10 Hewan Terkuat di Dunia yang Pernah Ada

Apa hewan terkuat di dunia? Jawabannya pun beragam, ada yang menjawab Gajah karena tubuhnya yang besar, ada yang jawab Singa karena memiliki kekuatan dan kecepatan yang hebat. Semua jawaban tidak lah salah, akan tetapi jika kita memperhatikan juga hewan-hewan yang lebih kecil, ternyata banyak juga yang tergolong hewan kuat.

Bahkan jika ukurannya disamakan dengan hewan yang lebih besar seperti gajah, pastilah kekuatan mereka melebihi hewan tersebut. Contohnya saja Kumbang badak yang mampu membawa beban 850 kali dari berat tubuhnya. Penasaran apa-apa saja hewan terkuat di dunia yang pernah ada?

Inilah Nama Hewan Terkuat di Dunia yang Jarang Diketahui Banyak Orang

10. Burung Elang

elang HEWAN TERKUAT DI DUNIA

pixabay.com

Elang termasuk ke dalam golongan hewan terkuat di dunia, elang juga menjadi hewan yang menempati urutan pertama terkuat di udara. Karena elang memiliki kekuatan sangat baik untuk mengangkat beban yang melebihi berat badannya.

Dengan menggunakan kaki yang begitu kuat, paruh yang dahsyat, serta cakar yang sangat tajam.
Membuat elang dapat mengangkat terbang mangsanya keatas yang beratnya dapat mencapai empat kali lipat berat badan elang itu sendiri.

Elang dikenal dapat memburu kelinci, ayam, bahkan tidak jarang elang juga berburu rubah ataupun anak rusa yang ukurannya lebih besar dari ukuran tubuh elang. Dalam kehidupan sehari-hari elang sering dijadikan simbol kekukasaan, kebebasan, kekuatan serta simbol kemenangan.

Setidaknya ada 60 spesies elang tersebar di seluruh dunia. Dengan menggunakan sayap yang lebar dan sangat kuat, elang dapat terbang hingga mencapai ketinggian 10.000 samapi 15.000 kaki. Elang juga dapat terbang lebih lama bahkan dapat terbang berjam-jam tanpa istirahat.

Dan yang unik dari burung elang ini ialah dia dapat terbang dalam cuaca yang berbadai. Dengan mengandalkan kekuatan angin elang dapat terbang lebih tinggi lagi. Ini membuat hewan yang menjadi mangsa tidak mengetahui keberadaan si elang. Elang memiliki mata yang sangat tajam, sehingga mereka dapat dengan mudah melihat mangsa dari keajuhan.

9. Ular Anaconda

anaconda HEWAN TERKUAT DI DUNIA

pixabay.com

Setidaknya ada empat jenis Ular Anaconda yang hidup di Dunia, diantaranya ialah Green Anaconda,Yellow Anaconda, Darkyspotted Anaconda dan Bolivia Anaconda. Yang paling banyak dikenal orang-orang di Dunia adalah Green Anaconda, karena memiliki tubuh yang besar dan bobot yang sangat berat.

Bahkan Green Anaconda ini dapat tumbuh dengan panjang 9 meter lebih dan berat mencapai 227 kg. Ular Anaconda termasuk kedalam ular-ular yang tidak berbisa. Walaupun tidak berbisa, Ular Anaconda dapat memangsa buruannya dengan mengandalkan tubuhnya yang kuat kemudian melilit serta memeras mangsanya dengan sangat kuat hingga mati.

Setelah mangsanya tidak berdaya, Ular Anaconda menelan mangsanya secara keseluruhan. Ular Anaconda tidak memperdulikan ukuran mangsanya, bahkan kita sering lihat Ular Anaconda memangsa hewan yang lebih besar darinya seperti Babi, Kambing, hingga kerbau.

8. Beruang Grizzly

beruang HEWAN TERKUAT DI DUNIA

pixabay.com

Hewan Terkuat di Dunia yang selanjutnya ialah beruang Grizzly. Hewan ini terkenal memiliki tubuh yang besar dan kekuatan yang mematikan. Biasanya Beruang Grizzly ini dapat ditemukan di daerah Kanada ataupun di daerah Barat Laut Amerika Serikat.

Tinggi Beruang Grizzly ini dapat mencapai 2.5 meter dan berat tubuhnya bisa melebihi 350 kg. Dengan tubuh yang besar, otot yang kuat serta cakar yang tajam, Beruang Grizzly mampu memburu mangsanya dengan cepat. Bahkan Beruang Grizzly ini dengan kekuatan giginya yang super tajam dan kuat dapat menggigit dan menghancurkan benda yang lebih keras, seperti bola bowling.

Tingkat sensitifitas Beruang Grizzly sangat lah tinggi. Jadi Beruang Grizzly akan menyerang siapa saja yang sekiranya dianggap sebagai sebuah ancaman. Bahkan, saking kuatnya Beruang Grizzly, ia dapat mengalahkan hewan apapun yang menjadi musuhnya. Satu yang perlu diketahui dari Beruang Grizzly ini ialah dia akan sangat marah sekali jika anaknya diganggu ataupun diserang.

7. lembu

lembu HEWAN TERKUAT DI DUNIA

pixabay.com

Lembu termasuk salah satu mamalia terkuat. ukurannya yang besar serta memiliki kekuatan yang lebih menajadikan hewan ini menjadi hewan terkuat di dunia. Lembu biasanya digunakan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia.

Seperti membajak sawah, membawa barang-barang dan lain sebagainya. Dan ini sudah dilakukan sejak 4000 SM. Lembu yang digunkan umumunya berjenis laki-laki, karena terkenal dengan kekuatannya. Bahkan dengan kekuatannya, Lembu dapat membawa beban hingga 800 kg.

Selain untuk ternak, lembu biasanya digunakan untuk membajak sawah ataupun manarik gerobak. Terlepas dari pembawanya yang lambat, Lembu ini dapat membawa beban yang berat untuk jangka waktu yang lama daripada hewan-hewan yang lainnya seperti kuda dan sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari, Lembu sering dijadikan simbol kekuatan, stabilitas serta tekad yang kuat. Karena memang lembu ini terkenal memiliki sifat yang kalem dan tenang.

6. Harimau

Harimau HEWAN TERKUAT DI DUNIA

pixabay.com

Harimau adalah hewan yang terbesar dan terkuat dari semua spesies kucing. Mereka tinggal di Hutan Hujan tropis, padang rumput, hingga di rawa-rawa, Kebanyakan mereka tinggal di daerah Asia bagian Tenggara. Setidaknya ada 10 jenis hariamau yang tersebar di seluruh dunia.

Diantaranya yang terkenal memiliki tubuh yang besar adalah harimau Siberia. Seekor Harimau Siberia dewasa ukuran tubuhnya dapat mencapai 2 meter lebih dan bobot badannya bisa sampai 306 kg. Harimau memiliki rahang yang sangat kuat serta gigi yang banyak.

Taringnya saja bisa mencapai panjang 10 cm yang digunakan untuk memburu mangsa serta merobek daging. Harimau juga merupakan pemangsa yang kuat dan sangat berbahaya, bahkan dia dapat membawa mangsa yang ukurannya dua kali lebih berat dari tubuhnya sendiri.

5. Gorilla

Gorilla HEWAN TERKUAT DI DUNIA

pixabay.com

Gorilla merupakan Hewan primata terbesar di Dunia. Gorilla juga diketahui memiliki kekuatan yang luar biasa, sampai-sampai pernah dijadikan sebuah film. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 1.75 meter dan bobot badannya sampai 200 kg.

Gorilla juga memiliki lengan yang terkenal dengan otot yang kuat. Bahkan Jika tangan Gorilla dewasa direntangkan lebarnya bisa mencapai 2.2 sampai 2.6 meter. Saking kuatanya, Gorilla dapat membawa beban hingga mencapai 2 ton yang mana beban tersebut 10 kali lebih berat dari berat badan gorilla itu sendiri.

Gorilla sendiri memiliki kaki yang unik, yang mana selain dapat digunakan untuk berayun atau memanjat di pohon. Kaki beruang dapat juga berfungsi sebagai penyeimbang badan mereka, jadi tidak heran jika kita melihat Gorilla dapat berjalan tegap seperti manusia, ya walaupun tidak untuk waktu yang lama.

Satu lagi yang perlu diketahui dari gorilla ialah seekor gorilla dewasa jantan dapat memiliki kekuatan 20 kali lipat dari kekuatan manusia pada umumnya.

4. Gajah Afrika

gajah, hewan terkuat di dunia

pixabay.com

Hewan terkuat di dunia yang berikut ini tidak asing ditelinga kita, ya gajah. Gajah merupakan hewan darat terbesar yang hidup di Dunia sekarang ini. Terutama Gajah Afrika yang terkenal dengan ukuran yang besar, bahkan Gajah Afrika ini menjadi mamalia yang paling besar dari semua mamalia yang ada di seluruh Dunia.

Gajah Afrika lebih besar dan lebih kuat dari gajah-gajah yang ada di Asia. Tinggi seekor Gajah Afrika dapat mencapai 3 meter lebih dan berat badannya sampai 7 ton. Dengan postur tubuh yang seperti itu Gajah Afrika dapat membawat beban seberat 9 ton.

Selain terkenal dengan tubuh yang besar dan kuat, Gajah Afrika ini memiliki telinga yang lebih besar dari gajah-gajah yang ada di Asia. Dan juga Gajah Afrika ini memiliki taring yang panjang, yang mana panjangnya bisa mnecapai 2.5 meter serta berat mencapai 45 kg. Sesuatu yang luar biasa bukan.

Umumnya taring-taring itu mereka gunakan untuk menggali, mempertahankan diri dari segala ancaman, dan biasanya digunakan untuk bertarung dengan gajah-gajah yang lainnya.

3. Semut Leafcutter

Dung Beetle, hewan terkuat di dunia

simple.wikipedia.org

Hewan kecil yang satu ini termasuk juga hewan yang terkuat di dunia. Karena apa? karena Semut Leafcutter dapat membawa beban yang beratnya 50 kali lebih berat daripada berat badannya sendiri. Semut Leafcutter juga dapat menempuh jarak yang luar biasa jauh sambil membawa barang begitu berat.

Berbekal rahang yang sangat kuat, mereka membawa potongan-potongan daun yang besar ke sarang mereka.
Meskipun Semut Leafcutter memiliki ukuran yang sangat kecil dibanding hewan terkuat di dunia yang lainnya, tapi mereka memiliki tenaga yang lebih besar dibanding hewan-hewan tersebut.

Semut Leafcutter dapat memotong daun lebih cepat dikarenakan mereka dapat menggerakan rahang mereka dengan kecepatan 1000 kali perdetik. Jadi tidak heran jika mereka memiliki kekutan yang besar untuk memotong dan memindahkan benda yang lebih besar.

Karena keunikannya dalam membawa potongan daun yang menyerupai seseorang yang membawa payung, semut ini juga sering dijuluki dengan ‘payung semut’. Walaupun hewan ini sering memotong dan membawa potongan daun, tapi mereka tidak memakan daun.

Potongan-potongan daun tersebut mereka jadikan pupuk untuk menumbuhkan jamur. Biasanya Semut Leafcutter hidup berkoloni hingga berjuta-juta. Sehingga terkadang dianggap menjadi hama dalam pertanian. Karena Semut Leafcutter dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman.

2. Kumbang Badak

Kumbang badak, Hewan Terkuat di dunia

pixabay.com

Dengan mempertimbangkan berat badan dengan berat beban yang dibawa. Dapat dikatakan Kumbang Badak adalah hewan terkuat di dunia yang menempati urutan kedua. Kumbang Badak dapat membawa beban yang 850 kali lebih berat dibanding berat badannya sendiri, hal ini sama saja seperti manusia membawa beban seberat 65 ton.

Kumbang Badak merupakan spesies kumbang terbesar di dunia, ukuran mereka bisa mencapai 15 cm. Kenapa hewan ini dinamakan Kumbang Badak tidak lain karena mereka memiliki tanduk atau cula yang seperti badak. Tanduk badak yang kuat ini berfungsi sebagai alat perlindungan diri untuk melawan musuh dan juga untuk bekelahi dengan kumbang badak jantan lainnya untuk memperebutkan kumbang badak betina.

1. Dung Beetle

hewan terkuat sepanjang masa

pixabay.com

Dung Beetle atau yang lebih sering dikenal dengan Kumbang kotoran adalah sejenis serangga yang memakan kotoran dari hewan-hewan lain bahkan kotoran tersebut dijadikan tempat tinggal mereka. Biasanya ukuran Dung Beetle ini bisa mencapai 6 cm.

Dung Beetle merupakan hewan terkuat di dunia yang menduduki peringkat pertama. Karena Dung Beetle dapat mengangkat beban yang beratnya 1141 kali lipat dari berat Dung Beetle itu sendiri. Sama halnya seperti manusia yang membawa beban seberat 80 ton.

Habitat Dung Beetle ini mencakup wilayah gurun, padang rumput, hutan dan masih banyak lagi. Mereka tinggal disemua benua kecuali benua Antartika. Di dunia ini setidaknya ada tiga jenis Dung Beetle, pertama adalah Dung Beetle yang membuat kotoran yang kemudian mereka bawa ke sarang mereka. Kedua adalah Dung Beetle yang mengubur kotoran di tempat mereka menemukannya, dan yang terakhir ialah Dung Beetle menjadikan kotoran sebagai rumah bagi mereka.

itulah 10 hewan terkuat di dunia yang pernah ada. semoga dapat menambah wawasan bagi yang membacanya. jangan lupa shere jika informasi ini dinilai bermanfaat.

2 Comments

  1. Choirul Huda
  2. Ahmad

Leave a Reply