Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Phobia yang Berlebihan

Pernah tidak mendengar kata phobia? Pastinya sering dong. Sering sekali kebanyakan orang salah mengartikan tentang phobia. Phobia sering dianggap sebagai rasa ngeri terhadap sesuatu hal. Sehingga kebanyakan phobia ini sering dijadikan sebgai bahan bullyan. Ada gak sih cara menghilangkan phobia ini?

Pada dasarnya phobia dengan ngeri agak sama, akan tetapi sebenernya sangat lah berbeda. Ngeri sendiri merupakan perasaan yang timbul secara alamiiah saat anda berudaha melindungi diri. Sedangkan Phobia merupakan sebuah perasaan takut yang begitu menguasi diri, dan pada saat itu tidak ada usaha perlindungan tehadap diri sendiri.

Pengertian Phobia

cara menghilangkan PHOBIA

static.setipe.com

Arti Phobia atau Fobia adalah ketakutan yang berlebih-lebihan pada benda-benda atau situasi-situasi tertentu yang seringkali tidak beralasan dan tidak berdasar pada kenyataan. Orang yang mengalami phobia biasanya kecendruagan mengalami rasa kalut dan lemah. Bahkan juga sering terlihat seperti orang yang kehilangan kendali, mendadak histeris serta menjadi orang yang bingung.

Macam-macam Phobia

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak sekali phobia yang sering dialami manusia bahkan sampai ratusan. Akan tetapi pada dasarnya phobia-phobia tersebut merupakan bagian dari tiga jenis phobia yang ada.

A. Phobia sosial (Social phobia)

Agoraphobia cara menghilangkan PHOBIA

tentremhipnoterapi.com

Phobia sosial merupakan ketakutan terhadap pemaparan situasi sosial. Seperti phobia yang muncul saat bertemu dengan seseorang. Biasanya Orang itu akan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari pertemuan dengan orang lain. Phobia ini meliputi perasaan takut bahwa orang akan menilai fisiknya buruk, takut dibicarakan atau takut bersikap buruk

B. Phobia kompleks (Agoraphobia)

agoraphobia cara menghilangkan PHOBIA

agoraphobiatreatments.files.wordpress.com

Phobia kompleks merupakan ketakuan terhadap tempat atau situasi ramai dan terbuka, misalnya di kendaraan umum atau mall) orang seperti ini bisa saja takut keluar rumah.

C. Phobia sederhana/spesifik (Spesific phobia)

Spesific phobia cara menghilangkan PHOBIA

http://qrc.print.kompas.com

Phobia sederhana merupakan ketakuatan terhadap suatu obyek atau keadaan tertentu. Contoh dari phobia spesifik ini antara lain:

  • Phobia Berada Di Ruang Yang Sempit (Claustrophobia)

Claustrophobia merupakan Phobia yang muncul saat seseorang berada di ruang sempit. Seperti di dalam lift, toilet pesawat, kamar mandi yang ukurannya kecil, atau tempat sempit lainnya. Biasanya Saat ketakutan, mereka cenderung akan gugup, berkeringat, dan kehabisan nafas.

Dianjurkan apabila ada orang yang menderita claustrophobia, maka ia diberikan tempat duduk di dekat jendela atau lebih baik memilih naik eskalator atau memakai tangga.

  • Phobia Akan Hewan Tertentu (Zoophobia)

Zoophobia merupakan phobia akan hewan tertentu di mana saat mendengar, atau melihat saja sudah membuat seseorang sangat ketakutan. Phobia ini juga banyak jenisnya tergantung pada jenis hewan yang ditakuti, seperti: arachnophobia – ketakutan pada laba-laba; ophidiophobia -ketakutan pada burung; apiphobia – ketakutan pada ular; ornithophobia – ketakutan pada lebah dan lain sebagainya.

  • Phobia Akan Halilintar/Petir (Brontophobia)

Brontophobia merupakan phobia terhadap petir baik bunyinya atau tampaknya. brontophobia sendiri diambil dari bahasa Yunani, bronte yang berarti petir. Biasanya orang yang mengalami phobia ini menolak keluar saat sedang hujan dan ada petir. Mereka biasanya bersembunyi di balik pintu sambil menutup kepala dengan tangan atau bantal.

  • Phobia Ketinggian (Acrophobia)

Seseorang yang menderita phobia jenis ini biasanya akan menghindari tempat-tempat tinggi. Mereka akan merasakan ketegangan yang luar biasa jika terpaksa harus berada di tempat tinggi. Tak hanya itu, rasa mual, pusing, keringat dingin, serta ritme jantung yang tidak beraturan juga dialami pengidap Acrophobia.

  • Phobia Kegelapan (Achluophobia)

kebanyakan rasa takut akan gelap sering dialami anak-anak. Akan tetapi, pada nyatanya banyak orang dewasa yang juga takut gelap, terlebih ketika mereka ditinggal sendiri dalam ruangan tertutup dan gelap gulita. Istilah untuk penderita penyakit ini adalah Achluophobia. Biasanya Penderita Achluophobia akan merasakan lemas pada tubuhnya

  • Phobia Rasa Sakit

setidaknyaAda dua jenis phobia yang dialami dan diakibatkan karena ketakutan akan rasa sakit. Yang pertama adalah hemophobia, ketakutan ketika melihat darah. Dan Yang kedua adalah trypanophobia, yaitu ketakutan pada jarum suntik. Biasanya ketika mereka sudah ketakutan, kondisi tubuh mereka akan drop bahkan bisa pingsan saat ketakutan.

  • Phobia Terbang (Aerophobia)

Mereka yang mengalami aerophobia biasanya takut jika harus naik pesawat terbang. Umumnya phobia ini muncul setelah ia mengalami trauma, entah kecelakaan yang dialami diri sendiri atau orang terdekat, atau mengalami turbulensi. Umumnya mereka akan merasa sangat panik dan terbayang-bayang akan ada hal buruk yang terjadi. Mereka juga ingin buru-buru keluar dari pesawat.

  • Phobia Akan Hal-hal yang Msitis

Phobia ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang berhubungan dengan dunia mistis atau paranormal. Diantaranya ialahTriskaidekaphobia, ketakutan yang berhubungan dengan semua hal yang berkitan dengan angka 13. Menurut cerita, angka ini merupakan angka sial.

Sehingga mereka yang mengalami phobia ini akan berusaha menghindari segala sesuatu yang berhubungan dengan angka sial. Kemudian Chiroptophobia, yaitu ketakutan akan kelelawar karena menganggap bahwa hewan tersebut adalah jelmaan vampir. Serta Phasmophobia, yaitu rasa takut yang timbul akan bayangan hantu di dalam benaknya.

  • Phobia Akan Rasa Mual Dan Muntah (Emetophobia)

Biasanya, apabila melihat orang lain mual atau muntah, maka akan timbul rasa ingin muntah juga. Hal ini dipengaruhi oleh pikiran, di mana seringkali yang tertangkap oleh mata langsung diproses ke pikiran dan mempengaruhi respon yang terjadi. Tak heran apabila kemudian timbul perasaan ingin muntah atau mual.

  • Phobia Saat Pergi Ke Dokter Gigi (Odontiatophobia)

Phobia ini biasanya dialami oleh anak-anak yang menganggap bahwa dokter gigi sangat menakutkan. Untuk mengatasi phobia ini, biasanya dokter gigi maupun dokter anak lainnya menyediakan aneka pernik mainan menggemaskan di meja atau ruangan praktek sehingga dapat membuat pasien jadi lebih nyaman.

Sebenarnya selain  phobia diatas, masih ada banyak phobia yang dialami manusia. Akan tetapi phobia diatas merupakan phobia yang paling sering di alami manusia.

Cara Menghilangkan Phobia

Ada banyak hal yang dapat membuat orang menjadi phobia. Akan tetapi pada umumnya phobia itu disebabkan oleh taruma atau karena pernah mengalami ketakutan yang hebat. Bisa juga phobia itu disebabkan oleh pengalaman pribadi yang disertai rasa malu dan bersalah, sehinga semuanya menjadi tekanan pada diri yang terjadi di alam bawah sadar.

Dari semua penyebab diatas yang paling dianggap sebagai salah satu kemungkinan peneyebab terjadinya phobia adalah peristiwa trumatis yang pernah dialami pada masa kecil. Lantas, bagaimana cara menghilangkan phobia? Berikut ini ada beberapa hal-hal umum yang dilakukan terkait bagaimana cara menghilangkan phobia:

1. Hypnotheraphy

Penderita phobia diberikan sugesti-sugesti yang sekiranya dapat untuk menghilangkan phobia.

2. Flooding

Exposure Treatment yang ekstrim. Dapat dilakukan dengan cara Si penderita phobia dimasukkan kedalam sebuah ruangan yang berisi benda-benda atau apapun yang menjadikan dia Phobia.

3. Sistematis

Melakukan exposure bersifat ringan. Seperti meyuruh Si penderita phobia yang takut akan benda atau apapun itu untuk rileks dan membayangkan dia berada di suatu tempat bersama dengan benda-benda yang menjdika dia phobia dalam bentuk lucu dan tidak mengerikan.

4. Abreaksi

Salah satu caranya adalah dengan memperlihatkan gambar atau film yang menjadikan alasan kenapa ia menjadi phobia bagi si Penderita. Kemudian menyuruhnya untuk meyentuh gambar atau film tersebut. Walaupun terkesan agak sulit bagi mereka yang phobianya dikarenakan pengalaman traumatis, tetapi salah satu cari ini dinilai cukup efektif.

5. Reframing

Menyuruh Penderita phobia untuk melakukan flashback, membayangkan kembali menuju masa lampau dimana permulaannya si penderita mengalami phobia, nantinya ditempat itu akan dibentuk suatu manusia baru yang tidak takut lagi pada phobianya.

6. Mengkonsumsi obat

Sebenarnya mengatasi phobia dengan mengkonsumsi obat sangat tidak dianjurkan. Karena dengan cara-cara diatas ditambah dengan terapi yang lain dinilai sudah cukup berhasil. Akan tetapi untuk menghilangkan efek dari phobia itu sendiri seperti cemas dan gelisah yang berlebihan obat-obatan boleh dipergunakan.

Ada 3 jenis obat untuk mengatasi kecemasan yang berlebihan yang sangat direkomendasikan, diantaranya yaitu:

–  Antidepresan

obat ini sering dianjurkan untuk mengurangi rasa cemas, biasanya penggunaannya dizinkan untuk mengatasi fobia yang berhubungan dengan sosial (social phobia).

–  Obat penenang

Obat penenang yang dimaksud obat yang mengandung turunan benzodiazepines. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi kecemasan yang berlebih, akan tetapi untuk menghindari efek ketergantungan, penggunaan obat ini harus minimal mungkin dan penggunaannya sesingkat mungkin yaitu maksimal 4 minggu. Ini

–  Beta-blocker

Obat ini sering digunakan untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kardiovaskular, seperti masalah jantung ataupun tekanan darah tinggi (hipertensi). Karena efektif untuk mengurangi kecemasan yang disertai detak jantung tak beraturan.

Leave a Reply