Contoh Cover Makalah Yang Gak Ribet Tapi Tetap Sesuai Dengan EYD

CONTOH COVER MAKALAH – Seringkali kita sebagai pelajar ataupun mahasiswa banyak mendapatkan tugas, baik itu berupa makalah ataupun yang lainnya. Itu sudah merupakan sebuah yang umum jika kita nasi dalam masa pendidik terlebih lagi pada masa sma ataupun kuliah.

Yang umum biasa diberikan oleh para guru ataupun dosen kepada siswa ataupun mahasiswa tugas membuat makalah lengkap dengan cover pembukuannya. Tidak jarang juga banyak yang masih kebingungan dalam menyusun sebuah makalah yang baik dan benar sesuai dengan eyd Yang ada.

Seorang guru atau dosen tentu dapat menilai sebuah makalah yang baik itu seperti apa termasuk juga dalam menilai cover makalah yang dibuat oleh siswa-siswanya. Biasanya juga cover makalah yang bagus mewakili dari isi dari makalah itu.

Seorang guru atau dosen tidak akan segan atau memberikan nilai yang bagus juga jika makalah tersebut memang dinilai baik dan bagus. Makalah yang bagus di sini ialah makalah yang memiliki struktur yang lengkap, entah itu dari cover makalahnya, kata pengantar isi serta bagian penutupnya.

Dan biasanya juga seorang guru atau dosen langsung Memberikan komentar atau teguran kepada siswanya jika makalah tersebut belum layak.

Tapi sobat semua jangan khawatir, kali ini saya akan bagikan cara bagaimana membuat cover makalah yang baik dan benar. Selain itu juga ada beberapa contoh cover proposal.

Bagi sobat semua yang bingung dalam Bagaimana menentukan cover makalah yang baik dan benar yang Nantinya bakal dijadikan sebagai pelengkap dari pembuatan makalah, sobat sudah berada di jalur yang benar.

Contoh Cover Makalah

Berikut ini adalah bebrapa contoh sampul untuk sebuah cover makalah, yang mungkin bisa jadi refrensi sobat semua dalam membuat makalah.

1. Contoh Cover Makalah Individu

Contoh Cover Makalah Individu
Contoh Sampul Cover Makalah Individu

2. Contoh Cover Makalah Kelompok

Contoh Cover Makalah Kelompok
Sampul Cover Makalah Kelompok

3. Contoh Cover Makalah Penelitian

Contoh Cover Makalah Penelitian
Contoh Cover Makalah Penelitian

4. Contoh Cover Makalah Ilmiah

Contoh Cover Makalah Ilmiah
Contoh Makalah Ilmiah

5. Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris
Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

6. Contoh Cover Makalah Sekolah

Contoh Sampul Makalah
Contoh Cover Makalah Sekolah

7. Contoh Cover Karya Ilmiah Bahasa Inggris

Contoh Cover Karya Ilmiah Bahasa Inggris
Contoh Cover Karya Ilmiah Bahasa Inggris

Ada beberapa yang harus sobat semua perhatikan dalam pembuatan cover ataupun sampul makalah. Tapi yang terpenting dari cover makalah itu ialah terkait dengan letak posisi kata-katanya yang pas, serta pelengkap lainnya seperti garis pembatas yang ada di tepi-tepi

Akan tetapi sobat semua jangan hanya mengedepankan tampilan cover makalah saja, karena yang terpenting ialah dari isi makalah tersebut. 2 hari ini cover dan isi sangat mempengaruhi dari keseluruhan makalah tersebut.

Format Pembuatan Cover Makalah Yang Benar

Untuk membuat makalah yang bagus perlu diperhatikan format makalah dengan terlebih dahulu Menyusun kerangka makalah. Supaya dalam penyusunannya dapat terstruktur dengan baik.

Berikut ini adalah 6 hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan sebuah makalah agar menjadi makalah yang baik dan benar.

1. Judul Makalah

cara membuat cover makalah
cara membuat cover makalah via barfutura.com

Dalam penyusunan atau pembuatan cover makalah yang harus diperhatikan pertama kali ialah judul makalah itu sendiri. Karena judul lah yang nantinya akan menjadi penjelas secara singkat mengenai pembahasan yang akan dituliskan ke dalam makalah tersebut. Buatlah judul dengan bahasa yang baik dan benar serta gampang dipahami oleh semua orang.

Perhatikan juga dalam penulisan huruf pada judul, seringkali dianggap remeh dalam penulisan judul padahal itu semua merupakan hal yang cukup penting dalam pembuatan makalah. Serta juga perhatikan dalam penempatan posisi kalimat untuk pembuatan judul pastikan semuanya terlihat seimbang dan rapi.

2. Tujuan Pembuatan Makalah

cara membuat cover makalah
cara membuat cover makalah via adminsmarter.com

Penempatan penulisan tujuan makalah diletakkan setelah judul lebih tepatnya setelah kalimat judul yang biasa disebut subjudul. Perhatikan juga dalam penggunaan huruf di sub judul, penulisan huruf nya lebih kecil daripada huruf yang ada di judul. Karena itu sebagai pembeda antara judul dan subjudul selain itu juga sebagai penjelas tujuan dari pembuatan makalah tersebut.

Untuk ukuran hurufnya bedakan bedakan menjadi dua ukuran. Misalnya saja ukuran font untuk judul bisa diberikan ukuran 14 sedangkan untuk subjudul bisa diberikan ukuran 12. Yang jelas dalam penulisannya tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil sehingga bisa terlihat perbedaan mana yang judul dan mana yang subjudul.
Contoh: “Makalah ini dibuat sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Semester dan Uji Kompetensi“. Biasanya Ditulis dengan ukuran huruf: 12.

3. Logo Atau Gambar Cover Makalah

format pembuatan cover makalah
format pembuatan cover makalah via arraziibrahim.com

Penempatan logo biasanya diletakkan di tengah-tengah cover makalah, dan ukurannya pun sama baik itu panjang ataupun lebarnya tujuannya agar terlihat rapi dan berimbang.

Logo yang baik iyalah logo yang tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil. Logo yang dipasang gambarnya tidak blur dan harus jelas agar agar terlihat bagus dan menambah ketertarikan.

Untuk sebuah cover makalah biasanya seseorang itu melihat dari warnanya bentuk serta penjelasannya. Oleh sebab itu gunakan dan pasanglah logo yang memiliki warna yang menarik, jika menggunakan logo sekolah ataupun logo Universitas cari lagu logonya yang memiliki warna jelas dan jangan cari logo yang blur ataupun samar-samar.

4. Daftar Nama-Nama Penyusun Makalah

format pembuatan cover makalah
Daftar Nama-Nama Penyusun Makalah via myiq.in

Informasi yang terdapat pada sebuah makalah sudah seharusnya sesuai dengan proses penyusunnya dalam sebuah pembuatan makalah tersebut. Jika dalam pembuatannya itu dilakukan bersama dengan kelompok maka nantinya perlu dicantumkan nama-nama penyusun telepon penulis makalah tersebut.

Penempatan atau peletakan nama-nama sebut tepat di bawah logo cover makalah, baik itu untuk perseorangan ataupun makalah yang dibuat secara kelompok semuanya diletakkan di bawah logo makalah.

Nama-nama penyu kalau ini berfungsi sebagai penjelasan Siapa saja yang menjadi penyusun atau penulis makalah tersebut, selain itu juga pencantuman nama-nama makalah ini dapat dijadikan bukti bahwa makalah yang dibuat tersebut bukanlah hasil plagiarisme.

5. Cantumkan Nama Instansi Ataupun Sejenisnya

format pembuatan cover makalah
format pembuatan cover makalah via febi.uin-suka.ac.id

Hal yang wajib pada cover makalah. Selnya saja untuk anak SMA, maka yang ditulis iallah nama SMA tersebut serta jurusan seperti jurusan IPA ataupun IPS. Dan untuk mahasiswa biasanya gunakan nama universitas serta fakultas dan jurusan yang ditekuni.

Penempatan nama instansi ini itu setelah atau di bawah nama-nama membuat makalah. Untuk penulisannya yaitu dengan menggunakan huruf kapital semua.

6.Tahun Pembuatan Makalah

Contoh pembuatan cover makalah
format pembuatan cover makalah via capriciousreader.com

Untuk format pembuatan sampul makalah yang terakhir yaitu dengan mencantumkan tahun pembuatan makalah. Pencantuman ini berfungsi sebagai penjelas kapan makalah ini dibuat apakah tahun lalu ataukah tahun sekarang. Selain itu berguna juga jika nantinya karena sudah memiliki banyak dan bermacam-macam makalah, sehingga bisa dikelompokkan berdasarkan tahun pembuatan dan ini memudahkan untuk mencarinya kembali dengan melihat tahun pembuatan.

Demikianlah tadi beberapa contoh cover makalah serta format pembuatan cover makalah yang baik dan bernar, semoga dapat membantu sobat semua dalam menyusun sebuah makalah. Terimkasih.

Contoh Cover Makalah

Leave a Comment