Profil Singkat Nama-nama Negara di Benua Australia

Nama-nama Negara di Benua Australia – Negara yang memiliki nama yang sama dengan benuanya adalah Australia. Australia termasuk negara yang memiliki negara bagain di dalamnya. Negara yang berada di belahan selatan ini merupakan negara pesemakmuran Inggris.

Awalnya Australia ini ditemukan oleh penjelajah Inggris yang bernama William Dampies, sampai pada Akhirnya pada tahun 1770, James Cook menyatakan bahwa Australia menjadi bagian dari Kerajaan Inggris. Australia terdiri atas enam negara bagian dan dua teritorial.

profil Australia benua
pixabay.com

Berikut Nama-nama Negara di Benua Australia

1. New South Wales (Sydney)

opera house sydney negara bagian
pixabay.com

New South Wales Merupakan negara bagian yang paling tua dan yang paling banyak penduduknya di Negara Australia. Ibukota negara bagian ini adalah Sydney.

Pada awalanya wilayah ini merupakan sebuah tempat permukiman para koloni hukuman, tepatnya berada di Pantai Port Jackson, tempat yang sekarang menjadi ibukota New South Wales bernama Sydney.

Negara bagian ini terekanal dengan padatnya penduduk disana.  Bahakan lebih dari sepertiga masyarakat Australia tinggal di New South Wales. Dan Kota terbesar di Negara ini adalah Sydney dengan landmarknya Sydney Harbour.

Berikut nama-nama wilayah yang ada di New South Wales; Sydney, Albury, Armidale , Broken Hill, Coffs Harbour, Newcastle, Tamworth, Wagga Wagga, dan Wollongong.

2. Victoria (Melbourne)

Nama-nama Negara di Benua Australia melbourne negara bagian
pixabay.com

Victoria yang dulunya dikenal dengan Vitoria merupakan negara bagian paling kecil yang ada di negara Australia. Akan tetapi jumlah penduduk di negara bagian ini menempati urutan kedua terbanyak setelah New South Wales. Ibukota Victoria adalah Melbourne yang merupakan salah satu kota terpadat di Australia.

Dengan tambang emasnya Victoria menjadi salah satu daerah yang terkaya dan terbesar di Dunia. Negara yang Terletak di bagian tenggara benua Australia ini juga merupakan pusat budaya bagi Australia. Dan merupakan tempat lahirnya dunia perfileman, televisi, tari, dan musik di Negara Australia.

Bahkan dunia Sepak Bola Australia juga berkiblat ke negara bagian ini. Ini terlihat dengan adanya 10 dari 16 tim yang berlaga di liga Australia berasal dari Victoria. Berikut nama-nama wilyah yang ada di Victoria; Ballarat, Bendigo, Geelong, Kinglake.

3. Queensland (Brisbane)

queensland brisbane australia
pixabay.com

Queensland merupakan negara bagian yang terletak di timur laut benua Australia yang memiliki luas terbesar ke dua di Australia. Ibukota Quennsland adalah Brisbane, kota dengan penduduk terbanyak ketiga di Australia.

Negara ini memiliki cuaca subtropis dengan musim panas yang tergolong panas dan lembab, serta musim dingin yang kering dan sejuk. Sehingga negara bagian ini sering dijadikan salah satu tujuan untuk kegiatan outdoor dan olahraga air.

Salah satu tempat wisata favorit orang-orang di dunia adalah Great Barrier Reef yang merupakan kumpulan terumbu karang paling besar di dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Queensland ini menjadi salah satu tempat dimana terdapat 7 situs warisan dunia.

4. Australia Selatan (Adelaide)

adelaide australia negara bagian
goodfood.com.au

Australia Selatan merupakan negara bagian yang terletak di bagian tengah selatan benua Australia. Wilayah ini menjadi wilayah yang paling kering di Australia. Negara bagian Australia selatan beribukota di Adelaide, yang merupakan kota terbesar yang berada di pesisir Australia Selatan.

Nama Adelaide sendiri diambil dari nama seoarang ratu yaitu Ratu Adelaide istri Raja William IV. Di negara bagian ini banyak sekali obejek wisata yang dapat dikunjungi diantaranya adalah North terrace dan King William Street di pusat kota, dimana disana masih banyak bangunan-bangunan klasik dari abad ke-19 hingga awal abad ke-20 yang masih bagus dan terwat.

Selain itu juga di negara bagian ini sering sekali diadakan festival-festival, setidaknya lebih dari 500 festival yang diadakan setiap tahun di sana. Jadi tidak heran jika negara bagian ini dijuluki sebagai negara festival.

5. Australia Barat (Perth)

perth Nama-nama Negara di Benua Australia
perth.wa.gov.au

Negara bagian Australia yang paling luas wilayahnya adalah Australia Barat. Bahkan luasanya mencapai sepertiga dari benua Australia. Sekitar tiga perempat penduduk negara bagian ini tinggal di Perth, yang merupakan kota berpenduduk terbanyak keempat di Australia.

Ibukota Australia Barat adalah Perth. Sebuah kota dengan penduduk terbanyak keempat yang ada di Australia. bahkan tiga perempat penduduk di negara bagian ini terpusat di Perth. Australia Barat adalah negara bagian di Australia yang sebagian wilayahnya berupa gurun yang kering.

Serta bagaian barat negara bagian ini berbatasan dengan hampir 13.000 km garis pantai alami. Banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi di negara bagian ini, salah satu tempat yang paling terkenal yaitu Kings Park and Botanical Garden. Dan pertambangan masih menjadi industri terbesar di negara bagian ini.

6. Tasmania (Hobart)

tasmania Nama-nama Negara di Benua Australia
pixbay.com

Tasmania merupakan negara bagian Australia yang terletak di Pulau Tasmania yang terpisah dengan daratan utama benua Australia. Australia dan Tasmania dihubungkan oleh selat Bass. Nama Tasmania sendiri diambil dari penemu pertama pulau ini yaitu Abel Tasman.

Tasmania menjadi negara bagain paling kecil di Australia. Ibukota Tasamania terletak di Hobart yang merupakan salah satu kota tertua di Australia setelah Sydney. Yang menarik dari pulau ini adalah seperlima dari Tasmania merupakan taman nasional dan kawasan yang masih hutan belantara. Serta Tasmania ini menjadi wilayah yang paling banyak memiliki pegunungan di Dunia.

Wilayah Teritorial di Australia

7. Wilayah Ibu Kota Australia (Canberra)

canberra Nama-nama Negara di Benua Australia ibukota
bestprice.vn

Ibukota Negara Australia adalah Canberra yang juga merupakan pusat pemerintahan Australia. Kota ini diapit dua kota besar yang ada di benua Australia yaitu Sydney dan Melbourne. Alasan kenapa Cannbera dipilih menjadi ibukota ialah tidak lain berawal dari persaingan Sydney dengan Melbourne yang berebut menjadi ibukota.

Sehingga setelah terjadi kompromi maka diputuskan Cannbera lah yang menjadi Pusat pemerintahan. Akan tetapi peran sebagai pusat Ekonomi tetap dipegang dua kota tersebut yaitu Sydney dan Melbourne. Nama Canbera sendiri diambil dari kata “Kambera” yang mana dalam bahasa Aborigin bermakna tempat pertemuan.

Sebagai Ibukota Negara Australia pusat pemerintahan, kota ini juga menjadi tempat lembaga-lembaga nasional yang penting, diantaranya parlemen Australia an Mahkamah Agung Australia.

8. Wilayah Australia Utara (Darwin)

darwin nama-nama negara di benua australia
Pinterest.com

Australia Utara merupakan wilayah teritorial yang terletak di Utara benua Australia. Ibukota Australia adalah Darwin. Kota yang paling besar di Negara bagian ini. Australia Utara juga menjadi wilayah dengan jumlah penduduk paling sedikit di Negara Australia, bahkan penduduknya kurang dari setengah Negara bagian Tasmania.

Di Australia utara terdapat wilayah pedalaman yang merupakan pribumi asli Australia yang bernama Alice Springs. Alice Spring menjadi pusat Asutralia secara fisik. Letaknya berada di tengah negara bagaian ini. Wilayah-wilayah yang berada di Australia Utara antara lain; Palmerston, Alice Springs, Katherine, Nhulunbuy, dan Tennant Creek.

Dan yang menjadi ungulan dari negara bagian ini adalah Pariwisatanya diantaranya adalah Taman Nasional Kakadu di Top End dan Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta (Ayers Rock) di Australia tengah.

Leave a Comment