doa sholat tahajud

Bacaan Doa Sholat Tahajud yang Mudah Untuk Dihafal

Doa Sholat Tahajud – Sholat tahajud memiliki kesitimewaan sendiri, karena hanya orang-orang tertentu saja yang berani mengerjakannya. Bahkan pada sholat ini doa yang kita panjatkan bagaikan tanpa ada penghalang, langsung diijabah sama Allah.

Sholat Tahajud adalah Sholat Sunnah yang dilakukan pada malam hari atau sepertiga malam sesudah terjaga dari tidur. Salat tahajjud termasuk salat sunnat mu’akad (salat yang dikuatkan oleh syara’). Salat tahajud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.


Tata Cara Sholat Tahajud

Sebelum sobat tahu bagaimana bacaan doa sholat tahajud, baiknya sobat semua menyimak sebentar perihal bagaimana tata cara atupun tuntunan sholat tahajud yang baik. Untuk penjelsan tentang sholat tahajud yang super lengkap sobat bisa klik disni

Tuntunan Sholat Tahajud

Terkait rukun, shalat tahajud sama dengan shalat fardhu. Perbedaannya hanya terletak pada waktu dan jumlah rakaatnya saja. Berikut ketentuannya.

Jam Berapa Batas Waktu Sholat Tahajud?

Sholat tahajud dikenal pula dengan sholat malam atau qiyamul lail. Sebutan itu karena sholat tahajud memang dikerjakan pada waktu malam. Batas mengerjakan sholat tahajud nya yaitu setelah sholat ‘isya hingga sebelum waktu sholat shubuh. Akan tetapi, waktu yang paling utama adalah sepertiga malam yang terakhir dan boleh dikerjakan sesudah tidur maupun sebelumnya.

Berapa Jumlah Rakaat Sholat Tahajud?

Adapun jumlah rakaatnya paling sedikit adalah 1 rakaat dan tidak ada batasan rakaatnya. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah saw., “Sholat malam adalah 2 rakaat (salam) 2 rakaat (salam), apabila salah seorang di antara kamu khawatir akan datangnya waktu shubuh maka hendaklah dia sholat 1 rakaat sebagai witir baginya.” (HR. Bukhori dan Muslim).

Sebagian ulama ada juga yang menganjurkan untuk maksimal 11 rakaaat. Hal ini berdasarkan perkataan ‘Aisyah ra., “Tidaklah Rasulullah saw. sholat malam di bulan ramadhan maupun bulan yang lainnya lebih dari 11 rakaat.” (HR. Bukhori dan Muslim). Meski demikian, mayoritas ulama menyatakan tidak ada batasan dalam jumlah rokaatnya.

Berikut adalah perincian shalat tarawih sebanyak 13 rakaat yang juga dapat dijadikan tuntunan sholat tahajud.

Beliau membuka shalatnya dengan shalat 2 rakaat yang ringan.
Kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan yang panjang.
Kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan tiap rakaat yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya hingga rakaat ke-12.
Kemudian shalat witir 1 rakaat.

Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Zaid bin Kholid al-Juhani, beliau berkata: “Sesungguhnya aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat malam, maka beliau memulai dengan shalat 2 rakaat yang ringan, Kemudian beliau shalat 2 rakaat dengan bacaan yang panjang sekali, kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian shalat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian shalat witir 1 rakaat.” (HR. Muslim)


Niat Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud

Ushollii Sunnatat Tahajjudi Rak’ataini Mustaqbilal Qibelati Lillaahi Ta’aalaa.
Artinya : Sengaja Aku niat Sholat Sunnah tahajud 2 rakat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala

Dzikir Setelah Sholat Tahajud


Wirid sesudah sholat tahajud ialah dengan membaca istighfar dan sayyidul istighfar sebanyak-banyaknya, berikut bacaaannya;

wirid sesudah sholat tahajud

Astaghfirullah, Alladzii Laa Ilaaha Illaa HuwalHayyul Qayyumu wa Atuubu Ilaihi

Artinya: “Aku memohon ampun dan bertaubat kepada Allah yang tak ada tuhan (berhak disembah) kecuali hanya Dia, Dzat yang Maha hidup kekal dan berdiri sendiri”

wirid sesudah sholat tahajud

“Ya Allah! Engkaulah Rabbku, Tak ada Tuhan yang berhak disembah selain.Mu, Engkaulah Yang menciptakanku, dan aku adalah hamba.Mu, aku berada di atas ikatan dan janji.Mu selama aku mampu, aku berlindung kepada.Mu dari kejahatan yang aku perbuat, aku mengakui kepada.Mu atas nikmat.Mu kepadaku, dan aku juga mengakui kepada.Mu dosa-dosaku, maka ampunilah aku karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau”


Doa Sholat Tahajud (Tulisan Arab)

doa sholat tahajud
doa sholat tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud (Tulisan Latin)

Allaahumma Lakal Hamdu Anta Qayyimussamaa Waati Wal Ardi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Malikus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Nuurus Samaawaati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Antal Haqqu, Wa Wa’dukal Haqqu, Wa Liqaa’uka Haqqun, Wa Qauluka Haqqun, Wal Jannatu Haqqun, Wannaaru Haqqun, Wannabiyyuuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu ‘Alaihi Wasallama Haqqun Wassaa’atu Haqqun.

Allaahumma Laka Aslamtu, Wa Bika Aamantu, Wa ‘Alaika Tawakkaltu, Wa Ilaika Anabtu, Wa Bika Khaashamtu, Wa Ilaika Haakamtu, Faghfirlii Maa Qaddamtu, Wa Maa Akh-Khartu, Wa Maa Asrartu, Wa Maa A’lantu, Wa Maa Anta A’lamu Bihiminnii. Antal Muqaddimu, Wa Antal Mu’akhkhiru, Laa Ilaaha Illaa Anta, Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah


Arti Doa Sesudah Sholat Tahajud

“Ya Allah! Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji.Mu lah yang benar, pertemuan dengan.Mu adalah benar, perkataan.Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

Ya Allah! Hanya kepada.Mu lah aku berserah diri, hanya kepada.Mu lah aku beriman, hanya kepada.Mu lah aku bertawakkal hanya kepada.Mu lah aku kembali, hanya dehgan.Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada.Mu lah aku berhukum. Oleh Sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan Tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”


Download Doa Sholat Tahajud (Format MP3)

Karena Doa sholat tahajud ini lumayan panjang dan butuh waktu juga dalam menghafalnya, oleh karena itu untuk mempermudah dalam menghafalnya, berikut saya sertakan bacaan doa sholat tahajud dalam format mp3. Sobat semua bisa mendownloadnya di bawah ini:

download doa sholat tahajud


Video Bacaan Doa Sholat Tahajud

Untuk mempermudah lagi sobat dalam membaca dan menghafal doa sholat tahajud, berikut saya sertakan videonya, supaya sobat semua bisa segera mengamalkannya.


Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Tahajud

Sebagian orang banyak yang belum tahu akan keistimewaan Sholat tahajud. Kenyataannya, banyak tersimpan rahasia dahsyat di balik sholat tahajud ini. Berikut ini manfaat sholat tahajud yang perlu kita ketahui;

Diberikan Rezeki yang Melimpah serta Berkah

Salah satu Nikmat yang diberikan oleh Allah SWT yang harus kita jaga dan pelihara ialah nikmat rezeki. Kita mesti menjaganya agar bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sesudah rezeki kita dapatkan, panjatkanlah rasa syukur sebanyak-banyaknya. Salah salah satunya dengan Sholat tahajud, Jika kita mewujudkan rasa syukur itu dengan menjalankan sholat tahajud tentunya Allah SWT akan menambahkan rezekimu berlipat.

Kemudian juga, kita akan dibukakan pintu rezeki yang halal, melimpah serta berkah. Sebesar apapun masalah kita, jika Sholat tahajud kita istiqomah, Tentunya Allah SWT akan melancarkan rezekimu dengan berbagai jalan yang penuh berkah.

Didekatkan Jodohnya

Bagi kita yang belum berumah tangga atau belum bertemu jodohnya. Cobalah dekatkan diri kepada Allah SWT melalui sholat tahajud, Pasti Allah SWT akan dekat kepada kita dan mengabulkan semua permintaan kita.Termasuk perihal jodoh.

Mendapatkan Kententraman Dalam Hidup

Ketentraman hidup adalah harapan semua orang yang hidup di dunia. Perasaan aman, nyaman dan damai tentunya akan mendukung seseorang dalam menjalankan aktivitasnya.

Dengan mendirikan Sholat tahajud secara istiqomah, Insya Allah akan mendapatkan nikmat dalam ketentraman hidup. Jangan pernah ragu pada janji-janji Allah SWT.

Semakin rajin dan istiqomah Sholat tahajud yang dikerjakan, tentunya akan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. Perasaan tenang yang didapatkan itu karena kita yakin Jika Allah SWT senantiasa menjaga dan memperhatikanmu.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa ketika mandi dan olahraga pada saat dini hari, membuat tubuh akan menjadi lebih segar dan bugar. Waktu terbaiknya ialah antara pukul 02.00 sampai dengan 04.00 dini hari.

Tentunya dengan dibarengi istirahat cukup di malam harinya. Jangan sampai begadang hingga dini hari.

Jika kita pada jam-jam tersebut mengerjakan sholat tahajud, nantinya kita akan mendapatkan manfaat kesehatan. Gerakan yang ada pada sholat membantu meregangkan syaraf dan otot-otot yang tegang akibat aktivitas seharian. Terlebih pada gerakan sujud sujud, seluruh aliran darah dari otak akan mengalir lancar ke seluruh tubuh.

Doa Cepat Terkabul

Di waktu sepertiga malam terakhir, pintu-pintu langit dibuka sedemikian lebarnya. Dan saat itulah para malaikat turun ke bumi mengamini doa-doa para hamba-Nya.Termasuk segala sesuatu yang kamu harapkan dan mimpikan bisa segera terwujud.

Segala sesuatu yang dirasa tidak mungkin akan menjadi mungkin. Keajaiban demi keajaiban pasti datang menghampirimu.

Sudah Banyak orang yang telah membuktikannya. Mereka yang rajin mengerjakan sholat tahajud, mendapatkan sesuatau yang lebih bahkan tidak bisa diraih orang lain.

Sobat semua bisa menyimak penjelasan dari ust. Adi Hidayat, Lc, MA, tentang kedahsyatan sholat tahajud, bahkan beliu membeberkan rahasia-rahasia yang ada pada sholat tahajud ini. Berikut videonya:

Itulah tadi penjabaran singkat tentang keutamaan doa sholat tahajud, semoga dengan penjelasan tadi dapat menambah semangat kita untuk mengerjakan sholat tahajud lebih rajin lagi. Jangan lupa shere kepada yang lain. Terimakasih.

Leave a Comment