhadap keselamatan hidup orang banyak, dan dia juga merupakan seorang yang sering bereksperimen dalam menciptakan sebuah sistem untuk memberikan kemudahan dalam segala hal.

Mulanya garrett augustus Morgan ini menemukan rambu-rambu lalu lintas iyalah ketika mobil buatan Amerika pertama kali dikenalkan kepada khalayak umum di tahun 1900.

Di masa itu sepeda kereta kuda ataupun kendaraan yang bermotor masih belum memiliki aturan-aturannya yang jelas dalam penggunaan jalan. Inilah yang banyak mengakibatkan kecelakaan yang terjadi di jalanan baik itu Antara kendaraan dengan kendaraan ataupun dengan pejalan kaki.

Lihat kondisi yang seperti di atas tadi itulah yang mendorong Morgan untuk memperbaiki sistem lalu lintas yang ada di jalanan.

Ketika banyak para penemu yang telah memasarkan rambu lalu lintas buatan mereka, garrett augustus Morgan ini menjadi orang yang mengawali untuk mematenkan karyanya yaitu pengatur lalu lintas dengan sistem tiga posisi atau tiga sinyal.

Jenis-Jenis Marka Jalan Dan Artinya

marka jalan

Rambu lalu lintas dikelompokkan menjadi berbagai jenis, salah satunya yaitu berdasarkan dari jenis Pesan yang disampaikan. Di antaranya yaitu:

1. Rambu Lalu Lintas Yang Berupa Peringatan

rambu lalu lintas rambu lalu lintas rambu lalu lintas rambu lalu lintas rambu lalu lintas

Rambu peringatan ini fungsinya yaitu untuk memperingatkan kepada para pengguna jalan untuk berhati-hati dalam menjalankan kendaraannya dikarenakan ada sebab-sebab telepon kondisi yang bisa dianggap berbahaya.

Biasanya rambu peringatan ini memiliki dasar warna kuning dan warna hitam untuk tulisan ataupun lambangnya.

Sebagai contoh kita bisa perhatikan rambu yang menunjukkan adanya lintasan kereta api atau rambu yang menunjukkan adanya persimpangan yang mana itu merupakan peringatan untuk agar lebih berhati-hati para pengguna jalan.

2. Rambu Petunjuk

arti rambu lalu lintas arti rambu lalu lintas arti rambu lalu lintas arti rambu lalu lintas arti rambu lalu lintas

Aku petunjuk ini biasanya berisi tentang penunjuk arah, petunjuk jurusan, ataupun penegas jurusan yang menegaskan tentang arah yang harus ditempuh untuk sebuah wilayah yang dituju. Biasanya warna dasar dari rambu petunjuk ini ada hijau dan warna putih sebagai tulisan dan lambangnya.

Rambu petunjuk jurusan umumnya menggunakan huruf kapital atau huruf besar di Huruf pertamanya kemudian menggunakan huruf kecil, atau bisa juga memakai huruf kapital semua ataupun huruf kecil semua.

Dan untuk rambu petunjuk jurusan tempat objek wisata, biasanya menggunakan warna dasar coklat serta warna putih sebagai warna tulisan ataupun lambangnya.

Rambu yang menunjukkan tempat batas wilayah suatu daerah, suatu situasi jalan, fasilitas umum, dan rambu-rambu yang berisik kata-kata anak-anak telpon tempat servis Nyatakan dengan menggunakan warna dasar biru.

Rambu yang menunjukkan petunjuk arah dan serta keterangan kepada pengguna jalan ataupun pengendara-pengendara, terkait dengan arah mana yang harus ditempuh atau dituju harus cara lengkap disertai dengan nama dan arah letak wilayah tersebut.

3. Rambu Lalu Lintas Yang Berupa Rambu Larangan Dan Perintah

rambu-rambu lalulintas rambu-rambu lalulintas rambu-rambu lalulintas rambu-rambu lalulintas

Rambu larangan ataupun rambu perintah ini fungsinya yaitu untuk menunjukkan sebuah larangan ataupun perintah untuk dilakukan oleh para pengguna jalan. Rambu larangan atau rambu perintah ini biasanya menggunakan warna dasar warna putih dan untuk tulisan ataupun lambangnya menggunakan warna merah ataupun hitam.

Rambu Perintah

rambu perintah lalu lintas

Sedangkan untuk rambu perintah biasanya menggunakan warna dasar biru dan untuk simbol dan tulisannya menggunakan warna putih.

4. Rambu Lalu Lintas Sementara

 

 

Rambu sementara ini merupakan rambu jenis yang masih baru, baru ditetapkan berdasarkan peraturan menteri nomor 13 pada tahun 2014 yang mana fungsinya itu sebagai rambu sementara yang dipakai Biasanya pada zona konstruksi.

5. Rambu Papan Tambahan

 

 

Kapan bahan ini digunakan sebagai untuk membuat sebuah keterangan yang hanya berlaku pada waktu,jarak serta kendaraan tertentu, ataupun hal-hal ya merupakan hasil dari manajemen atau rekayasa lalu lintas.

Warna dasar yang digunakan untuk menjadi sebuah syarat dalam pembuatan papan tambahan ini ialah warna putih dan untuk tulisan ataupun bingkainya menggunakan warna hitam.

Serta tidak diperkenankan juga untuk memasang keterangan yang mana keterangan itu tidak ada sama sekali saya tanya dengan rambu itu sendiri.

Pesan yang disampaikan pada papan tawuran ini sifatnya harus jelas padat, serta singkat agar mudah dipahami dan dimengerti oleh para pengguna jalan.

Demikian ada di berbagai macam rambu-rambu lintas beserta arti dan keterangannya. Semoga bisa membantu sobat semua dalam memahami rambu-rambu yang ada di jalanan, serta dapat menjadikan kita semua menjadi masyarakat yang taat pada aturan pertama di jalan raya. Utamakan keselamatan serta jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan kawan lainnya seperti Helm dan lain sebagainya. Terima kasih.

rambu lalu lintas

Leave a Comment