Jenis – Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa

jenis pekerjaan yang menghasilkan barang – Dalam kehidupan sehari-hari manusia dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan salah satu yang hal yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah dengan bekerja. Dalam bekerja juga manusia harus memiliki modal utama diantaranya adalah kemauan, pendidikan, dan keterampilan.

Suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk suatu tugas atau kerja untuk menghasilkan uang itulah yang disebut pekerjaan. Pekerjaan sendiri sering juga disebut sebagai Profesi. Jenis-jenis pekerjaan yang ada di kehidupan sehari-hari kita ada bermacam-macam.

Dan berdasarkan jenis produk yang dihasilkan pekerjaan dibagi menajdi dua macam. Yang pertama jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan yang kedua jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa.

A. Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan atau profesi yang dalam kegiatannya membuat atau mengolah sesuatu yang mana hasilnya tampak berupa barang dan dapat dijadikan uang

1. Petani

jenis pekerjaan yang menghasilkan barang petani

beritadaerah.co.id

Petani merupakan pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan pun juga bermacam bisa padi, buah-buahan, ataupun yang lainya. Tatapi pada umumunya barang yang dihasilkan petan diidentikan dengan padi.

Petani sendiri adalah seseorang yang bekerja dibidang pertanian, biasanya mereka melakukannya dengan cara mengelola tanah dengan tujuan untuk menumbukan atau memlihara dengan harapan untuk memperoleh hasil dari apa yang mereka tanam untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain.

2. Nelayan

jenis pekerjaan yang menghasilkan barang nelayan

sinarharapan.net

Nelayan juga merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan nelayan umumnya berupa ikan tetapi ada juga yang lainnya. Nelayan sendiri memiliki arti seseorang yang bekerja menangkap ikan ataupun biota lainya yang ada diwilayah perairan, baik itu di dasar, ataupun di permuakaan air.

Perairan yang menjadi daerah aktivitas nelayan ini dapat berupa perairan air tawar, air payau, maupun air laut. Banyak cara dan bermacam alat yang digunakan nelayan untuk menagkap ikan. Baik itu secara tradisional maupun menggnakan alat yang modern.

3. Peternak

Peternak jenis pekerjaan yang menghasilkan barang

beritadaerah.co.id

Peternak merupakan kegiatan mengembangbiakkan ataupun membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Berdasarkan ukuran hewan, peternakan dibagi menjadi 2 macam. Pertama peternakan hewan besar, seperti sapi, kuda, kerbau dan lain sebagainya. kedua, peternakan hewan kecil seperti ayam, ikan, kelinci dan lain sebagainya.

Peternak juga merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan dari beternak ini macam-macam bisa berupa daging, susu, telur dan masih banyak lagi.

4. Pelukis

Pelukis jenis pekerjaan yang menghasilkan barang

4.bp.blogspot.com

Pelukis adalah orang yang menciptakan karya seni dua dimensi berupa lukisan. Pelukis juga merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan berupa lukisan. Pada zaman sekarang kreatifitas-kreatifitas seni lukis sangat tinggi. Jika dahulu pelukis hanya menggunkan alat tulis sebagai alat untuk melukis. Akan tetapi sekarang banyak sekali media yang dijadikan alat untuk melukis.

5. Koki/Juru Masak

chef jenis pekerjaan yang menghasilkan barang

optima-education.com

Koki atau juru masak merupakan orang yang memasak serta menyiapkan makan untuk disajikan kepada sesorang. Koki juga sering dikenal dengan istilah cheff. Koki biasanya bekerja pada retoran-restoran ataupun di hotel yang tugasnya sebagai juru masak. Koki ini merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan berupa makanan yang siap saji.

6. Percetakan

percetakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang

beritadaerah.co.id

Percetakan adalah pekerjaan yang memproduksi secara masal tulisan atau gambar, biasanya menggunkan media tinta dan sebuah mesin cetak. Percetakan sendiri merupakan salah satu jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan dari percetakan ini pada umumnya buku, koran, majah-majalah dan lain sebagainya.

7. Profesi Penjahit

jenis pekerjaan yang menghasilkan barang penjahit

permanentstyle.com

Penjahit adalah orang yang pekerjaannya menjahitkan pakaian jadi untuk dapat digunakan seseorang. Untuk melakukan pekerjaanya, penjahit biasanya menggunakan mesin jahit baik itu secara manual ataupun dengan menggunakan tenaga listrik.

Penjahit juga dikatakan sebgai jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan seorang penjahit adalah pakaian. Baik itu berupa kemeja, baju, jas, rok, jaket dan lain sebagainya. dan tidak terbatas untuk kalangan perempuan saja ataupun laki-laki saja.

8. Tukang Kayu atau Mebel

tukang kayu jenis pekerjaan yang menghasilkan barang

pusatmebel.files.wordpress.com

Tukang kayu merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan kayu. Biasanya para tukang kayu ini pekerjaan seperti membuat lemari, membuat kursi dan meja,membuat kusen, ataupun membuat benda-benda lain yang berbahan kayu.
Tukang kayu juga merupakan pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan pun bermacam-macam, contohnya Lemari kayu, Kursi dan meja kayu, kusen, ataupun atap rumah yang terbuat dari kayu.

9. Pengrajin Bambu

Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang pengrajin bambu

mmc.tirto.id

Pengrajin bambu adalah orang yang pekerjaannya membuat kerjianan yang berbahan dasar bambu untuk dijadikan sesuatu yang bernilai dan berharga. Pengrajin bambu masuk kedalam jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Karena pengrajin bambu ini menghasilkan barang seperti perabot rumah tangga, meja dan kursi serta barang-barang hiasan yang terbuat dari bambu lainnya. Biasanya para pengrajin memanfaatkan bambu yang ada di sekitar mereka.

10. Penjaja Makanan

penjual bakso

Penjaja makanan adalah orang yang menjual dagangannya berupa makanan. Contoh dari penjaja makanan ini adalah tukang gorengan, tukang bakso, tukang siomay ataupun ibu-ibu yang berjualan di warteg.

Penjaja Makanan merupakan pekerjaan yang menghasilkan makanan. Karena sudah jelas barang yang dihasilkan adalah beragam jenis makanan yang siap konsumsi oleh para pembelinya. Mereka akan mendapatkan uang jika makanan yang mereka buat dapat laku terjual.

B. Jenis Pekerjaan yang menghasilkan Jasa

1. Guru

guru jenis pekerjaan yang menghasilkan barang

i.huffpost.com

Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Tugas seorang guru ialah mendidik, mengajar, membimbing,mengarahkan, melatih, menilai, serta mengevaluasi peserta didiknya.

Guru merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jasa yang dihasilkan berupa ilmu yang diberikan kepada murid-muridnya melalui proses belajar mengajar. Sehingga ilmu yang disampaikan oleh seorang guru dapat berguna baik peserta didiknya dikemudian hari.

2. Dokter

dokter jenis pekerjaan yang menghasilkan barang

twitterdoctors.net

Dokter adalah seorang yang karena ilmunya berusaha membantu pasien untuk menyembuhkan penyakitnya. Akan tetapi tidak semua orang yang dapat menyembukan orang disebut dokter. Dokter pada umumnya bekerja di rumah sakit ataupun membuka praktek sendiri di rumahnya.

Untuk menjadi Dokter sseorang harus menempuh pendidikan dan pelatihan khusus serta mempunyai gelar dalam bidang kedokteran. Dokter merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jasa yang diberikan dokter ialah membantu menyembukan seseorang dari segala penyakit.

3. Tentara

tentara Jenis Pekerjaan yang menghasilkan Jasa

korea.iyaa.com

Tentara merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Banyak Jasa yang diberikan oleh tentara adalah mengamankan negara dari serangan yang dapat mengancam keamanan negara, membantu korban bencana alam dan lain sebagainya.

Di Indonesia Sendiri Tentara disebut TNI (Tentara Nasional Indonesia). TNI dibagi menjadi tiga antara lain TNI AD (Angkatan Darat), TNI AL (Angkatan Laut), dan TNI AU (Angkatan Udara). Yang kesemuannya memiliki tugas untuk menjaga keutuhan NKRI.

4. Polisi

polisi Jenis Pekerjaan yang menghasilkan Jasa

4.bp.blogspot.com

Polisi merupakan salah satu penegak hukum yang bertugas menjaga ketertiban umum dan keamanan. Polisi termasuk jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jasa yang diberikan polisi ialah memlihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

5. Tukang Cukur Rambut

tukang cukur rambut Jenis Pekerjaan yang menghasilkan Jasa

static1.squarespace.com

Tukang cukur rambut adalah pekerjaan yang membutuhkan keahlian. Pencukur rambut menjadikan rambut yang awal tidak rapi menjadi rapi. Tukang cukur rambut ini juga merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jasa yang diberikan berupa pelayanan dalam mencukur rambut.

6. Montir

montir jenis pekerjaan yang menghasilkan barang

digitaldealer.com

Montir merupakan seorang yang mempunyai keahlian dalam meperbaiki dan mengutak-atik mesin. Montir biasanya disebut juga sebagai tukang bengkel. Tugas dari montir ini adalah memperbaiki atau melakukan perawatan pada mesin yang mengalami kerusakan.

Montir disebut pekerjaan yang memberikan jasa. Jasa yang diberikan adalah pelayanan dalam memperbaiki sesuatu yang berhubungan dengan mesin, baik itu mobil, motor dan lain sebgainya

7. Sopir

sopir Jenis Pekerjaan yang menghasilkan Jasa

scania.com

Sopir adalah seseorang yang mempunyai keahlian serta pengetahuan dalam menjalankan kendaraan roda empat ataupun lebih. Sopir memberikan jasanya melalui keahliannya dalam menjalankan kendaraan. Keahlian seorang sopir dapat diperoleh dengan cara belajar mengemudi di tempat kursus ataupun bisa secara otodidak. Tugas sopir sendiri ialah mengantarkan penumpang ke tempat yang dituju dengan menggunakan kendaraan roda empat atau lebih.

8. Pramugari

pramugari Jenis Pekerjaan yang menghasilkan Jasa

4.bp.blogspot.com

Pramugari adalah kru pesawat yang bertugas melayani penumpang selama dalam perjalanan sehingga para menumpang dapat merasa nyaman.

Pramugari ini merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jasa yang diberikan Pramugari ini antara lain memberikan pelayanan berupa menyediakan makanan dan minuman di pesawat, memberi bantuan dalam pemasangan sabuk pengaman, memberikan penjelasan mengenai prosedur kemanan dalam pesawat dan lain sebagainya.

9. Pengacara

pengacara Jenis Pekerjaan yang menghasilkan Jasa

cdn.daysoftheyear.com

Pengacara adala profesi yang membutuhkan pengetahuan dan keahlian dalam masalah hukum. Seorang Pengacara memperoleh keahlian dan pengetahuan hukum melalui pendidikan Hukum yang dapat diperoleh di di perguruan-perguruan tinggi.

Pengacara disebut pekerjaan yang menghasilkan jasa karena, pengacara melalui keahlian dan pengetahuannya di bidang hukum membantu klien saat bermasalah dengan hukum.

10. Artis

artis jenis pekerjaan yang menghasilkan barang

cdn.playbuzz.com

Artis merupakan orang yang berkecimpung di dunia seni, baik itu seni bernyanyi, pelukis, atupun akting. dan semua pekerjaan yang berhubungan dengan seni bisa disebut sebagai artis. Akan tetapi pengertian artis untuk saat ini mengalami pergesaran makna.

Artis sekarang diartikan sebgai orang yang sering tampil dilayar kaya, koran, mjalah atupun layar lebar perfilman. Terlepas dari semua itu artis merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa karna artis memberikan penampilan ataupun hiburan-hiburan kepada orang yang melihatnya.

Demikian lah penjelasan tentang jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Semoga dapat memberikan wawasanbagi yang membaca. Silahkan Shere jika artikel ini dinilai bermanfaat. terimakasih

One Response

Leave a Reply