Pingin Travelling dan Gak Keluar Banyak Uang ? Jadilah Hitchhiker

HITCHHIKER – Mungkin istilah-istilah seperti travelling, Backpacking, flashpacking, tour dan open trip sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tidak dipungkiri di era sekarang ini jalan-jalan banyak digandrungi semua orang. Tapi, tahukah kalian ada satu istilah lah yang ngetrend dikalangan para orang yang suka jalan-jalan yaitu Hichhiking dan mereka biasanya menyebut dirinya sebagai hitchhiker.

Sebernarnya Hichhiking sudah lama ada terutama di luar negeri sana seperti di daerah Amerika dan Eropa. Tahu gak apa itu hitchhiking? Simpelnya Hitchhiking itu dapat diartikan dengan menumpang. Hitchhiking adalah sebuah cara untuk mendapatkan transportasi dengan cara meminta tolong kepada orang lain yang memiliki mobil atau kendaraan lainnya untuk dapat membawa kita ke tempat tujuan tertentu. Bagi para traveller, Hitchhiking berguna untuk menghemat budget perjalanan karena biasanya orang yang ditumpangi tidak mengenakan biaya.

Tapi tidak semuanya hitchhiking selalu gratis, Mungkin ada beberapa orang yang hanya mau membawa hitchhiker dengan bertukar jasa. Biasanya Hitchhiker diperbolehkan menumpang dengan syarat mengganti sedikit uang bensin, atau juga hitchhiker bisa memberikan makanan yang dibawanya. Dan masih banyak lagi macam-macam tukar jasa bisa dilakukan sebelum hitchhiker menumpang kendaraan orang lain.

Di Indonesia sendiri Hitchhiker belum begitu populer digunakan para traveler untuk mencapai sebuah tujuan tempatnya. Moyoritas traveler kita menggunakan transportasi umum dengan harga yang murah untuk menghemat biaya perjalanan. Sebenarnya Hitchhiking di Indonesia masih tergolong mudah dilakukan, karena Masyarakat Indonesia sendiri memiliki sifat yang toleran dan suka menolong.

Lain lagi jika di luar negeri, di luar negeri hitchhiking bisa terkendala dengan bahasa setempat dan adat istiadat. Jika melakukan hitchhiking di luar negeri, Hitchhiker harus memahami bahasa dan adat istiadat setempat agar tidak terjadi misskomunikasi.

Inilah Beberapa Tips Hitchhiking yang Bisa Dilakukan Para Hitchhiker

1. Tentukan dan Kenali Tempat Tujuan

hitchhiking

pixabay.com

Hal terpenting yang perlu diperhatikan Sebelum melakukan perjalanan ialah tentukan destinasi atau tempat tujuan kita. kemudian kenali bahasa dan budaya tempat tujuan tersebut. Hitchhiker dapat mencari-cari informasi tentang tempat tujuan kita tersebut dengan cara browsing di internet atau bertanya dengan traveler lain yang pernah mengunjungi destinasi tersebut.

2. Buat Rencana Perjalanan

hitchhiking

skynews.com.au

Setelah menentukan tempat tujuan, hitchhiker harus membuat rencana perjalanan berupa jalur check point untuk mencapai tempat tujuan yang diinginkan. Jika hitchhiker ingin berpindah dari tempat A kemudian ingin menuju ke tempat D maka hitchhiker harus melewati check point A-B-C-D. Orang yang memberikan tumpangan tidak akan selalu mengantarkan hitchhiker sampai ke tempat tujuan (D), maka cara bisa dilakukan hitchhiker adalah dengan cara menumpang bersambung dari A menuju check point B lalu ke C dan berakhir ke destinasi tujuan.

3. Perhatikan Cara Meminta Tumpangan

hitchhiking

aos.iacpublishinglabs.com

Ada banyak cara untuk menghentikan kendaraan yang akan kita tumpangi. Kita ambil contoh, Di Amerika dan beberapa negara di Eropa, hitchhiker menggunakan jempol ( seperti menunjukan isyarat oke) untuk mendapat tumpangan. Akan tetapi di beberapa wilayah lain di negara-negara luar ada juga yang menggunakan jari telunjuk untuk menghentikan kendaraan agar mendapat tumpangan.

Di Indonesia sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan kedua cara tersebut, akan tetapi supaya lebih efisien hitchhiker dapat melambaikan tangannya. Karena beberapa orang daerah-daerah di pelosok Indonesia tidak mengerti isyarat yang diberikan seorang hitchhiker dengan menggunakan jempol atau telunjuk. Ada juga, Selain menggunakan isyarat dari tangan, hitchhiker bisa menggunakan kertas dengan menuliskan tempat tujuan destinasi.

4. Perhatikan Sikap Tubuh

hitchhiking

cdn.heroicstories.org

Perhatikan juga sikap tubuh. Seorang Hitchhiker yang akan menghentikan kendaraan haruslah menunjukkan bahwa hitchhiker ini sedang meminta tumpangan. Karena apa? karena ada di beberapa wilayah di Asia atau bahkan di Indonesia sendiri, orang yang kita mintai tumpangan teresebut tidak paham saat kita memberikan isyarat untuk meminta tumpangan.

Bahkan tidak jarang beberapa orang menganggap bahwa isyarat yang dilakukan hitchhiker itu sebagai isyarat untuk menyapa mereka. Maka cara yang perlu untuk membuat orang yang ingin kita mintai tumpangan agar berhenti adalah, setelah terjadi kontak mata antara hitchhiker dengan orang tersebut, hitchhiker harus mengikuti gerakan kendaraan itu dengan gerakan seolah mengejar mereka untuk berhenti.

Dengan mempraktekan hal tersebut kemungkinan untuk berhasil sangat besar, karena orang yang ingin kita tumpangi itu mengerti jika kita membutuhkan tumpangan dari mereka.

5. Perhatikan Keamanan dan Keselamatan

hitchhiking

thetravelclub.org

Seorang hitchhiker haruslah selalu memperhatikan Keamanan dan keselamatan. Sebelum memberhintikan kendaraan dan menumpang di kendaraan tersebut, selalu pastikan tujuan kendaraan yang kita tumpangi tersebut searah dengan tempat tujuan kita.

Kemudian juga sopan santun penting bagi hitchhiker, karena sebagai orang yang menumpang kita tidak pernah tahu karakter orang yang kita tumpangi. Dan yang terpenting Pastikan barang-barang sekiranya berharga tetap di jangkauan kita, karena kita tidak sepenuhnya bisa percaya dengan orang yang kita tumpangi apalgi orang tersebut orang yang baru dikenal.

6. Jadilah Teman yang Tenyenangkan

hitchhiking

cartalk.com

Ketika menumpang buatlah suasana mengasyikan di dalam kendaran. Jadilah teman ngobrol yang menyenangkan bagi mereka yang sudah memberikan tumpangan kepada kita. ketika mereka sudah merasa nyaman dengan kita, tidak jarang mereka akan mengajak serta mentraktir kita makan di sebuah restoran.

Jangan lupa Bertukar kontak dengan mereka, agar suatu saat apabila kita melewati daerah mereka kita dapat bersilaturahmi lagi dengan mereka. Selain itu dengan bertukar kontak akan menjadikan mereka merasa dihargai.

7. Tentukan Transportasi Apa yang Akan di Tumpangi

Hitchhiker

prettylittlegypsy.com

Untuk menentukan kecepatan serta keefisiensian kita dalam mencapai tempat tujuan yang kita inginkan yang harus diperhatikan adalah memimilih kendaraan yang akan ditumpangi. Ada beberapa alternatif yang dapat kita jadikan tumpangan antara lain mobil pribadi, motor, truk, atau mobil barang, yang masing-masing dari kendaraan itu mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Mobil pribadi tentunya sangat nyaman untuk kita tumpangi jika mobil tersebut tidak terlalu banyak orang di dalamnya. Kemudian untuk jarak dekat, motor dapat menjadi alternatif tumpangan. Tetapi tidak disarankan untuk menumpang dengan menggunakan motor untuk berpindah tempat dengan jarak yang cukup jauh. Selain lambat, menaiki kendaraan motor cukup menguras energi dan membuat kita cepat lelah.

Untuk Truk dan mobil barang akan terasa nyaman untuk ditumpangi jika kendaraan ini kosong. Karena sealian nyaman kita bisa mendapatkan ruangan yang luas untuk beristirahat sejenak hingga sampai tempat tujuan. Dan juga Truk dan mobil barang ini menjadi kendaraan cepat untuk berpindah tempat, karena biasanya mobil-mobil ini harus segera sampai ke tempat asal mereka untuk kemudian pergi lagi membawa barang angkutan yang lain.

8. Pelajari Bahasa Setempat

hitchhiking

fee.org

Biasanya yang menjadi masalah bagi para Hitchhiker adalah bahasa. Tak jarang ketika Hitchhiker mengunjungi suatu tempat yang di mana warga setempat tidak mengerti bahasa yang kita gunakan. Di beberapa negara, banyak orang yang tidak bisa berbahasa inggris, bahkan di beberapa tempat di pelosok Indonesia kita sendiri tidak bisa berbahasa Indonesia.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Hitchhiker dapat belajar bahasa setempat sebelum melakukan perjalanan dengan cara bertanya kepada traveler yang pernah berkunjung ke tempat tersebut atau dapat menggunakan terjemahan online di internet. Catatlah beberapa percakapan yang lazim digunkan sehari-hari, misalnya ucapan terima kasih, sampai jumpa, selamat pagi, siang, sore dan lain sebagainya yang dirasa perlu.

Karena dengan kita menggunakan kata-kata tersebut membuat mereka dihargai. Yang jelas kita tidak akan bisa menghafal semua bahasa asing setempat dalam waktu yang singkat. Akan tetapi jika sudah kesulitan dalam berkomunikasi, kita bisa menjelaskan maksud kita dengan menggunkan isyarat ataupun menggunakan gambar untuk menjelaskan apa yang kita inginkan.

9. Pelajari Kebudayaan Setempat

hitchhiking

4.bp.blogspot.com

Dengan menumpang kita bisa berbagi dan bertukar cerita dengan orang yang kita tumpangi. Mencari informasi dari mereka tentang tempat tujuan yang kita lewati dapat menambah wawasan pengetahuan traveler. Selain itu dapat menjadikan traveler lebih peka dan bisa menerima perbedaan kebudayaan di setiap wilayah di penjuru dunia.

10. Berdoa

hitchhiking

pixabay.com

Inilah hal yang terpenting dalam Hitchhiking adalah doa. Doa sangat diperlukan Agar terhindar dari segala kemungkinan yang tidak diinginkan serta diberi kemudahan saat melakakukan perjalanan dan selamat sampai tujuan.

Itulah beberapa tips untuk ber Hitchhiking ria. Biasanya Cara melakukan Hitchhiking tiap orang berbeda namun yang jelas intinya adalah bagaimana caranya seroang traveler bisa mendapatkan tumpangan untuk menghemat budget. kemudian juga, Hitchhiking sangat bermanfaat untuk menambah pengalaman kita dalam berinteraksi dengan orang lain yang berlatar belakang bahasa dan kebudayaan yang berbeda.

Leave a Reply