20 Negara Paling Luas dan Terbesar Di Dunia

Ada banyak negara yang ada di Bumi kita ini. Tapi tahukah anda negara mana saja yang memiliki wilayah yang luas. Berikut ini nama-nama Negara Paling Luas di Dunia.

1. Rusia

negara paling luas di dunia rusia

s1.1zoom.ru

Rusia merupakan negara paling luas di dunia. Luas Negara yang beribukota di Moskow ini adalah 17.075.400 km2. Luas negara ini bahkan mencakup dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Rusia membentang dari bagian barat (teluk Finlandia) hingga ke bagian timur (Selat Bering) yang jaraknya lebih dari 8.000 km. Yang membuat unik dari luas negara ini adalah Rusia mencakup lebih dari sepersepuluh dari permukaan tanah yang ada di muka bumi ini.

2. Kanada

Niagara Waterfall Freezing negara paling kuat di dunia

3.bp.blogspot.com

Kanada merupakan negara paling luas di Dunia nomer dua setelah Rusia. Luas negara yang beribukota di Ottawa ini adalah 9.976.140 km2. Walau temasuk negara yang memiliki wilayah yang luas akan tetapi negara ini jumlah penduduknya masih tergolong sedikit. Kanada sendiri merupakan negara republik federal yang mana dalam negara tersebut terdapat negara-negara bagian yang bekerjasama dalam membentuk satu negara kesatuan.

3. China

great-wall-china negara paling luas di dunia

rangtalu.files.wordpress.com

China atau yang sering dikenal dengan Tiongkok merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Dunia. Jumlah penduduknya mencapai 1.37 miliar jiwa, ini sekitar 5 kali lipat lebih banyak dari penduduk di Indonesia. Negara yang beribukota di Beijing ini termasuk ke dalam negara paling luas di dunia. Luas wilayah China 9.596.960 km2. Ini menjadikan China sebagai negara terluas di Asia dan terluas di Dunia nomer tiga

4. Amerika Serikat

Patung Liberty negara paling luas di dunia

i1.wp.com

Amerika Serikat atau United States of America (USA) merupakan negara adi daya yang terletak di bagian tengah Amerika Utara. Luas Negara yang beribu kota di Washington DC ini adalah 9.363.520. Negara ini juga adalah negara Republik Konstitusional Federal yang di dalamnya terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal.

5. Brazil

brasil negara terkuat di dunia

iso.500px.com

Brazil merupakan negara paling luas di Benua Amerika Selatan dan menempati urutan ke-5 negara paling luas di dunia, luas wilayah yang beribukota di Brasilia ini adalah 8.515.770 km2. Negara yang memiliki nama lengkap Republik Federal Brazil ( Federative Republic of Brazil) ini merupakan negara bekas koloni portugal yang merdeka pada tanggal 7 September 1822.

Bahakan bahasa resmi Brazil sendiri adalah Bahasa Portugal. Negara ini termasuk dalam negara terpadat di dunia, populasi yang mencapai 205,82 juta jiwa menjadikan negara ini negara terpadat nomer lima di dunia.

6. Australia

opera house sydney negara bagian

pixabay.com

Australia merupakan negara yang sering disebut negara benua, karena memang Australia ini adalah negara yang meliputi seluruh wilayah benua sehingga menjadikan negara ini disebut negara benua. Negara Australia terletak di sebalh selatan Kepulauan Indonesia. Negara ini masuk kedalam negara paling luas di dunia, Luasnya mencapai 7.713 .364 km2. Negara ini termasuk negara yang memiliki negara bagiian di dalamnya. Negara Australia terbagi menjadi enam negara bagian dengan dua wilayah territories utama.

7. India

taj mahal india negara paling luas di dunia

cdn-image.travelandleisure.com

India merupakan negara paling luas ke-7 di dunia dengan luas 3.2827.590 km2 membentang dari pegunungan Himalaya yang tinggi di utara sampai ke negara pulau Sri Lanka di selatan. Negara ini juga merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia. Jumlah penduduk negara yang beribukota di Delhi ini adalah 1,26 miliar jiwa.

8. Argentina

Argentina negara paling luas di dunia

theodysseyonline.com

Argentina merupakan negara Amerika Latin yang terletak di bagian seltan Benua Amerika selatan. Negara yang beribukota di Buenos Aires ini memiliki luas 2.780 .400 km2 yang letaknya berada di antara pegunungan Andes (bagian Barat) dan Samudra Atlantik (bagian Selatan). Luas Argentina dapat dikatakan 2 kali lipat dari negara Indonesia. Ini menjadikan negara Argentina ini Negara paling luas ke-8 di Dunia.

9. Kazakhstan

Kazakhstan negara paling luas di dunia

i.ytimg.com

 

Kazakhstan Merupakan negara lintas benua yang mayoritas wilayahnya masukke dalam kawasan Asia Tengah dan sebagaian kecil lainnya masuk ke dalam kawasan Eropa Timur. Negara yang beribukota di Alma Ata ini memliki luas 2.717 .300 km2 yang membentang dari barisan pegunungan Altai (bagian timur) hingga Laut Kaspia (bagian Barat).

Sehingga menjadikan negara ini termasuk salah satu negara paling luas di dunia. Negara yang beretnis Rusia ini juga sering disebut sebagai ‘Virgin Lands’ karena ada sebagian wilayahnya yangbelum tersentuh sama sekali.

10. Sudan

SUDAN negara ter;luas di dunia

marcodilauro.com

Sudan merupakan negara republik yang memiliki nama resmi Republik of The Sudan. Negara yang beribukota di Khatoum ini memiliki luas wilayah 2.505.813 km2 menjadikan negara ini sebgai negara terluas di Afrika dan terluas ke-10 di dunia. Total wilayah Sudan ini mencakup 2.5 juta km2 atau sekitar 1 juta mil persegi yang merupakan 8.3% dari seluruh luas benua Afrika.

11. Kongo

libya negara paling luas di dunia

gdb.voanews.com

Kongo merupakan negara yang terletak di benua Afrika yang memiliki nama resmi Republik Demokratik kongo. Dahulunya negara ini deknal dengan nama Zaire, akan tetapi setelah merdeka pada tahun 1960 negara ini berganti menjadi Republik Demokratik kongo. Negara yang beribukota di Kinshsa ini meimiliki luas 2.344.858 km2. Dan sebagian besar wilayah negara ini adalah hutan hujan tropis.

12. Saudi Arabia

Saudi negra paling luas di dunia

assets.bwbx.io

Saudi Arabia atau Arab Saudi merupakan salah satu negara penghasil dan pengekspor minyak terbesar di Dunia yang memiliki nama resmi Kingdom of Saudi Arabia (kerajaan Arab Saudi). Negara ini terletak di Kawasan Asia Barat Daya (kawasan timur tengah). Negara yangberibukota di Riyadh ini memiliki luas 2.149 .690 km2. Luasnya mencakup hampir seluruh semenanjung Arab.

13. Mexico

metropolitan-cathedral-zocalo-mexico-city negara paling luas di dunia

nationalgeographic.com

Meksiko merupakan sebuah Negara konstitusi republik Federal di Amerika Utara. Nama negara ini sendiri diambil dari nama ibu kotanya yang berasal dari nama ibukota kuno Aztec yaitu Mexico-Tenochtitlan. Mexi bermakna nama dewa perang, sedangkan co bermakna ‘tempat’ dan ca berarti ‘orang’. Negara yang beribukota di Mexico city ini memiliki luas 1.958.201 km2 menjadikan sebagai negara paling luas ke-3 di Amerika Latin setelah Brazil dan Kanada.

14. Indonesia

indonesia negara paling luas di indonesia

images.arcadis.com

Indonesia merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara dan termasuk kedalam negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia juga merupakan negara terpadat di dunia yang sebgaian besar penduduknya beragam islam. Negara yang beribukota di Jakarta ini memiliki luas 1.904.569 km2. Negara ini termasuk negara yang berkembang yang terkenal dengan keanekaragaman penduduknya dan seni budayanya.

15. Libya

libya kota

libyaholdings.com

Libya atau Libia merupakan sebuah negara yang terletak di benua Afrika bagian utara. Negara ini terkenal dengan keindahan peninggalan zaman romawi. Negara yang beribukota di Tripoli ini memiliki luas 1.759.540 menjadikan negara ini salah satu negara paling luas di dunia dan di Afrika. Luas wilayah Libya dibandingkan dengan Alasakan adalah seperenam lebih luas dibandingkan dengan wilayah Alasaka.

16. Iran

iran negara terluas di dunia

sepasad.ir

Iran dulunya dikenal dengan Persia. Sebuah negara timur Tengah yang terletak di Asia Barat Daya. Bahkan hingga tahun 1935 negara ini masih di panggil Persia di Dunia Barat. Negara yang beribukota di Teheran ini memiliki luas 1.648.000 km2. Pada Tahun 1979 terjadi revolusi iran yang dipimpin oleh Ayatullah Khumaeni mendirikan sebuah republik Islam Teokratis yang nama resminya adalah Republik Islam Iran.

17. Mongolia

Mongolia negara terluas di dunia

customtravelplanner.net

Mongolia merupakan negara yang berada di kawasan Asia Timur. Berbatasan dengan Rusia (di bagian utara) dan China (dibagian selatan). Negara yang beribukota di Ulanbator ini memiliki luas wilayah 1.566.600 km2. Luas wilayah negara Mongolia ini sebanding dengan luas Alsaka. Sebagian besar wilayah Mongolia bertanah gersang dan juga benyak padang rumput dengan pegunungan di bagian barat dan utara, dan juga gurun Gobi dibagian Selatan.

18. Chad

N-Djamena negara cahad

tourist-destinations.com

Chad Merupakan negara yang terletak di Benua Afrika bagian tengah. Sebagian besar kawasan negara ini beriklim gurun. Negara yang beribukota di N’djamena ini memiliki luas wilayah 1.284.000 km2. Negara bekas Persekutuan Afrika Perancis Khatulistwa ini Dijuluki ‘Jantung Mati Afrika’. Dibagian utara negara ini terdapat pegunungan Tibesti yang merupakan pegunungan paling besar di gurun Sahara.

19. Nigre

Niamey Mosque

upload.wikimedia.org

Niger merupakan negara yang berada di Bagian Barat Afrika. Nama niger sendiri diambil dari nama sungai yang melintasi negara itu yaitu Sungai Niger. Negara yang beribukota di Niamey ini memiliki luas wilayah 1.267.000 km2, menjadikan negara ini masuk dalam negara paling luas di Afrika dan menempati uruatan ke-19 di dunia.

20. Angola

angola negara terbesar di dunia

cdn2.portalangop.co.ao

Angola merupakan negara yang terletak di pantai barat daya Benua Afrika yang berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik. Negara yang beribukota di Luanda ini memiliki luas wilayah 1.246.000 km2 dan menempati urutan ke-20 dalam negara paling luas di dunia. Sebagai salah satu negara terluas di Afrika, Luas negar Angola lebih luas daripada gabungan tiga negara Perancis, Jerman, dan Inggris. Akan tetapi penduduknya sedikit berbanding terbalik dengan luas wilayahnya.

3 Comments

  1. evrinasp
  2. Eksapedia
  3. Mugniar

Leave a Reply