50 Foto Jembatan Terindah dan Terpanjang di Dunia yang Sangat Menakjubkan

Jembatan terindah di Dunia – Jembatan merupakan suatu akses yang memberi kemudahan bagi semua orang seluruh dunia. Bahkan Jembtan sudah ada sejak zaman-zaman dahulu. Sekarang ini jembatan tidak hanya berfungsi sebagai alat penyebrangan, akan tetapi berfungsi sebagai tempat wisata.

Ini terbukti dengan banyaknya jembatan-jembatan baru dengan bentuk yang menarik dan unik, sehingga tak jarang jembatan itu menjadi jembatan terindah di Dunia.

Berikut ini 50 foto Jembatan Terindah Di Dunia

1. Tower Bridge

Jemabtan Terpanjang

en.wikipedia.org

Tower Bridge atau Jembatan Menara adalah jembatan yang berada Inggris tepatnya di London. Jembatan ini membentang di atas Sungai Thames. Jembatan ini Memiliki 2 desain yaitu Gantung dan bisa diangkat. Dinamakan Tower Bridge karena letak jembatan ini tidak jauh dari London Tower.

Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1894, dan menjadi salah satu ikon kota London. Jembatan Menara adalah salah satu jembatan yang dimiliki dan dikelola oleh Bridge House Estates, sebuah lembaga amal dari City of London Corporation.

2. Jembatan Millau

Jembatan Millau adalah jembatan yang terletak di Selatan Perancis tepatnya di Millau. Jembatan ini membentang diatas Sungai Tarn. Dan yang menjadi keunggulan jembatan ini adalah Jembatan “vehicular” tertinggi di dunia. Yang tingginya mencapai 341 meter. Maka tidak heran jembatan ini dijuluki dengan jembatan dia atas awan.

Jembatan Millau pertama kali dibuka pada 14 desember 2014 dan dibuka untuk lalu lintas umum pada tanggal 16 Desember 2016. Tidak hanya menjadi sarana transportasi, jembatan Millau ini juga dijadikan tempat berwisata. karena diatas jembatan ini memiliki pemandangan yang menakjubkan

3. Jembatan Banpo

jembatan tercantik

2Fkoreaoh.blogspot.com

Jembatan Banpo adalah Salah satu Jembatan yang terindah di Dunia. Jembatan ini terkenal dengan Air mancur pelanginya. Terletak di di pusat kota Seoul Korea Selatan jembatan ini membentang di atas sungai Han yang menghubungkan kabupaten Seocho dan Yongsan. Sungai Han adalah sungai yang sering dijadikan lokasi syuting film-film drama Korea.

Tepatnya pada September 2008, jembatan ini didesain dengan pelangi air mancur raksasa yang menembak ke bawah dengan hampir 10.000 LED nozel di setiap sisi jembatan, menembak dari 190 ton air per menit.  Jembatan ini juga dijadikan tujuan utama wisatawan di Korea Selatan

4. Jembatan Vecchio

Jembatan Vecchio

arounddeglobe.com

Jembatan Vecchio adalah jembatan yang terletak di di Kota Florence Italia. Jembatan ini membentang di atas sungai Arno yang merupak akses penghubung Lungarno dan Oltrarno. Dibangun pertama kali pada tahun 1345, oleh karena itu nama lain dari jembatan ini adalah jembatan tua.

Yang menarik dari jembatan ini adalah satu-satunya jembatan di Florence yang tidak hancurkan oleh Nazi. Jembatan ini menjadi tempat wisata sebenarnya lebih dari sebuah jembatan karena pada jembatan terdapat jalan dan pertokoan pula.

5. Jembatan Chengyang

chengyang bridge

pinterest.com

Jembatan Chengyang atau yang sering dikenal dengan jembatan angin dan hujan adalah jembatan yang terletak di provinsi Shandong China. Jembatan yang membentang diatas sungai Linxi ini sudah ada sejak tahun 1961. yang membangun pertama kali jembatan ini adalah suku minoritas Dong.

Yang unik dari jembatan ini adalah dibangun dari kayu dan batu tanpa menggunakan paku. Jembatan ini memiliki panjang 64,4 meter, lebar 3,4 meter dan tinggi 10,6 meter. Selain berfungsi sebagai alat penyeberangan, jembatan ini juga melindungi dari unsur-unsur jahat.

6. Jembatan Brooklyn

Jembatan Brooklyn

AnakSubaim.blogspot.com

Jembatan Brooklyn adalah jembatan yang terletak di New York, Amerika Serikat. Jembatan ini membentang di atas sungai East yang menghubungkan Manhattan dan Brooklyn. Sejarah pembangunan jembatan ini sangat lah historis. dan Yang menjadikan keunikan dari jembatan ini adalah jembatan gantung tertua di Amerika dan jembatan suspensi kabel baja pertama di dunia.

Jembatan ini selesai dibangun di Tahun 1883. Sejak resmi dibuka untuk umum, jembatan ini telah menjadi icon-nya New York. Bahkan Jembatan Brooklyn ini ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1964 dan National Historic Civil Engineering Landmark pada tahun 1972.

7. Rolling Bridge

rolling bridge

jankprabu.blogspot.com

Rolling Bridge adalah jembatan yang terletak di Paddington, London, Inggris. Jembatan ini di Desain oleh arsitek Inggris bernama Thomas Heatherwick. Dan selesai dibangun pada tahun 2004. Panjang jembatan ini 12 meter, akan tetapi walaupun pendek, jembatan menjadi jembatan unik karena bisa digulung dan menjadi daya tarik sendiri.

Jembatan ini multifungsi, ketika jembatan membentang jembatan ini berfungsi sebagai penyebrangan dan ketika jembatan menggulung, maka jembatan ini berfungsi sebagai pemberi jalan perahu untuk melintas. Jembatan ini biasanya menggulung pada jumat siang.

8. Jembatan Octavio Frias de Oliveira

Jembatan Octavio Frias de Oliveira

500px.com

Jembatan Octavio Frias de Oliveira merupakan jembatan yang terletak di kota Sao Paulo, Brazil. Jembatan ini membentang di atas sungai Pinheiros yang menghubungkan ke Pinheiros Marjinal Jornalista Roberto Marinho Avenue di daerah selatan kota.

Jenis Jembatan Octavio Frias de Oliveira adalah jembatan kabel yang memiliki tinggi 138 meter. Awalnya Jembatan ini bernama Journalist Roberto Marinho Cable-Stayed Bridge akan tetapi banyak yang perotes dari Paulistanos. Akhirnya nama jembatan ini diganti dengan nama Octavio Frias de Oliveira

 

9. Jembatan Golden Gate

Jembatan Golden Gate

1001malam.com

Jembatan Golden Gate adalah jembatan yang terletak di San Fransisco, Amerika Serikat. Jembatan ini membentang dari bukaan samudra Pasifik hingga ke Teluk San Fransisco yang menghubungkan kota San Fransisco dan Marin, California.

Jembatan ini memiliki panjang 2.727 m, dan dua menara yang jarak antara keduanya adalah 1.280 m serta ketinggian 230 diatas permukaan air. Yang menjadi keunikan dari jembatan ini adalah Golden Gate kerap dijadikan sebagai lokasi bunuh diri. Pada umumnya, mereka melakukan aksinya tersebut dengan cara melompat ke derasnya sungai yang dilintasi jembatan ini.

10. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

stuffpoint.com

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dangan Pulau Madura. Karena itulah jembatan ini dinamakan Suramadu (Surabaya-Madura) yang membentang diatas Selat madura. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang, jembatan penghubung dan jembatan utama. Yang panjangnya mencapai 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Selain sebagai penghubung kedua pulau, jembatan ini berfungsi sebagai tempat wisata.

11. Hangzhou Bay Bridge

Hangzhou Bay Bridge

cdn.earthporm.com

Hangzhou Bay Bridge adalah jembatan yang terletak di Provinsi Zhejiang, China. Jembatan ini melintasi teluk Huangzhou dan Sungai Qiantang. Jembatan ini adalah salah satu jembatan terpanjang di China bahkan di Dunia. panjang dari jembatan ini adalah 35.673 meter (22 mil).

Jembatan ini dibuat dengan tujuan untuk mengatasi kepadatan lalilintas di kawasan yang cukup berkembang pesat. Dan dapat mempersingkat waktu juga, yang mana sebelum jembatan ini ada jarak tempuh antara Shanghai dan Ningbo membutuhkan waktu empat jam dapat dipangkas menjadi dua setengah jam.

12. Khaju Bridge

malektravel.ir

Jembatan terindah di dunia yang satu ini bernama Khaju. Jembatan Khaju merupakan jembatan yang terletak di Isfahan, Iran. Jembatan ini membentang diatas sungai Zayandeh dengan panjang 105 meter dan lebar 14 meter. Jembatan ini juga memiliki 24 gapura yang didesain dengan sangat apik serta dilengkapi dengan ornamen-ornamen yang unik.

Konon katanya jembatan ini sudah ada sejak abad 16 M, Tidak heran kenapa banyak wisatawan mengunjungi jembatan ini selain memang tempat ini termasuk jembatan terindah di dunia, jembatan ini juga memiliki sejarah yang panjang.

13. Jembatan Akashi-Kaikyo

wide-wallpapers.net

Jembatan Akashi-Kaikyo merupakan jenis jembatan gantung yang berada diatas selat Akashi yang menghubungkan Maiko di Kota Kobe dengan Kota Awaji di Pulau Awaji, Jepang. Jembatan ini memiliki panjang 1990 meter dan merupakan jembtaan terpanjang sekaligus jembatan terindah di Dunia.

Jembatan Akashi-Kaikyo akan terlihat mengagumkan ketika dilihat di malam hari, karena jembatan ini dilengkapi dengan lampu-lampu yang beraneka warna yang bersinar bagaikan mutiara-mutira. Oleh karena itu Jembatan Akashi-Kaikyo dikenal juga dengan sebutan Pearl Bridge (Jembatan Mutiara)

14. Sydney Harbour Bridge

australiantraveller.com

Sydney Harbour Bridge merupakan jembatan yang terletak di Sydney, Australia. Jembatan ini merupakan akses utama untuk menyeberangi Pelabuhan Sydney yang menghubungkan pusat bisnis Sydney dengan wilayah utara Sydney. Jembatan ini memiliki puncak yang berdiri diatas permukaan pelabuhan dengan tinggi 134 meter.

Sydney Harbour Bridge dijadikan sebagai Icon dari Kota Sydney sekaligus Iconnya Australia berbarengan juga dengan Gedung Opera yang memang sudah lama menjadi Icon Australia. Jembatan ini juga dijuluki dengan The Coathanger (Gantungan Pakaian) karena desainnya yang melengkung menyerupai gantungan baju.

15. Forth Bridge

reddit.com

Forth Bridge adalah merupakan jembatan dengan kontruksi yang dibilang cukup unik. Jembatan ini berada di wilayah Forth, Skotlandia. Jembatan ini secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 4 Maret 1890. Dan panjang jembatan ini adalah 2.528 m.

Forth Bridge atau Jembatan Forth berada di atas Firth of Forth di timur Skotlandia hingga ke timur Forth Road Bridge yang menghubungkan hingga 14 km dari pusat Edinburgh. Jembatan sepanjang 2.528,7 meter ini dibuka untuk umum pada 4 Maret 1890 silam.

16. Jembatan Donghai

chec.bj.cn

Jembatan Donghai merupakan jembatan lintas laut terpanjang di dunia karena panajang jembatan ini sendiri adalah 32.5 kilometer (20.2 mill). Jembatan ini menghubungkan daratan Shanghai dan Yangshan (daerah Lepas pantai perairan pelabuhan di China).

Keistimewaan Jembatan Donghai ini adalah desainnya yang diklaim dapat bertahan hingga 100 tahun. Akan tetapi peraturan yang ada disana melarang wisatawan untuk membawa kendaraan pribadi untuk melintasi jembatan tersebut. Jadi Wisatawan akan diarahkan untuk menaiki kendaraan yang sudah disiapkan pemerintah sana.

17. Gateshead Millennium Bridge

commons.wikimedia.org

Gateshead Millennium bridge merupakan salah satu jembatan dengan bentuk yang unik dan termasuk kedalam jembatan terindah di dunia. Jembatan ini berbentuk miring dan jika dilihat dari atas seperti mata yang berkedip. Jembatan Gateshead Millennium terletak di di kota Gateshead, Inggris.

Walaupun hanya memiliki panjang 126 m, tapi banyak orang yang kagum dengan jembatan ini. Karena selain desainnya yang unik jembatan ini juga dapat dapat berputar (mengedip) hingga 40 derajat setiap 45 menit. Tidak heran kenapa jembatan ini dijuluki dengan Blinking Eye Bridge atau jembatan ‘Mata Berkedip’.

18. Jembatan kintai-kyo

worldfortravel.com

Jembatan kintaikyo merupakan jembatan yang melengkung yang berada di Wilayah Iwakuni, Jepang. Jembatan ini terbuat dari kayu yang membentang di atas sungai Sungai Nishiki yang jernih. salah satu destinasi wisata bagi wiasatawan yang bekunjung ke Wilayah Iwakuni ini adalah Jembatan kintaikyo ini.

Karena jebatan ini termasuk salah satu jembatan terindah di dunia dan Pemandangan disekitar jembatan ini juga sangat menakjubkan. Tak heran hampir setiap tahun selalu banyak wisatawan yang mengunjungi Jembatan kintaikyo ini.

19. The Bridge of Sighs

commons.wikimedia.org

The Bridge of Sighs atau sering disebut jembatan dari Sighs adalah jembatan yang terletak di Provinsi Venezia, Italia. Jembatan yang hanya memiliki panjang 11 meter ini dibangun pada tahun 1600-an, jadi hampir semua bangunnya terlihat klasik.

Yang Unik dari tempat ini adalah tempat ini dianggap begitu sakral dan kramat untuk masalah percintaan. Konon untuk para pasangan kekasih akan mendapatkan cinta abadi dan kebahagiaan jika berciuman di gondola di bawah jembatan ini saat matahari terbenam. Semua itu pada dasarnya kembali ke pribadi masing-masing.

20. Jembatan Kanal Magdeburg

youtube.com

Jembatan kanal Magdeburg merupakan jembatan air terpanjang di dunia yang terletak di Hohenwarthe, Jerman. Jembatan yang membenatng di atas sungai Elbe ini di desain khusus agar dapat dilalui kapal yang melintas dari Elbe Havel menuju kanal Mittelland.

Jembatan kanal Magdeburg memegang rekor sebagai jembatan air terpanjang yang pernah ada, panjangnya sendiri mencapapai 918 meter. 690 meter terletak di atas tanah dan selebihnya membentang di atas sungai Elbe. Dan disisi kanan dan kiri jembatan ini dibangun juga jalan yang bisa digunakan pengguna sepada ataupun pejalan kaki.

21. Confederation Bridge

commons.wikimedia.org

Confederation Bridge merupakan jembatan yang terletak di Borden-Carleton, Kanada. Jembatan ini  menghubungkan Prince Edward Island dengan daratan New Brunkswick. Dan Jembatan ini termasuk kedalam salah satu jembatan terpanjang di dunia.

Dengan panjang 12.9 kilometer (8 mil), membuat jembatan ini menjadi salah satu objek wisata disana. Desain jembatan ini sendiri berbentuk melengkung dan sengaja di buat untuk menggantikan mode trransporatsi laut yang dibilang cukup menghabiskan waktu yang lama di perjalanan.

22. Helix Bridge

coxarchitecture.com.au

Jembatan Helix merupakan jembatan yang terletak di Downtown Core, Singapura. Jembatan sepanjang 280 meter ini menghubungkan antara Marina Bay ke Marina Center. Jembatan ini tergolong jembatan terindah di Dunia karena bentuk Arsitekturnya yang mirip dengan model DNA manusia.

Jembatan Helix ini dibuat dengan bahan utama stainless steel dan juga dilengkapi dengan canopi yang terbuat dari Fritted glass. Yang unik dari jembatan ini adalah adanya lampu-lampu yang membentuk huruf C dan G, juga huruf A dan T yang merupakan simbol dari DNA itu sendiri.

23. Rialto Bridge

traveldigg.com

Rialto Bridge merupakan jembatan yang terletak di Venesia, Italia. Jembatan ini merupakan jenis jembatan pelenkung yang memiliki panjang 48 meter dan pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 1588. Rialto Bridge sangat terkenal di Canal Grande, yang merupakan sungai utama di Venesia.

Diatas Jembatan Rialto Bridge dapat disaksikan pemandangan-pemandangan yang indah di Kanal Grande. Disana akan terlihat beberapa alat transportasi yang melintas seperti Vaporetti ataupun Gondola (sejenis perahu kayu yang dihias cantik). Tak heran jika banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

24. Jembatan Ampera

lemabang.wordpress.com

Jembatan Ampera masuk ke dalam daftar jembatan terindah di Dunia. Jembatan ini terletak di kota pempek, Palembang, Indonesia yang memiliki panjang 224 meter membentang di atas sungai Musi. Jembatan Ampera ini juga merupakan Icon dari kota Palembang.

Pada awal-awal setelah pembangun jembatan, badan Jembatan Ampera ini bisa terangkat naik ini bertujuan untuk memberikan akses kapal-kapal besar agar bisa melintas. Tapi setelah dianggap sudah tidak terlalu efisien jadi aktifitas naik turun badan jembatan sudah tidak diberlakukan lagi.

25. Jembatan Kapel

somethingsighted.blogspot.co.id

Jembatan Kapel merupakan Jembatan yang terletak di Luzern, Swiss. Jembatan sepanjang 204 meter ini mulai di bangun pada tahun 1333 dan termasuk jenis jembatan yang beratap. Disebelah jembatan ini terletak menara setinggi 43 meter yaitu menara Wasserturm.

Menara Wasserturm adalah sebuah menara air berbentuk segi delapan yang pada zaman dahulu berfungsi sebagai penjara dan ruang penyiksaan bagi tawanan. Jembatan ini sering sekali di kunjungi wisatawan karena memang jembatan ini memiliki sejarah yang tinggi.

26. Tsing Ma Bridge

thousandwonders.net

Tsing ma bridge merupakan jembatan yang terletak di Tsing Yi, Ma Wan, Hongkong. Jembatan sepanjang 2.160 meter ini mulai dibangun tahun 1992 dan dibuka secara resmi pada tanggal 22 mei 1997. Jenis Jembatan Tsing ma bridge adalah jembatan gantung. yang hebatnya lagi jembatan ini memiliki jalur khusus kereta api.

Nama Tsing Ma sendiri diambil dari dua nama wilayah yang menjadi perlintasan jembatan ini yaitu Tsing Yi dan Ma Wan. Jembatan ini akan terlihat lebih indah jika dilihat di malam hari. Sayangnya jembatan ini tidak bisa dilewati untuk pejalan kaki, karena memang diatas jembatan banyak sekali angin kencang yang sulit sekali dilewati manusia tanpa kendaraan tertutup.

27. Jembatan Eshima Ohashi

the-dailyjapan.com

Jembatan Eshima Ohashi merupakan jembatan yang terletak di kota Matsue dan Sakaimoto, Jepang. Jembatan sepanjang 1.700 m membentang di atas danau Nakaumi di Wilayah timur Jepang. Bentuk bangunan jembatan ini dibuat sangat tinggi bahkan tergolong esktrim.

Ini bertujuan agar-agar kapal-kapal yang melintasi danau dapat lewat. Karena dibuat sangat tinggi membuat tanjakan serta turunan di Jembatan ini menjadi sangat curam, bahakan banyak yang mengatakan jembatan ini dianggap lebih mirip  roller coaster.

28. Erasmus Bridge

mabrycampbell.wordpress.com

Erasmus Bridge merupakan jembatan yang terletak di Rotterdam, Belanda. Jembatan sepanjang 802 m ini dibangun pada tahun 1989 oleh seorang Arsitek bernama Ben van Berkel, Jembatan ini merupakan icon dari kota Rotterdam, yang secara resmi dibuka untuk umum pada tahun 1996 oleh Ratu Beatrix.

Jembatan Erasmus ini juga merupakan akses penghubung yang cukup penting antara wilayah Rotterdam Utara dan wilayah Rotterdam Selatan. Konon katanya Jembatan Erasmus ini adalah jembatan termegah di dunia dan juga jembatan ini sering dikenal dengan sebutan ‘sang Angsa’

29. Charles Bridge

en.wikipedia.org

Charles Bridge merupakan jembatan yang terletak di wilayah Praha, Republik Ceko. Jembatan sepanjang 516 m mulai dibangun pada tahun 1357. Jembatan Charles ini membentang diatas Sungai Vltava dan jembatan ini juga termasuk jenis jembatan melengkung.

Jembatan ini awalnya bernama Jembatan Batu atau Jembatan Praha, akan tetapi sejak tahun 1870 jembatan ini berganti nama menjadi Jembatan Charles. Salah satu tempat wisata favorit di Praha salah satunya ialah Jembatan ini. Bahkan Jemabatan ini menjadi tempat orang berselfie ria karena bentuknya yang begitu unik dan artistik.

30. Jembatan Tua (Stari Most)

dgaphotoshop.com

Stari Most (Jembatan Tua) merupakan jembatan yang terletak di wilayah Mostar, Bosnia dan Herzegowina. Jembatan sepanjang 30 m mulai dibangun kembali pada 7 Juni 2001 oleh seorang arsitektur yang bernama Mimar Sinan dan Mimar Hayruddin.

Jembatan ini juga dikenal dengan sebutan jembatan Mostar. Stari Most merupakan peninggalan Ottoman yang dibangun pada abad ke-16. Ini juga menjadi bukti bahwa Islam pernah berjaya di sana pada masa itu. Yang membuat unik jembatan ini adalah sering dijadikan orang-orang sekitar untuk lompat indah. Bahkan dijadikan kompetisi setiap tahunnya.

31. San Diego–Coronado Bridge

wordlesstech.com

San Diego–Coronado Bridge merupakan jembatan yang terletak di wilayah Coronado dan San Diego, Amerika Serikat. Jembatan sepanjang 3.407 m ini mulai dibangun pada  Februari 1967 dan resmi dibuka untuk umum pada 3 Agustus 1969.

Jembatan San Diego–Coronado ini membentang diatas teluk San Diego yang menghubungkan wilayah San Diego dengan wilayah Coronado. Keunikan dari jembatan ini adalah sering dijadikannya tempat untuk bunuh diri paling mematikan. Karena memang jembatan ini sangatlah tinggi.

32. Jembatan Verrazano-Narrows

Jembatan Verrazano-Narrows

pcwallart.com

Jembatan Verrazano-Narrows merupakan jembatan yang terletak di wilayah Pulau Staten, Brooklyn, Amerika Serikat. Jembatan yang memiliki  panjang 4.176 m ini mulai dibangun pada 13 Agustus 1959 dan secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 21 November 1964.

Jembatan Verrazano-Narrows termasuk kedalam jenis jembatan gantung yang menghubungkan borough Staten Island dengan Brooklyn. Dinamai dengan Verrazano, karena diambil dari nama seorang penjelajah dari Italia yaitu Giovanni da Verrazzano.

33. Jembatan Rantai Széchenyi

Jembatan Rantai Széchenyi

askideas.com

Jembatan Rantai Széchenyi termasuk dalam jembatan terindah di dunia. Jembatan ini terletak di wilayah Budapest, Hungaria. Dibangun oleh seorang arsitek yang bernama William Tierney Clark,  jembatan yang memiliki panjang 375 m ini pertama kali dibangun pada tahun 1840. Dan secara resmi dibuka untuk umum pada  20 November 1849.

Jembatan Rantai Széchenyi merupakan jembatan gantung yang membentang di atas sungai Donau yang menghubungkan Buda dengan Pest. Yang unik Jembatan Rantai Széchenyi ini ialah adanya sepasang patung kuda yang membuat jembatan ini lebih terlihat menarik.

34. Jembatan Bosporus

Jembatan Bosporus

pharoscontrols.com

Jembatan Bosporus merupakan jembatan gantung yang terletak di wilayah Istanbul, Turki. Jembatan sepanjang 1.560 m ini berada diatas Selat Bosporus yang merupakan penghubung antara 2 benua yaitu benua Asia dan Benua Eropa.

Jembatan Bosporus ini termasuk kedalam salah satu jembatan terindah di dunia. Karena hampir setiap tahun banyak turis-turis asing berkunjung ke Jembatan ini untuk melihat keindahan dan ke megahan jembatan ini. dan pula pemandangan sekitar Jembatan tidak kalah mengagumkan.

35. Bay Bridge

Bay Bridge

en.wikipedia.org

Bay Bridge merupakan jembatan yang terletak di wilayah San Fransisco, Amerika Serikat. Jembatan dengan panjang 7.180 m dibangun pada 9 Juli 1933 dan secara umum diresmikan pada 12 November 1936. Jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Amerika Serikat.

Bahkan yang paling membuat jembatan ini menarik ialah jembatan ini dinobatkan menjadi jembatan sebagai jembatan terluas di dunia oleh Guinness World Records. Jembatan ini Membentang di atas teluk San Fransisco yang menghubungkan wilayah San Fransisco dengan wilayah Oakland.

36.Nanpu Bridge

Nanpu Bridge

youtube.com

Nanpu Bridge merupakan jembatan unik dan termasuk juga salah satu jembatan terindah di dunia. Jembatan ini terletak di wilayah Huangpu Qu, China. Panjang Jembatan ini mencapai 8.346 m dan termasuk jembatan jenis Jembatan kabel pancang.

Yang menjadi keunikan dari jembatan ini adalah desainnya yang melingkar. Ini tidak lain agar ruang yang ada dapat digunakan secara efisien. Karena jika jembatan tidak dibuat melingkar dapat membuat jalan menjadi tanjakan serta turunan yang tajam.  Karena struktur melingkar ini juga membuat jembatan ini menjadi jembatan terindah di dunia.

37. Danyang–Kunshan Grand Bridge

Danyang–Kunshan Grand Bridge

wn.com

 Danyang–Kunshan Grand Bridge merupakan jembatan paling panjang se-dunia. Panjang Jembatan ini mencapai 64.800 m, pembangun awal jembatan ini dilakukan pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2010. Waktu yang sangat cepat mengingat jembatan ini memiliki panjang yang luar biasa.
Jembatan Danyang–Kunshan Grand ini terletak diatas sungai Yangtze yang menghubungkan wilayah Shanghai dan Nanjing. Hal yang wajar jika Jembatan ini dinobatkan oleh Guinness World Record sebagai jembatan terpanjang di dunia mengingat belum ada yang menandingi panjang jembatan tersebut.

38. Jembatan Gard

Jembatan Gard

locationscout.net

Jembatan terindah di dunia yang satu ini terletak di wilayah Languedoc-Roussillon, Perancis. Jembatan yang memiliki panjang  275 m ini merupakan jembatan penampungan air yang pembangunannya diprakasai oleh Agrippa pada masa Romawi sekitar abad ke-20 sm.

Jembatan ini terkenal karena keindahan serta kemegahannya. Bahkan karena kemegahannya, jembatan ini mendapatkan gelar sebagai peninggalan bersejarah di dunia oleh UNESCO. Pemandangan disekitar jembatan juga tidak kalah mengagumkan, tak heran banyak wisatawan-wisatawan yang berkunjung kesana.

39. Jembatan Vasco da Gama

Jembatan Vasco da Gama

ditegal.com

Jembatan Vasco da Gama  merupakan jembatan terpanjang di Eropa yang terletak di wilayah Lisbon, Portugal. Panjang Jembatan ini sendiri mencapai 12.345 m dan secara resmi dibuka pada 29 Maret 1998. Jembatan ini membentang di atas Sungai Tagus.

Yang membuat jembatan ini unik adalah jembatan yang dirancang dapat menahan kecepatan angin yang berkekuatan 249.5 km/jam. Kemudian tidak hanya itu, Kontruksi Jembatan ini diklaim dapat menahan gempa bumi 4 kali lebih kuat dari gempa bumi yang pernah dialami Lisbon.

40. Tianjin Grand Bridge

Tianjin Grand Bridge

stuffpoint.com

China memang terkenal dengan Jembatan-jembatan terpanjang. Begitu juga dengan Tianjin Grand Bridge, yang merupakan jembatan terpanjang kedua di Dunia. Jembatan ini memiliki panjang 113.700 m yang membentang antara wilayah Qingxian dengan wilayah Langfang.

Yang menjadikan jembatan ini unik ialah bagian tengah jembatan ini berada di atas permukaan laut. Dan yang membuat kita kagum adalah pembangunan jembatan ini hanya membutuhkan waktu 4 tahun sama seperti jembatan Danyang-Kunshan Grand.

41. Jembatan Suroboyo

Jembatan Suroboyo

tirto.id

Sesuai dengan namanya Jembatan Suroboyo ini terletak di wialayah Surabaya, Indonesia. Jembatan sepanjang 800 m ini merupakan salah satu jembatan terindah di Indonesia dan juga masuk ke dalam salah satu jembatan terindah di dunia. Jembatan Kenjeran, itu lah nama yang sering di ucapakan warga Surabaya karena letaknya di pantai Kenjeran pesisir Surabaya.

Jembatan Suroboyo ini juga dilengkapi dengan pemandangan air mancur ditengahnya. Inilah yang membuat jembatan ini makin menarik dan terlihat indah di malam hari. Aakn tetapi tidak setiap saat air mancurnya dapat dilihat, hanya waktu-waktu tertentu saja air mancurnya dihidupkan.

42. Jembatan George Washington

Jembatan George Washington

pinterest.com

Jembatan George Washington merupakan jembatan yang terletak di Wilayah Fort lee, Amerika Serikat. Jembatan sepanjang 1.451 m di bangun pada Oktober 1927 seorang arsitek yang bernama  Othmar Hermann Ammann. Dan secara resmi dibuka untuk umum pada  25 Oktober 1931.

Jembatan yang berjenis jembatan gantung ini terletak membentang di atas Sungai Hudson yang menghubungkan wilayah New York dengan wilayah Fort lee. Jembatan ini juga menjadi salah satu destinasi wisatawan, karena memang jembatan ini sangat bagus, terutama di malam hari.

43. Manchac Swamp Bridge

Manchac Swamp Bridge

ditegal.com

Manchac Swamp Bridge merupakan jembatan yang terletak di wilayah Lousiana, Amerika Serikat. Jembatan ini termasuk ke dalam tiga nama jembatan terpanjang di dunia. Panjang jembatan ini mencapai 36.693 m atau sekitar 36 kilometer sebuah ukuran yang sangat panjang untuk sebuah jembatan.

Jembatan Manchac Swamp ini dibangun karena sebagian besar wilayah Lousiana adalah wilayah perairan rawa. Jembatan ini juga menjadi salah satu Icon daerah Lousiana. Dan secara resmi dibuka untuk umum pada tahun 1975.

44. Runyang Bridge

Runyang Bridge

listotop.com

Runyang Bridge merupakan jembatan yang terletak di Provinsi Jiangsu, Cina. Jembatan sepanjang 35.660 m merupakan jenis jembatan gantung yang pembangunannya dimulai pada awal tahun 2000 dan secara resmi dibuka untuk umum pada 30 April 2005.

China memang tempatnya Jembatan terpanjang. Tak terkecuali Jembatan Runyang ini yang masuk dalam jejeran Jembatan terpanjang di Dunia. Dan juga jembatan Runyang ini adalah bagian dari jalan tol Beijing Sanghai.

45. Jembatan Puente Nuevo

Jembatan Puente Nuevo merupakan jembatan yang terletak di wilayah Ronda, Provinsi Malaga, Spanyol. Jembatan sepanjang 66 m berada di atas jurang yang mengusung Sungai Guadalevin yang membelah kota Ronda. Jembatan ini memiliki keindahan tersendiri karena letaknya yang cukup tinggi yaitu berada di ketinggian 98 m.

Namun di balik keindahan Jembatan ini, ada beberapa fakta yang perlu diketahui. Pertama, jembatan ini dimulai pada tahun 1751 dan dibutuhkan waktu selama 42 tahun untuk menyelesaikan jembatan ini. Kedua, ada ruang tersembunyi di bawah lengkungan jembatan ini, yang memiliki banyak fungsi, salah satunya sebagai penjara.

46. Iron Bridge

iron bridge

britainfromabove.org.uk

Iron Bridge merupakan jembatan yang terletak di wilayah Shropshire, Inggris. Jembatan ini merupakan jembatan tertua yang berada di negara Inggris. Walaupun panjang jembatan ini hanya 60 m, akan tetapi jembatan ini memiliki sejarah yang sangat tinggi. Bahkan UNESCO memberikan penghargaan kepada jembatan ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang masuk dalam kategori Grade I listed building.

Karena hal itu lah kenapa Jembatan ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan Mancanegara. Jembtan ini juga telah berusia ratusan tahun dan merupakan jembatan besi pertama di dunia dimana pada saat itu terjadi revolusi Industri.

47. Seri Wawasan Bridge

Seri Wawasan Bridge

saveandrelief.org

Jembatan unik satu ini bernama Seri Wawasan Bridge. Jembatan ini terletak di Kawasan Putrajaya, Malaysia. Jembatan sepanjang 240 m ini menghubungkan kompleks pemerintahan dengan kawasan pemukiman penduduk. Jembatan ini secara resmi dibuka pada tahun 2003.

Yang menjadikan jembatan ini unik ialah desainnya yang menggunkan satu tiang utama dan banyak kabel baja. Jembatan ini juga dilengkapi dengan gardu pandang untuk melihat pemanangan dari atas Jembatan. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun turis yang berkunjung ke jembatan ini.

48. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang

wisatashopingbatam.blogspot.com

Jembatan Barelang ini singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG. Nama-nama daerah yang terhubung oleh jembatan ini. Jembatan Brelang sendiri memiliki panjang 385 m yang pembangunannya sendiri selesai pada tahun 1997. Jembatan ini merupakan jenis jembatan melengkung.

Jembatan Barelang memiliki banyak nama, diantaranya ialah Jembatan Fisabilillah, Jembatan Habibie dan Jembatan satu. Namun yang nama yang sering dikenal ialah Jembatan Barelang. Jembatan ini juga menjadi salah satu ikon utama kota Batam.

49. The Benson Footbridge di Multnomah Falls

benson footbridge

JohnCarrOutdoors.com

Inilah jembatan terindah di Dunia. Jembatan ini berada di Multnomah Falls, salah satu air terjun tertinggi di negara bagian Oregon, Amerika Serikat. Walupun tergolong pendek hanya sekitar 14 m, tapi pemandangan sangat menajukbkan dan sangat memnajakan mata.

Jembatan ini tepat berada diantara kedua air terjun Multnomah, tepatnya 32 diatas air terjun bagian bawah. The Benson Footbridge aslinya jembatan ini bernama Simon Benson Bridge.

50. The Henderson Waves Bridge

jembatan terindah di dunia The Henderson Waves Bridge

ThousandWonders.com

Jembatan terindah di dunia yang satu ini terletak di Negara Singapura, tepatnya di Henderson road. Jembatan ini selain indah terkenal juga dengan keunikan bentuknya. Bentuknya yang kayakombak bergelombang menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatwan.

The Henderson Waves Bridge memiliki panjang sekitar 274 meter dan tinggi 60 meter di atas permukaan laut yang menghubungkan Mount Faber dengan Telok Blangah Hill Park. Jembatan ini dikhususkan untuk pejalan kaki. Dari atas jembatan ini juga dapat disaksikan pemandang-pemandangan sekitar yang sangat memenajakan mata. Tidak salah jika jembatan ini termasuk dalam jembatan terindah di dunia.

 

Leave a Reply