gambar bencan alam

Macam-macam Contoh Gambar Bencana Alam di Indonesia

GAMBAR BENCANA ALAM – Bencana Alam merupakan sebuah persitiwa yang tidak bisa diprediksi. Tapi tahukah kita? jika kebanyakan bencana-bencana yang terjadi sekarang-sekarang ini tidak hanya murni disebabkan alam, tetapi manusia sendiri juga berperan terhadap terjadinya bencana alam. Berikut ini foto atau gambar bencana alam yang sering atau pernah terjadi di negeri kita ini (Indonesia).

Pengertian Bencana alam

gambar bencana alam
ValueWalk.com

Definisi Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam serta mengganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam, faktor nonalam atau faktor manusia. Yang nantinya juga dapat mengakibatkan adanya korban jiwa manusia, kerugian harta benda, kerusakan lingkungan, dan juga dampak psikologis.

Sedangkan Arti Bencana alam adalah bencana yang disebabkan oleh alam yang dapat merusak ataupun mengancam kehidupan manusia. Contoh dari bencana Alam ini adalah banjir, gempa bumi, gelombang tsunami, gunung meletus, kekeringan, angin topan, tanah longsor dan lain sebagainya.

Selain bencana Alam ada juga yang namanya bencana non alam dan bencana sosial. Bencana non alam adalah bencana yang disebabkan karena faktor non alam yang dapat merusak atau mengancam kehidupan manusia. Contoh dari bencana non alam adalah berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, wabah penyakit, dan epidemi.

Bencana sosial adalah bencana yang disebabkan oleh manusia yang meliputi konflik sosial antar kelompok atau antar komunitas masyarakat, serta teror.

Macam-Macam Gambar Bencana Alam Di Indonesia

Berikut ini contoh bencana alam yang pernahdan bahkan ada beberapa yang sering juga terjadi di Indonesia.

  1. Gempa Bumi

gambar bencana alam
blog.act.id

Bencana alam Gempa bumi adalah bencana alam yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, aktivitas gunung api, patahan aktif, atau runtuhan batu yang mengakibatkan adanya getaran atau guncangan pada permukaan bumi. Gempa bumi ini berdampak juga pada kerusakan-kerusakan dan hancurnya bangunan sehingga dapat meimbulkan korban jiwa.

  1. Letusan Gunung Api

gunung berapi
nature-volcano-tours.com

Bencana alam gunung meletus  adalah bagian dari aktivitas vulkanik yang dikenal juga dengan istilah erupsi. Jika ditinjau dari jenis muntahan/produk yang dikeluarkan, Setiap gunung yang berapi mempunyai karakteristik tersendiri. Akan tetapi semua itu jelas tetap dapat membawa bencana bagi kehidupan bahkan dapat merusak dan mematikan. Bahaya letusan gunung berapi ini dapat berupa awan panas, hujan abu yangblebat, lontaran material (pijar), gas beracun, banjir lahar atau tsunami.

  1. Tsunami

gambar bencan alam
ayogitabisa.com

Bencana alam Tsunami  adalah serangkaian gelombang ombak laut dengan periode panjang yang disebabkan oleh gangguan implusif dari dasar laut. Gangguan implusif ini bisa berupa pergeseran didasar laut seperti gempa bumi tektonik, longsoran, ataupun erupsi vulkanik.

  1. Tanah Longsor

gambar bencana alam
sarhidayatullah.com

Bencana alam Tanah longsor adalah salah satu jenis gerakan massa tanah atau batuan, ataupun percampuran keduanya, menuruni atau keluar lereng akibat terganggunya kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng.

  1. Banjir

gambar bencana alam
rovicky.files.wordpress.com

Bencana alam Banjir adalah peristiwa atau keadaan dimana suatu daerah terendam atau tergenang oleh air dalam jumlah yang begitu besar disebabkan karena volume air yang meningkat.

  1. Banjir Bandang

gamabar bencana alam banjir
youtube.com

Bencana alam Banjir bandang  adalah banjir yang datang dengan tiba-tiba disertai debit air yang besar yang penyebabnya adalah terbendungnya aliran sungai atau penggundulan disekitar sungai, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada rumah-rumah dan menimbulkan korban jiwa.

  1. Kekeringan

gambar Bencana alam Kekeringan
beritadaerah.co.id

Bencana alam Kekeringan  adalah peristiwa dimana ketersediaan air yanga ada jauh di bawah ketersediaan air yang dibutuhkan. Sperti untuk kebutuhan sehari-hari, irigasi dalam pertanian, kegiatan ekonomi dan lingkungan. Sedangkan yang dimaksud dengan kekeringan pada pertanian adalah kekeringan yang terjadi pada lahan pertanian yang terdapat tanaman yang sedang dibudidayakan, seperti padi, jagung, sayuran dan lain sebagainya.

  1. Kebakaran

gambar bencana alam Kebakaran
airportrescuesim.files.wordpress.com

Kebakaran  adalah keadaan dimana suatu tempat atau bangunan atau lahan dilanda api yang mana dapat mengakibatkan adanya korban jiwa atupun kerugian.

  1. Kebakaran Hutan Dan Lahan

bencana kebakaran hutan
orangdalam.com

Kebakaran hutan dan lahan adalah suatu keadaan atau peristiwa di mana hutan dan lahan dilanda api, sehingga menimbulkan kerusakan hutan dan lahan yang yang berdampak pada kerugian ekonomis serta nilai lingkungan. Kebakaran hutan dan lahan kerap kali menjadi penyebab adanya bencana asap yang bisa mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat yang ada di sekitar.

  1. Angin Puting Beliung

gambar bencana alam
emaze.com

Bencana alam Angin puting beliung  adalah angin yang bertiup dengan kencang dan berkecepatan 40-50 km/jam yang bergerak melingkar seperti sprila serta berpusat yang datangnya secara tiba-tiba hingga menyentuh permukaan bumi. Angin ini berlangsung singkat akan tetapi membawa dampak kerugian yang begitu besar pada bangunan-bangunan yang ada.

  1. Gelombang Pasang Atau Badai

gambar bencana alam
saibumi.com

Bencana alam Gelombang pasang atau badai  adalah gelombang air laut yang tinggi dan melebihi batas normal yang disebabkan karena adanya angin kencang, perubahan cuaca yang cepat, atau karena pengaruh dari gravitasi bulan dan matahari. Kecepatan dari gelombang pasang ini adalah sekitar 10-100 km/jam. Sehinnga dapat memberikan dampak buruk bagi kapal-kapal yang sedang berlayar dan juga berdampak buruk pada daerah-daerah yang berada di wilayah pinggir pantai.

  1. Abrasi

Bencana alam Abrasi
beritadaerah.co.id

Bencana alam Abrasi  adalah proses pengikisan pantai yang disebabkan oleh tenaga gelombang laut serta arus laut yang dapat mengakibatkan kerusakan. Abrasi sering disebut juga dengan erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi disebabkan oleh terganggunya keseimbangan alam yang ada di daerah pantai itu. Akan tetapi tidak semua abrasi disebabkan oleh gejala alami, sekarang ini abrasi  sering disebabkan oleh manusia itu sendiri.

Contoh Bencana Non-Alam Dan Bencana Sosial

Contoh Bencana Non-Alam Dan Bencana Sosial
voa-islam.com

Setelah tadi dijelaskan tentang gambar bencana alam, berikut ini contoh bencana non alam dan atau bencana sosial

  1. Kecelakaan transportasi

bencana non alam
cdns.klimg.com

Kecelakaan transportasi  adalah kecelakaan yang disebabkan/melibatakan alat moda transportasi, baik itu yang terjadi di darat, laut atupun di udara.

  1. Kecelakaan industri

bencana non sosial
nlenkel.ownit.nu

Kecelakaan industri  adalah kecelakaan yang disebabkan oleh dua faktor, yaitu perilaku kerja yang membahayakan (unsafe human act) atau kondisi yang berbahaya (unsafe conditions). Adapun jenis kecelakaan ini tergantung pada macam industrinya, contohnya pada bahan dan peralatan kerja yang dipergunakan, kondisi tempat kerja, proses kerja, bahkan pekerja yang terlibat di dalamnya.

  1. Kejadian Luar Biasa (KLB)

gambar bencana non alam
okezone.com

Kejadian Luar Biasa (KLB) adalah peristiwa dimana timbulnya/meningkatnya kejadian kesakitan atau kematian secara epidemiologis pada suatu daerah tertentu dan dalam kurun waktu tertentu.

  1. Kerusuhan Sosial atau Konflik Sosial atau Huru Hara

bencana sosial
assets.rappler.com

Konflik Sosial atau kerusuhan sosial atau huru hara  adalah suatu kondisi dimana terjadi huru-hara atau kerusuhan atau perang atau keadaan tidak aman bagi suatu daerah tertentu yang melibatakan masyarakat, suku atau oraganisasi tertentu. Yang sifatnya merusak tatanan dan tata tertib sosial yang ada, yang disebabkan adanya kecemburuan sosial, budaya dan ekonomi yang biasanya menjadi pertentangan antar suku, agama, ras (SARA).

  1. Aksi Teror

bencana sosial
beritahati.com

Aksi Teror  adalah semua tindakan yang menyebabkan keresahan masayarakat, merusak bangunan, mengancam ataupun membahayakan jiwa. sehingga dapat menimbulkan suasana teror dan rasa takut bagi orang secara luas bahkan dapat menimbulkan korban yang bersifat masal.

  1. Sabotase

bencana sosial
Remolacha.com

Sabotase adalah tindakan yang dilakukan untuk melemahkan musuh melalui subversi, pengacauan , penghambatan atau penghancuran. Dalam dunia perang, istilah ini dipakai untuk mendiskripsikan aktivitas individu atau grup yang tidak berhubungan dengan militer, tetapi dengan spionase. Sabotase dapat dilakukan terhadap beberapa sruktur penting, seperti infrastruktur, struktur ekonomi, dan lain-lain.

Itulah tadi foto atau gambar bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia. Semoga dengan kita melihat kondisi di atas dapat menambah kesadaran kita terhadap bencan alam sehingga kita dapat mengantisipasinya. Jangan lupa shere kepada yang lain. Terimaksih.

Baca Juga tentang penanganan bencana Alam

1 thought on “Macam-macam Contoh Gambar Bencana Alam di Indonesia

Leave a Comment