Nama-nama Suku di Sumatra yang Merupakan Bagian dari Suku Bangsa di Indonesia

Indonesia terdiri dari berbagai suku-suku bangsa. Termasuk di pulau Sumatra, ada banyak sekali suku – suku di Sumatra. Mulai dari ujung utara pualu Sumatra hingga ujung selatan pulau Sumatra. Berikut ini nama-nama suku yang mendiami pulau Sumatra, sebagian besar masih ada sampai sekarang dan sebagian lagi sudah tidak ada lagi.

A. Suku-suku Sumatra yang ada di Wilayah Aceh

suku di sumatera

arifrahmanumam.student.umm.ac.id

1.Suku Kluet

Suku Kluet atau yang sering disebut Keluwat merupakan suku yang sebagian besar tinggal di beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan. Suku ini masih satu rumpun dengan Rumpun batak.

2. Suku Tamiang

Suku Tamiang merupakan suku yang penduduknya asli Kabupaten Aceh Tamiang. Suku ini juga yang masih satu suku dengan bangsa melayu. Tidak heran jika bahasa yang mereka pakai sama seperti bahasa melayu yang lain.

3. Suku Devayan

Suku Devayan adalah suku yang tinggal di sebuah pulau yang bernama Pulau Simeulue tepatnya di Kecamatan Teupah Barat, Simeulue Timur, Simeulue Tengah, Teluk dalam dan Teupaj Selatan.

4. Suku Haloban

Suku Haloban merupakan suku yang tinggal di Kabupaten Aceh Singkil tepatnya di Kecamatan Pulau Banyak Barat. Suku ini mendiami Desa Haloban dan desa Asantola. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Haloban.

5. Suku Aceh

Suku Aceh merupakan suku asli penduduk aceh yang kebanyak tinggal di wilayah pesisir dan sebagaian pedalaman Provinsi Aceh. Mayoritas suku ini beragama islam dan bahasa yang digununakan adalah bahasa Aceh.

6. Suku Pakpak

Suku Pakpak merupakan suku yang berasal dari keturunan tentara kerajaan Chola di India yang Mayoritas beragama kristen. Dan sekarang tersebar di beberapa daerah di Sumatra utara dan Aceh, tepatanya di KabupatenDairi, kabupaten Pak-pak Barat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, kabupaten aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

7. Suku Singkil

Suku Singkil merupakan suku yang tinggal di Kabupaten aceh Singkil, Aceh Tenggara dan Kota Subulussalam. Bahasa yang digunakan adalah bahasa singkil, bahasa yang pelafalan hampir sama dengan Suku Pakpak. Yang membedakan dengan suku Pakpak adalah Agama. Di suku Singkil mayoritas masyarakatnya beragama islam.

8. Suku Gayo

Suku Gayo merupakan suku yang mendiami wilayah dataran tinggi di provinsi Aceh bagian tengah. Tepatnya di Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Lues, Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tamiang serta Aceh Timur. Bahasa yang digunakan adalah bahasa gayo.

9. Suku Sigulai

Suku Sigulai merupakan suku yang tinggal di Pulau Simeulue bagian utara. Tepatnya di Simeulue Barat Salang dan Alafan.

10. Suku Alas

Suku Alas merupakan suku yang berada di Kabupaten Aceh Tenggara. Dinamakan Alas karena suku ini tinggal di daerah yang membentang datar di sela-sela bukit Barisan seperti Alas (tikar). Bahasa yang di gunakan adalah bahsa Alas, bahasa yang masih satu rumpun dengan bahasa suku Kluet.

11. Suku Lekon

Suku Lekon merupakan suku yang banyak tinggal di Kecamatan Alafan, Simeulue, Provinsi Aceh. Tepatnya di Desa Lafakha dan desa Langi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Lekon.

12. Suku Aneuk Jamee

Suku Aneuk Jamee merupakan suku yang berada di pesisir barat Aceh, tepatnya Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan Simeulue. Suku ini masih satu rumpun dengan Suku Minangkabau yang berkulturasi dengan Suku Aceh.

Dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Jamee, bahasa yang hampir sama dengan bahasa Minangkabau akan tetapi dengan dialek Aceh.

B. Suku – suku Sumatra yang ada di Wilayah Sumatra Utara

suku di sumatera

bungajambu-bungajambu.blogspot.com

1. Suku Melayu

Suku Melayu merupakan suku yang menghuni Semenanjung Malaya. Melayu sendiri berasal dari Kerajaan Melayu yang pernah ada di Sumtara. Suku Melayu tersebar di wilayah-wilayah Sumatra, kalimantan, Thailand bahkan sampai ke India.

2. Suku Batak Karo

Suku Batak Karo merupakan suku terbesar di Sumatra Utara dan sebagian juga ada yang tinggal di Aceh. Suku ini Tepatnya ada di kabupaten Karo, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Dairi, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Simalungun. Bahasa yng digunakan adalah bahasa Karo.

3. Suku Nias

Suku Nias adalah suku bangsa yang hidup di Pulau Nias, Sumatra Utara. Suku ini menerut penelitian merupaka salah satu suku tertua. Suku Nias menamakan diri mereka dengan sebutan “Ono Niha” yang memiliki makna Anak Manusia.

4. Suku Batak Angkola

Suku Batak Angkola merupakan suku yang berada di Tapanuli Selatan, Sumatra Utara yang masih dalam wilayah batak. Angkola diambil dari nama sungai yang diberikan oleh penguasa saat itu yaitu Rajendra Kola.

5. Suku Batak Simalungun

Suku Batak Simalungun merupakan suku yang masih satu rumpun dengan suku batak, suku ini tepatnya berada di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Ada yang mengatakan suku ini berasal dari daerah di India. Akan tetapi belum ada bukti yang menguatkan jika leluhur mereka berasal dari India.

6. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau atau yang lebih dikenal dengan Minang merupakan suku yang berada di daratan Sumatra Barat, Sebagaian daratan Riau, Bagaian Utara Bengkulu, Barat Daya Aceh, Bagian Barat Jambi, Pantai Utara Sumatra Utara, hingga di Negeri Sembilan Malaysia.

Suku Minang ini adalah suku yang menanut sistem Matrilineal. Dan juga suku ini satu rumpun dengan suku melayu.

7. Suku Batak Pakpak

Suku Batak Pakpak masih satu bagian dengan suku Batak yang berasal dari keturunan tentara kerajaan Chola di India yang Mayoritas beragama kristen.

Dan sekarang tersebar di beberapa daerah di Sumatra utara dan Aceh, tepatanya di KabupatenDairi, kabupaten Pak-pak Barat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, kabupaten aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

8. Suku Batak Toba

Suku Batak Toba masih satu bagian dari suku Batak, dan tersebar di beberapa wilayah antara lain Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara dan sebagian juga ada di Kabupaten Dairi,Kabupaten TapanuliTengah, Kabupaten Sibolga dan sekitarnya.

9. Suku Batak Mandailing

Suku ini banyak ditemui di Bagian Utara Pulau Sumatra, Indonesia. Suku ini tersebar di wilayah Kabupaten mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara.

C. Suku – suku Sumatra yang Berada di Sumatra Barat, Riau dan Daerah Jambi

suku di sumatera

thumbs.dreamstime.com

1. Suku Mentawai

Suku Mentawai merupakan suku yang terdapat di Kepualauan Mentawai. Yang menjadikan beda dari yang lain adalah penggunaan tato disekujur tubuh yang memiliki fungsi terkait dengan status sosial. Dan suku ini juga dikenal sebagai suku peramu yang baik.

2. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau atau yang lebih dikenal dengan Minang merupakan suku yang berada di daratan Sumatra Barat, Sebagaian daratan Riau, Bagaian Utara Bengkulu, Barat Daya Aceh, Bagian Barat Jambi, Pantai Utara Sumatra Utara, hingga di Negeri Sembilan Malaysia. Suku Minang ini adalah suku yang menanut sistem Matrilineal. Dan juga suku ini satu rumpun dengan suku melayu.

3. Suku Kubu

Suku kubu atau yang sering dikenal juga dengan sebutan Suku anak dalam atau Orang Rimba merupakan suku minoritas yang hidup di Pulau Sumatra, Tepatnya di Provinsi Jambi dan ada juga sebgaian yang bertempat di Sumatra Selatan. Suku Kubu ini masih ada hubungannya dengan suku Minangkabau ini terbukti dengan sistem yang mereka anut yaitu sistem matrilineal.

4. Suku Sakai

Suku Sakai merupakan salah satu suku yang hidupnya masih secara tradisional dan nomaden. Beberapa sumber mengatakan bahwa suku ini merupakan percampuran antara orang wedoid dan orang minangkabau yang bermigrasi sekitar abad ke-14.

5. Suku Bonai

Suku Bonai merupakan suku yang tinggal di pedalaman provinsi Riau, tepatnya di pesisir sungai Roak kiri di Kabupaten Rokan Hulu, dan sebagian juga terdapat di sekitar sungai Rokan Kanan.

6. Suku Melayu

Suku Melayu merupakan suku yang menghuni Semenanjung Malaya. Melayu sendiri berasal dari Kerajaan Melayu yang pernah ada di Sumtara. Suku Melayu tersebar di wilayah-wilayah Sumatra, kalimantan, Thailand bahkan sampai ke India.

7. Suku Talang Mamak

Suku Talang Mamak merupakan suku yang tinggal di Sehiliran Sungai Indragiri, Provinsi Riau. Suku ini masih hidup secara traisional. Bahasa suku ini adalah bahasa Talang Mamak yang merupakan percampuran antara bahasa melayu dan bahasa Minang.

8. Suku Kerinci

Suku Kerinci merupakan suku yang terdapat di wilayah Kabupaten Kerinci, Jambi. Dan Suku ini merupakan salah satu suku tertua yang ada di Pulau Sumatra. Bahasa yang digunakan adalah bahasa kerinci.

D. Suku – suku di Sumatra yang ada di Kepulauan Riau

suku di sumatera

nasional.kompas.com

1. Suku Melayu

Suku Melayu merupakan suku yang menghuni Semenanjung Malaya. Melayu sendiri berasal dari Kerajaan Melayu yang pernah ada di Sumtara. Suku Melayu tersebar di wilayah-wilayah Sumatra, kalimantan, Thailand bahkan sampai ke India.

2. Suku Laut

Suku Laut dikenal juga dengan sebutan Orang Laut adalah suku yang berada di pesisir sepanjang Kepulauan Riau. Tepatnya mereka bermukim di Pulau-pulau dan muara-muara sungai di Kepulauan Riau-Lingga, Pulau Tujuh, Kepulauan Batam, dan pesisir serta pulau-pulau dilepas pantai Sumatra Timur dan Semenanjung Malaya bagian selatan.

Suku Laut juga terbagi banyak, walaupun ada beberapa sumber juga yang mengatakan bahwa sebagian merupakan bagaian dari suku laut, berikut nama-nama suku tersebut.

Orang Barok, Orang Bentan (punah), Orang Bulang (punah), Orang Galang (punah), Orang Kanaq (sekarang menetap di Malaysia), Orang Ladi (punah), Orang Laut Kappir (sekarang menetap di Thailand), Orang Mantang, Orang Mepar (punah), Orang Moro (punah),Orang Muka Kuning (punah), Orang Nanga, Orang Posik (Pusek/Persik), Orang Sebarok, Orang Sengkanak, Orang Sugi (punah), Orang Tambus, Orang Teluk Nipah, Orang Trong (puna

E. Suku di Sumatra yang ada di Wilayah Sumatra Selatan  dan Daerah Bangka Belitung

suku palembang

plus.google.com

1. Suku Ameng Sewang

Suku Ameng Sewang merupakan sebutan bagi suku laut yang berada di Pulau Belitung. Suku ini hidup di Perahu dengan berpindah-pindah, sesuai dengan pergantian musim penangkapan ikan.

2. Suku Pemulutan

Pemulutan merupakan suku yang berada di Desa Pemulutan, yang sekarang menjadi Kecamatan, di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan. Pemulutan berasal dari sejarah mistis seorang puyang yang menangkap buaya dengan menggunkanan getah yang dikenal juga dengan istilah mulut.

3. Suku Anak Dalam

Suku anak dalam atau Orang Rimba merupakan suku minoritas yang hidup di Pulau Sumatra, Tepatnya di Provinsi Jambi dan ada juga sebagian yang bertempat di Sumatra Selatan. Suku Kubu ini masih ada hubungannya dengan suku Minangkabau ini terbukti dengan sistem yang mereka anut yaitu sistem matrilineal.

4. Suku Penesak

Suku Penesak merupakan suku yang berada di Kecamatan Tanjung Batu dan Kecamatan Pademaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir serta sebagian ada juga di Desa Pangkalan Benteng Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Penesak, hampir sama dengan bahasa melayu.

5. Suku Bangka

Suku Bangka merupakan suku yang mendiami pulau Bangka, suku Bangka dikenal juga dengan Suku Melayu Bangka. Dan bahasa suku ini pun masih dipengaruhi bahasa melayu.

6. Suku Pegagan

Suku Pegagan merupakan suku yang bermukim di Kelurahan Tanjung Raja Barat, Kabupaten Ogan Ilir. Suku ini juga terdapat di Kecamatan SP Paang, Kecamatan Jejawi, Kecamatan Kayu Agung, Kecamtan Pampangan dan Kecamtan Pangkalan Lampam. Suku Pegagan terbagi menjadi dua yaitu Pegagan Ilir dan Pegagan Ulu. Bahasanya suku ini hampir sama dengan Bahasa Suku Ogan.

7. Suku Belitung

Suku Belitung Merupakan Suku yang bermukim di pulau Belitung, suku ini juga disebut suku Melayu-Belitung. Bahasanya juga tidak jauh-jauh dari bahasa melayu.

8. Suku Daya

Suku Daya merupakan Suku yang berada di pinggiran aliran sungai Ogan tidak jauh dari Kota Simpang dan Pulau Beringin dan juga sekitar Kota Martapura. Tepatnya di Kecamatan Baturaja Timur, Baturaja Barat, Simpang dan Muara Dua. Bahasa Suku ini memakai bahasa melayu tetapi dengan dialek Daya.

9. Suku Semendo

Suku Semendo atau Semende merupakan suku yang berasal dari Sumatra Selatan. Suku ini terbagi menjadi dua yaitu Semende Darat dan Semende Lembak. Semende Darat bertempat tinggal Di Pulau Panggung, Kabupaten Muara Enim dan Semende Lembak tinggal di Kecamatan Baturaja.

Suku ini juga tersebar di wilayah sperti Kecamatan Semende Darat Laut, Darat Tengah dan Darat Ulu. Dan sebagian ada juga di Daerah Prabumulih, OKI ataupun OKU. Bahasa yang digunakan adalah bahasa melayu.

10. Suku Musi Banyuasin

Suku ini terutama tinggal di kab. Musi Banyuasin yaitu di kec. Babat Toman, Banyu Lincir, Sungai Lilin, dan Banyuasin Dua dan Tiga. Umumnya mereka tinggal di dataran rendah yang diselingi rawa-rawa dan berada di daerah aliran sungai.

11. Suku Sekak

Suku Sekak Bangka merupakan suku yang mendiami pesisir sepanjang Pulau Bangka. Sekak merupakan rumpun bangsa melayu yasng mana bahasa dan dialek yang digunakan hampir mirip dengan bahasa melayu.

12. Suku Musi Sekayu

Suku Sekayu terletak di Propinsi Sumatra Selatan. Dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin. Suku Sekayu merupakan “manusia sungai” dan senang mendirikan rumah-rumah yang langsung berhubungan dengan sungai Musi.

13. Suku Saling

Suku bangsa ini berdiam di sekitar daerah aliran Sungai Saling. Daerah adat mereka yang disebut Marga Saling, berada dalam wilayah Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan.

14. Suku Ogan

suku ogan

IndonesiaKaya.com

Suku Ogan terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ilir. Mereka mendiami tempat sepanjang aliran Sungai Ogan.

15. Suku Rawas

Suku ini terletak di wilayah propinsi Sumatra Selatan, tepatnya di sekitar dua aliran sungai Rawas dan sungai Musi bagian utara. Suku ini menempati wilayah di Kecamatan Rawas Ulu, Rawas Ilir, dan Muararupit, di Kabupaten Musi Rawas. Bahasa Rawas masih tergolong ke dalam rumpun melayu.

16. Suku Enim

Suku ini terletak di wilayah propinsi Sumatra Selatan, tepatnya di Kabupaten Muara Enim dengan ibukotanya Muara Enim dan Kec. Tanjung Agung. Suku ini mendiami lokasi sepanjang aliran sungai Enim sampai ke kota Tanjung Enim.

17. Suku Rambang

Suku bangsa ini sering juga disebut orang Rambang Senuling. Mereka bermukim di Kecamatan Pedamaran dan Kecamatan Mesuji di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatra Selatan. Bahasa Rambang termasuk kelompok bahasa Melayu dengan dialek sendiri.

18. Suku Kayu Agung

Suku Kayu Agung berdomisili di Sumatra Selatan, tepatnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan ibukotanya Kayu Agung. Wilayah ini dialiri sungai Komering. Bahasanya terdiri atas dua dialek, yaitu dialek Kayu Agung dan dialek Ogan.

19. Suku Gumay

Suku Gumai adalah salah satu suku yang mendiami daerah di Kabupaten Lahat. Sebelum adanya Kota Lahat, Gumai merupakan satu kesatuan dari teritorial GUMAI, yaitu Marga Gumai Lembak, Marga Gumai Ulu dan Marga Gumai Talang.

20. Suku Ranau

Suku Ranau adalah suatu komunitas suku yang bermukim di kawasan tepi danau Ranau kabupaten Ogan Komering Ulu provinsi Sumatra Selatan.

21. Suku Kikim

Suku Kikim, adalah suatu masyarakat adat yang bermukim di Sumatra Selatan.

22. Suku Musi

Diikenal pula dengan Suku Sekayu merupakan salah satu suku bangsa di Indonesia. Nama ini merupakan sebuah tema kolektif untuk mengidentifikasikan beberapa suku bangsa yang berasal dan bermukim di sepanjang tepian Sungai Musi.

Suku Musi menuturkan Bahasa Musi atau disebut juga dengan Bahasa Sekayu yang merupakan salah satu rumpun bahasa Melayu.

22. Suku Komering

Komering merupakan salah satu suku atau wilayah budaya di Sumatra Selatan, yang berada di sepanjang aliran Sungai Komering. Seperti halnya suku-suku di Sumatra Selatan, karakter suku ini adalah penjelajah sehingga penyebaran suku ini cukup luas hingga ke Lampung.

Suku Komering terbagi atas dua kelompok besar: Komering Ilir yang tinggal di sekitar Kayu Agung dan Komering Ulu yang tinggal di sekitar kota Baturaja.

23. Suku Lematang

Suku Lematang tinggal di daerah Lematang yang terletak di antara Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat. Daerah ini berbatasan dengan daerah Kikim dan Enim. Suku ini menempati wilayah di sepanjang sungai Lematang, di sekitar kota Muaraenim dan kota Prabumulih.

24. Suku Lom

Suku Lom ini disebut juga sebagai urang Mapur atau suku Mapur, karena tinggal di kampung Mapur. Wilayah pemukiman suku Lom ini berada di dusun Air Abik dan dusun Pejam, yang masih termasuk bagian wilayah desa Gunung Muda, kampung Mapur kecamatan Belinyu kabupaten Bangka provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

25. Suku Lintang

suku Lintang merupakan suku yang tinggal di Kawasan pegunungan Bukit Barisan di Sumatra Selatan. Diapit oleh suku Pasemah dan Rejang. Suku Lintang merupakan salah satu suku Melayu yang tinggal di sepanjang tepi sungai Musi di Propinsi Sumatra Selatan.

26. Suku Kisam

Suku Kisam, adalah suku adat atau suatu komunitas suku, yang berada di provinsi Sumatra Selatan. Menurut informasi beberapa masyarakat Kisam mengatakan bahwa mereka dahulunya berasal dari pecahan suku Pasemah (Besemah).

27. Suku Padamaran

Suku Padamaran bermukim di dusun Pedamaran, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatra Selatan.

28. Suku Palembang

Suku Palembang merupakan salah satu suku melayu yang terletak di wilayah palembang dan sekitarnya. Bahasa suku ini adalah bahasa melayu tetapi kata-katanya berakhiran dengan O. Suku Palembang banyak di temui di Tepian Sungai Musi.

F. Suku-Suku Sumatra yang ada di Daerah Bengkulu dan Lampung

suku lampung

lampungprov.go.id

1. Suku Lampung

Suku Lampung atau Ulun Lappung, adalah kelompok masyarakat yang disebut rumpun Lampung, terdiri dari beragam suku yang tersebar di seluruh wilayah provinsi Lampung. Suku-suku Lampung ini secara geografis menempati wilayah mulai dari Lampung, hingga ke bagian wilayah Bengkulu dan Sumatra Selatan, bahkan terdapat juga di pantai barat provinsi Banten.

2. Suku Lembak

Suku Lembak berdiam di Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Utara, di Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong, di Kecamatan Curup Kabupaten Bengkulu Tengah dan di Kecamatan Gading Cempaka Kotamadya Bengkulu.

3. Suku Pasemah

Suku Pasemah atau Besemah, adalah suatu masyarakat adat yang bermukim di daerah perbatasan provinsi Sumatra Selatan dengan provinsi Bengkulu. Wilayah pemukiman suku Pasemah meliputi daerah sekitar kota Pagar Alam, kecamatan Jarai, kecamatan Tanjung Sakti dan daerah sekitar kota Agung kabupaten Lahat.

4. Suku Batin

Suku Batin, adalah adalah salah satu suku yang terdapat di provinsi Jambi. Suku Batin ini bermukim di daerah pedalaman provinsi Jambi.

5. Suku Pekal

Suku Pekal, adalah suatu komunitas suku yang mendiami wilayah kecamatan Ketahun kabupaten Bengkulu Utara provinsi Bengkulu, berada dekat perbatasan Jambi dan Sumatra Selatan. Bahasa Pekal, adalah bahasa yang diucapkan oleh suku Pekal. Bahasa ini memiliki beberapa dialek yang mirip dengan dialek bahasa Minangkabau dan bahasa Rejang.

6. Suku Rejang

Suku Rejang adalah salah satu suku bangsa tertua di Sumatra. Suku Rejang mendominasi wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Utara, dan Kabupaten Lebong. Berdasarkan perbendaharaan kata dan dialek yang dimiliki bahasa Rejang, suku bangsa ini dikategorikan Melayu Proto.

7. Suku Enggano

Suku Enggano, adalah penghuni asli pulau Enggano dan empat pulau di sekitarnya, adalah pulau-pulau di sebelah barat Sumatra, sebagaimana suku Mentawai dan suku Nias, mereka adalah pembawa budaya Proto Malayan.

Berada di pulau sebelah barat Sumatra dan berseberangan dengan kota Bengkulu dan masuk dalam wilayah propinsi Bengkulu.

8. Suku Mulo-muko

Suku Mukomuko, adalah suatu komunitas suku yang pemukimannya berada di bagian paling utara di wilayah provinsi Bengkulu. Daerah pemukiman suku Mukomuko ini di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatra Barat dan daerah Kerinci provinsi Jambi

9. Suku Kaur

Suku Kaur, adalah suatu kelompok masyarakat yang berada di provinsi Bengkulu, tersebar di beberapa daerah di Bintuhan kecamatan Kaur Selatan, Tanjungiman kecamatan Kaur Tengah, Padangguci kecamatan Kaur Utara dan di pesisir pantai sebelah barat Sumatra.

Bahasa yang diucapkan oleh suku Kaur adalah bahasa Kaur, yang digolongkan ke dalam rumpun bahasa Melayu Tengah. Bahasa Kaur sendiri diperkirakan lebih tua daripada bahasa Melayu.

10. Suku Lembak

Suku Lembak adalah suatu kelompok etnik yang bermukim di beberapa Kecamatan di Kota madya Bengkulu, serta beberapa kabupaten di sebelah timur kota Bengkulu, yakni di Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Rejang Lebong, dan Kabupaten Bengkulu Tengah. Bahasa orang Lembak ialah bahasa Buang, yang masih serumpun dengan bahasa Melayu.

11. Suku Serawai

Suku Serawai merupakan Suku yang sebagian besar berdiam di Kecamatan Seluma, Talo, Pino dan Manna di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Pada zaman dulu daerah mereka mencakup Marga Semidang Alas, Pasar Manna, Ilir Tallo, Ulu Tallo, Ulu Manna, dan Ilir Manna. Bahasa Serawai termasuk rumpun bahasa Melayu juga dekat dengan bahasa Pasemah.

Leave a Reply