Penyebab Banjir beserta Pengertian & Dampak yang Diakibatkan

PENYEBAB BANJIR – Bencana Alam memang tidak dapat di prediksi, apalagi pada musim penghujan. Tentunya banjir akan menjadi bencana alam yang langganan pada saat musim hujan. Apalagi jika tinggal di wilayah yang rendah, sudah pasti kena imbas banjir. Simak yuk apa saja yang menjadi Penyebab terjadinya banjir, Agar kita bisa intropeksi dan mencegah terjadinya banjir.

Pengertian Banjir

flood wallpaper, banjir adalah

wallup.net

Banjir merupakan bagian dari bencana yang disebabkan oleh alam. Arti Banjir adalah peristiwa dimana hadirnya air yang berlebihan yang merendam daratan sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut.

Baca Juga Tentang Pengertian Bencana Alam

Macam-Macam Banjir

jenis-jenis banjir

buzzikuski.fi

Ada beberapa jenis banjir yang mana kesesemuanya itu disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah sebagai berikut ini;

1. Banjir Air

Banjir air adalah banjir yang umum terjadi. Banjir air disebabkan oleh meluapnya air yang ada di sungai, danau, atau pun di saluran pembuangan air. Inilah yang mengakibatkan air menjadi naik menggenangi dan menutupi daratan. Kebanyakan banjir air ini disebabkan dari hujan yang terus-menerus sehingga mengakibatkan sungai, danau atau selokan meluap dan tidak dapat menampung air.

2. Banjir Bandang

Banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba-tiba serta mengangkut air dan lumpur. Banjir bandang ini tergolong bahaya karena bisa menghayutkan apapun serta memiliki daya rusaknya cukup tinggi. Banjir bandang ini sering terjadi di wilayah yang dekat dengan pegunungan. Yang mana tanah pegunungan seakan-akan longsor karena air hujan dan ikut terbawa air menuju daratan yang rendah. Banjir bandang ini juga sering menghayutkan pohon-pohon atau batu-batuan berukuran cukup besar yang bisa merusak rumah-rumah warga yang berada di sekitarnya

3. Banjir Lumpur

Banjir lumpur adalah banjir yang mengandung lumpur yang keluar dari perut bumi sehingga mengenangi daratan. Banjir Lumpur ini hampir sama dengan banjir bandang karena sama-sama membawa material lumpur, yang membedakan ialah lumpur nya yang mengandung bahan dan gas kimia berbahaya.

4. Banjir Rop (Laut Pasang)

Banjir rop adalah banjir yang dikarenaka pasangnay air laut. Banjir rop biasanya terjadi di daerah yang berada di dekat pantai. Air laut yang pasang biasanya akan menahan aliran air sungai yang sudah penuh menumpuk, yang akhirnya air tersebut menjebol tanggul serta menggenangi daratan.

5. Banjir Lahar

Banjir lahar adalah banjir yang disebabkan oleh aliran lahar gunung berapi yang masih aktif pada saat meletus atau erupsi. Dari proses erupsi itulah, gunung mengeluarkan material berupa lahar dingin yang mengalir ke lingkunganyang ada di sekitarnya.Banjir lahar ini juga berdampak pada pendangkalan air pada sungai atau danau karena material yang dibawa tadi.

6. Banjir Cileunang

Banjir Cileunang adalah banjir yang hampir sama dengan banjir air, akan tetapi penyebab banjir ini adalah curah hujan yang sangat deras disertai dengan debit air yang sangat banyak. Banjir cileunang ini terjadi begitu cepat disebabkan hujan yang sangat deras, sehingga dalam waktu yang sangat cepat, banjir cileunang dapat tiba-tiba terjadi.

Penyebab Banjir

Penyebab terjadinya Banjir

medium.com

Ada banyak hal yang menjadi Penyebab Terjadinya Banjir, diantaranya adalah:

1. Penggundulan Hutan

Penebangan hutan yang dilakukansecara liar sehingga menjadikan hutan gundul adalah salah satu penyebab terjadinya banjir. Hal tersebut disebabkan, karena hilangnya fungsi akar pohon dalam menyerap air. Oleh karena itu, jika pohon-pohon yang ada sudah banyak yang hilang maka kemungkinan untuk banjir akan sangat besar terlebih ketika curah hujan yang sangat deras.

2. Buang Sampah Sembarangan

Penyebab banjir yang berikutnya adalah penyebab yang sduah banyak khalayak umum ketahui, yaitu membuang sampah sembarangan. Membuang sampah sembarangan apalagi membuangnnya dialiran sungai atau pun pada aliran air lainnya bisa mengakibatkan kan tersubatnya air, hal ini lah yang nantinya menyebabkan air menjadi meluap serta menyebabkan terjadinya banjir.

3. Pembangunan Pemukiman di Dekat Sungai atau Aliran Air

Pembanguanan Pemukiman yang berada di bantaran sungai tentunya berakibat pada pendangkalan sungai. Pendangkalan di sungai ini terjadi disebabkan oleh kebiasaan membuang sampah sembarangan ke sungai. Selain itu juga kondisi tanah bangunan bisa saja longsor/ambles dan kemudian menutup sisi sungai. Sehingga sungai menjadi menyempit dan menjadi rawan banjir.

4. Dataran Rendah

Daerah-daerah yang berada pada dataran rendah rentan sekali banjir, kenapa rentan? Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa luapan air yang mengalir dari tempat yang tinggi tentunya kan mengalir ke tempat yang rendah, inilah yang mengkibatkan beresiko terkena banjir.

5. Intensitas Hujan yang Tinggi

Cuaca merupakan faktor penyebab terjadinya banjir. Contohnya saja curah hujan sangat tinggi serta terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama tentunya sangat beriso dalam terjadi banjir. Terlebih lagi jika hujan tersebut berada di daerah dataran rendah.

6. Drainase yang Buruk

Pembangunan Drainase yang buruk, yang dibuat tanpa memperhatikan AMDAL merupakan penyebab banjir. Kemudian juga banyak daerah hutan ataupun rawa yang mana dapat berfungsi untuk mengurangi atau mencegah banjir, akan tetapi malah dialihgunakan untuk pembangunan gedung ayau bangunan lainnya sehingga akan mudah beresiko terjadinya banjir.

7. Bendungan yang Jebol

Bendungan yang jebol menjadi salah satu penyebab banjir bandang. Bendungan yang jebol juga tentuna merupakan wujud dari sekitar lingkungan kurang terawat dan kelestariannya sudah mulai rusak. Tentunya dengan kondisi yang seperti itu menjadukan bendungan rawan untuk jebol yang berimbas terjadinya banjir bandang.

8. Sistem Pengelolaan Tata Ruang yang Salah

Penyebab banjir yang berikut ini bisa mengakibatkan air sulit untuk diserap dan alirannya menjadi lambat. Di lain hal, air yang datang ke daerah tersebut jumlahnya lebih banyak dari yang biasanya dialirkan sehingga bisa menjadikan dengan cepat terjadi banjir.

9. Bencana Alam Tsunami

Tsunami Merupakan banjir air laut yang begitu besar. Tsunami ini menjadi penyebab banjir yang sangat merugikan. Tsunami terjadi disebabkan adanya pergeseran lapisan lempeng bumi. Gelombang tsunami yang tinggi inilah yang dapat mengakibatkan dengan mudah nya menyapu wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya sehingga berdampak menimbulkan banyak kerugian serta korban jiwa.

10. Tanah yang Sudah Tidak dapat Menyerap Air

Banyak faktor yang mengakibatkan mengapa Tanah tidak dapat menyerap air, salah satu penyebabnya adalah karena tanah tersebut sudah tidak ditemukannya lahan yang hijau ataupun lahan kosong. Inilah yang menjadikan air tidak langsung terserap ke dalam tanah melainkan langsung masuk menuju ke sungai, danau, selokan, atau saluran air yang lainnya. Sudah pasti, Air yang dalam jumlah banyak jika sudah tidak bisa tertampung dapat menjadi menggenang dan ini lah yang nantinya menyebabkan banjir.

Akibat Banjir

dampak banjir

detektifswasta.com

Ada banyak sekali dampak negatif dari banjir, diantaranya adalah;

1. Timbulnya serta bertebarannya bibit-bibit penyakit.
2. Kerugian material berupa Kehilangan harta benda.
3. Merusak lahan Pertanian, ladang ataupun tanaman yang sedianya siap untuk dipanen
4. Dapat Menimbulkan banyak korban, jika banjir tergolong banjir yang besar.
5. Fasilitas umum serta sarana prasarana yang menjadi rusak.
6. Air besrih menjadi langka, karena air yang ada sebelumnya sudah terkontaminasi dengan air banjir.
7. Tumbuhan-tumbuhan yang lama terendam banjir akan mati.
8. Untuk Dampak dalam jangka waktu yang panjang, dapat menurunkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.
9. Recovery atau pemulihan kembali daerah yang terkena bencana banjir membutuhkan waktu yang lama.
10. Untuk membangun atau memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak akibat banjir dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.
11. Belum lagi akan Terjadi kenaikan harga bahan-bahan pokok, hal ini karena bahan-bahan tersebut menjadi langka

Dampak Negatif Banjir

gambar bencana alam

rovicky.files.wordpress.com

Setidaknya ada dua Dampak negatif dari bencana alam banjir ini, diantaranya adalah;

1. Dampak primer

Dampak primer ini adalah dampak yang menjadi begitu krusial berupa Kerusakan fisik, seperti merusak berbagai jenis struktur dan sarana prasarana, termasuk bangunan, jembatan, mobil, sistem drainase bawah tanah, jalan raya, dan kanal.

2. Dampak sekunder

Kemudian dampak sekunder, yaitu dampak turunan dari dampak premier berupa terpengaruhnya Persediaan air yang menjadi langka karena sudah terkontaminasi dengan air banjir. Selain itu dengan kondisi yang tidak higienis, banjir juga memberikan dampak berupa Penyebaran penyakit yang dibawa air banjir.

Serta menjadikan Kelangkaan dalam hasil pertanian dikarenakan oleh kegagalan panen. Ada juga spesies yang mati karena karena tidak sanggup atau tidak bisa bernapas. Dan yang terakhir adalah moda Transportasi menjadi sulit, dikarenakan hancur aytupun lumpuh. Ini juga yang menjadikan sulit untuk mengirimkan bantuan darurat kepada orang-orang yang membutuhkan.

Keuntungan atau Dampak positif dari banjir

keuntungan dari banjir

tweez.net

Tidak semuanya bencana banjir selalu berdampak negatif, tetapi banjir juga bisa memberikan dampak positif. Contohnya saja Banjir (khusus banjir kecil/ banjir rutinan) dapat mengisi kembali air tanah serta menyuburkan dan memberi nutrisi untuk tanah. Air banjir juga dijadikan sebgai penyedia air yang cukup untuk kawasan kering dan semi kering yang memilii curah hujan yang tak menentu sepanjang tahun.

Selain itu Air banjir tawar memiliki peran yang penting di dalam menyeimbangkan ekosistem sungai dan juga merupakan faktor utama dalam penyeimbangan keragaman makhluk hidup di dataran banjir. Banjir juga sebagai penambah nutrisi pada danau dan sungai yang nantinya dapat industri perikanan untuk tahun-tahun mendatang.

kemudian itu juga banjir berguna sekali bagi Ikan, contohnya saja ikan cuaca yang memanfaatkan banjir untuk berenang mencari habitat baru. Dan yang terakhir adanya banjir memberikan manfaat bagi burung yang mendapatkan pangan yang banyak setelah banjir surut.

Foto dan Gambar Bencana Alam Banjir (HD)

gambar bencana banjir

newimageshd.com

flood wallpaper

newimageshd.com

flood wallpaper

wallpapers-web.com

flood wallpaper

zastavki.com

flood wallpaper

wallpaperswide.com

flood wallpaper

hdwall.us

flood wallpaper

meh.ro

flood wallpaper

allswalls.com

Demikianlah pembahasan tentang pengertian banjir, penyebab banjir serta akibat yang ditimbulkan dari banjir. Semoga Artikel Banjir ini dapat memberikan manfaat bagi yang membaca. Jangan lupa untuk shere, agar dapat menularkan manfaatnya kepada yang lain. Terimakasih.

Leave a Reply