tamiya, beyblade

Mainan Lebaran yang Paling Banyak diburu saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Mainan Lebaran – Lebaran, yes siapa sih gak tau dengan lebaran. Hari dimana semua umat muslim di dunia berbahagia. Dari anak kecil hingga orang dewasa semuanya berbahagia. Kalau pun di hari lebaran ada yang tidak berbahagia itu hanya pengecualian.

Umumnya semua orang merayakan hari lebaran dengan kebahagiaan, karena memang lebaran hanya dilakukan dua kali dalam setahun. Yaitu lebaran Idul Fitri dan lebaran Idul Adha.

Lebaran merupakan istilah lain untuk hari raya Idul Fitri ataupun hari raya Idul Adha yang dilaksanakan sekali dalam setahun. Jika lebaran Idul Adha dilakukan pada musim haji, beda hal dengan lebaran Idul Fitri yang dilaksanaka pada bulan Syawal yang sebelumnya umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

mainan lebaran
islamidia.com

Banyak hal dilakukan pada saat lebaran. Seperti saling bermaafan dengan keluarga, teman, serta sanak saudara. Kemudian tradisi mudik bagi yang orang-orang perantauan, berkumpul bersama keluarga besar. Dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan di hari lebaran.

Tak terkecuali bagi anak-anak, Bagi mereka lebaran merupakan hari yang ‘merdeka’ dimana mereka mendadak jadi orang kaya. karena apa? Karena disaat lebaran anak-anak kecil mendapatkan banyak uang atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘Uang THR’ dari sanak saudara, ataupun tetangga dan terkadang jumlanya lumayan banyak bagi mereka.

Itulah kenapa bagi anak-anak lebaran itu adalah momen yang sangat menyenangkan dan sangat berkesan. Ya walaupun uang yang dikasih adalah 2 ribuan, 5 ribuan, atau 10 ribuan. Tapi kalau setiap orang ngasih segitu dan jika dikumpulin akhirnya bakal banyak juga kan.

mainan anak
petacinta.com

Terkdang bagi mereka yang beruntung, kadang mendapatkan jakpot seperti uang 20 ribu, 50 ribu, bahkan ada juga yang 100 ribu. Dan rasanya itu bagi mereka sesuatu lah. Anak kecil kalau udah dapet uang banyak tau sendirilah apa yang mereka beli.

Yang jelas gak mungkin beli motor atau mobil. Biasanya dalam pikiran anak-anak kalau udah banyak uang mereka akan beli mainan. Nah, kira-kira mainan lebaran apa yang dibeli anak-anak hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha.

Berikut ini adalah mainan lebaran yang paling banyak dibeli anak-anak saat Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha :

1. TAMIYA

Mianan lebaran yang satu ini sangat favorit di saat Hari Raya. Ya, Mainan Tamiya paling banyak diburu anak-anak saat hari lebaran. Bahakan saat semua keluarga asyik berkumpul dengan keluarga besar, anak-anak malah pergi ke tukang mainan untuk membeli Tamiya.

Karena selain harganya tidak terlalu mahal mainan ini asyik untuk dijadikan ajang buat tanding beradu kecepatan. Tapi bagi mereka yang sudah menjadi hobi, mainan Tamiya ini bisa menghabiskan uang banyak. Karena sibuk untuk modifikasi.

Untuk suku cadang yang bagus memang harganya tidak murah, seperti dinamo dan lain-lain. Sebenarnya Tamiya itu sendiri merupakan sebuah merek dari mainan mobil-mobilan. Mungkin berawal dari kebingungan menyebut nama mobil-mobilan jenis ini dan merek Tamiya ini yang mempelopori mainan mobil-mobilan ini jadilah nama Tamiya yang sering disebut-sebut.

Padahal ada seabrek merek mobil-mobilan yang seperti ini berhubung kenalnya Tamiya, jadi nama Tamiya udah paten buat menyebut mobil-mobilan jenis ini. Mobilan Tamiya terkenalnya berkat sebuah kartun yang dulunya ditayangkan setiap minggu pagi.

Bagi kita yang generasi 90-an pasti paham dengan kartun ini, kartun Let’s and Go. Dimana waktu kecil pingin sekali memiliki mobil secepat Magnum Saber ataupun sehebat Sonic Saber.

2. PISTOL-PISTOLAN PELURU PLASTIK

bukalapak.com

Mainan lebaran yang satu ini juga merupakan mainan yang banyak diburu saat Hari Raya. Ada banyak sekali model ataupun bentuk dari tembakan mainan ini. Ada juga yang menyebutnya dengan pistol-pistolan. Mulai dari model air softgun sampai ke model laras panjang semua ada.

Pistolan-pistolan ini menggunkan peluru plastik berbentuk bulat kecil-kecil. Biasanya dijual terpisah. Tapi bagi yang enggan untuk membeli bisa memanfaatkan peluru-peluru bekas, itu juga kalau nemu.

Biasanya saat lebaran, pistol-pistolan ini dijadakan ajang buat bermain perang-perangan. Bermodalkan pistol, kacamata, jaket, serta celana yang agak tebal peperangan pun di mulai. Sebenarnya mainan ini sangat berbahaya jika terkena pelurunya, yang pasti sakit dan bentol, apalagi sampai terkena mata bisa lebih ‘waduh’ lagi bahayanya.

Tapi bagi anak-anak, jika di hari lebaran belum membeli barang yang satu ini rasanya ada yang kurang. Karena memang pistol-pistolan ini selain banyak dijual saat lebaran harganya juga tergolong murah kisaran 10 ribu hingga 100 ribu, apalagi untuk anak-anak yang notebane banyak dapet uang THR saat lebaran mengeluarkan uang segitu itu urusan yang gampang.

3. Beyblade

anibee.tv

Beyblade ialah mainan berupa gasing yang dibuat dan didesain secara modern. Beda dengan gasing-gasing yang pernah kita mainkan dulu yang tebuat dari kayu ataupun dari bola golf. Sebenernya Beyblade sendiri itu merupakan nama dari sebuah anime dari Jepang yang pernah tayang di Indonesia setiap hari minggu.

Di Musim Lebaran mainan Beyblade banyak juga dibeli anak-anak, karena memang selain asyik untuk diadu harganya juga murah. Biasanya ada sendiri arena buat bertanding Beyblade dan harganya juga lumayan mahal sih. Tapi gak taulah anak-anak Indonesia begitu kreatif-kreatif, saking kreatifnya wajan ibu di dapur pun dijadikan arena untuk bertanding Beyblade.

4. Crush Gear

kepo.me

Mainan lebaran berikut yang tak luput dari buruan anak-anak adalah Crush Gear. Crush Gear jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah mobil penghancur. Wah ngeri sekali kan.

Sebenarnya Crush Gear ini adalah mobil-mobilan yang bentuk depannya dilengkapi dengan senjata-senjata, yang cara mainnya dengan saling bertabrakan dengan Crush Gear lainnya. Dan bagi crush gear yang bisa tidak bisa bertahan didalam arena atau terbalik, maka dia dinyatakan kalah.

Crush Gear tidak jauh beda dengan Tamiya yang menggunakan mesin dinamo dan tenaga batre, yang membedakan hanya lah jika Tamiya di khususkan untuk beradu kecepatan di sirkuit, sedangkan Crush Gear untuk beradu kekuatan di arena.

Sama halnya dengan Beyblade dan Tamiya, Mainan Crush Gear ini juga terinspirasi dari film-film kartun yang sempat ngehits di Indonesia. Dan yang paling banyak diburu anak-anak adalah Crush Gear Jenis Garuda Eagle atau Garuda Phoenix.

5. Yoyo

id.priceaz.com

Mainan lebaran selanjutnya yang dibeli anak-anak saat hari raya lebran adalah yoyo. Mainan Yoyo adalah mainan yang terdiri dari dua buah cakram yang biasanya terbuat dari plastik, kayu, atau logam. Yang mana di tengahnya ada tali yang dipakai untuk memainkannya.

Biasanya mainan yoyo yang dijual saat lebaran kebanyakan dari plastik dan didesain secara modern sehingga membuat tampilannya menarik. Bahkan ada juga yang dilengkapi dengan lampu-lampu.

Sebenernya permainan yoyo ini sudah lama ada akan tetapi tenarnya ketika ada film kartun yang berjudul Blezing Teens yang mana film itu menunjukan skill-skill yang mengaggumkan dalam bermain yoyo. Jadi tak heran anak-anak membeli yoyo karena mereka ingin bisa terlihat jago seperti karakter Leon yang ada dalam film kartun Blezing Teen.

7. LASER

beritahati.com

Nah mainan lebaran yang terakhir ialah mainan legend. Mainan yang sangat murah meriah yaitu laser. Biasanya digunkan untuk menjahili temen dari jarak jauh dan tak jarang juga terkadang cicak pun jadi korban kejahilan dari mainan laser ini.

Entah kenapa mainan ini banyak diburu saat lebaran, padahal setiap hari banyak yang jualan mainan ini dan harganya juga sangat terjangkau. Tapi anak-anak kebanyakan membelinya disaat hari raya, mungkin karena efek dar Uang THR atau karena emang sudah jadi tren saat lebaran jadinya mereka membeli mainan ini.

Sebenarnya masih ada banyak mainan lebaran yang dibeli anak-anak selain yang disebutkan diatas tadi. Tapi itulah mainan-mainan yang sekiranya banyak diburu anak-anak saat Lebaran. Jangan lupa shere ke yang lain ya jika artikel ini dinilai bermanfaat.

1 thought on “Mainan Lebaran yang Paling Banyak diburu saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha

Leave a Comment