9 Jenis Ikan hias Louhan yang Bisa Dijadikan Refrensi untuk Mengisi Aquarium di Rumah

Ikan hias Louhan, Siapa sih yang tidak kenal ikan yang satu ini. Ikan yang dulu sempat populer-populernya di Indonesia. Bahkan orang yang awalnya tidak begitu suka dengan dunia ikan, akhirnya ikut memelihara ikan yang satu ini.

Tak terkecuali juga bagi mereka yang sudah expert di dunia ikan hias, pasti mereka juga memelihara ikan ini. Baik itu sebagai hobi ataupun dijadikan ladang bisnis. Walaupun untuk di zaman sekarang kepopuleran ikan hias louhan sudah tidak sepopuler dulu.

Tapi bagi mereka pecinta ikan hias, ikan hias louhan tetap jadi salah satu ikan yang masuk list untuk dipelihara karena ikan ini memiliki ke unikan dan keindahan tersendiri. Seperti halnya benjolan dikepala ikan louhan yang menjadikan keunikan tersendiri bagi ikan tersebut.

Ya walupun tidak semua ikan hias Louhan memiliki benjolan yang mencolok. Mungkin kita sudah jarang sekali melihat orang memlihara ikan hias louhan. Akan tetapi, harga jual ikan ini cenderung stabil dan ketersediannanya di pasaran pun masih banyak.

Artinya jika kita mencari ikan hias louhan ini kita tidak begitu mengalami kesulitan, karena memang ikan ini masih banyak dijualbelikan di pasaran, baik itu secara online ataupun memebeli langsung. Bahkan untuk jenis-jenis tertentu harga ikan ini dapat dipatok harga yang fantastis.

ikan lohan

ikanhiaspopuler.blogspot.com

Ikan hias louhan atau yang sering dikenal juga dengan flowhorn adalah ikan hias jenis tawar yang memiliki ciri fisik benjolan dikepala (jenong). Ikan ini dapat hidup dengan baik di dalam Aquarium yang memang memiliki kapasitas yang sesuai dengan ukuran ikan tersebut.

Ikan hias louhan ini juga merupakan spesies hybird, yang mana dalam pengembangbiakannya melalui bantuan dari manusia. Dikarenakan agar mendapatkan fisik yang unik berupa benjolan di kepala.

Kebanyakan jenis ikan louhan hidup di wilayah Asia Tenggara. Jadi tidak heran jika banyak sekali kontes-kontes ikan hias yang memang mengikut sertakan ikan hias louhan. Teruntuk di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali kontes-kontes ikan hias yang diadakan, baik itu tingkat daerah sampai ke tingkat nasional.

Bagi ikan hias yang menjuarai sebuah kontes bisanya harga jualnya makin melejit tinggi dan walaupun harganya tinggi banyak orang yang siap dan sanggup untuk membayarnya.

Berikut ini jenis-jenis ikan hias louhan yang dapat dijadikan refrensi untuk dipelihara di rumah.

1. Ikan Louhan Golden Red

satwapedia.com

Jenis ikan hias louhan yang pertama ialah ikan louhan golden red. Ikan yang berasal dari negeri gajah putih (Thailand) ini merupakan salah satu ikan yang memiliki nilai jual yang mahal.

Untuk mengetahui ciri khas dari ikan ini ialah ikan ini memiliki perpaduan warna yang apik antara warna merah dan warna kuning keemasan.

Walupun memiliki perpaduan warna merah dan kuning keemasan pada tubuhnya, tapi beda halnya dengan ikan lohan golden red anakan yang warnanya belum begitu mecolok.

Seiring pertumbuhan si ikan louhan ini yang mengalami pergantian warna kulit jadilah begitu dewasa memiliki warna yang indah perpaduan antara warna merah dan warna kuning keemasan.

Ikan lohan golden red sendiri merupakan salah satu jenis ikan lohan termahal di Dunia. Bahkan Harga ikan ini sendiri ditaksir berkisar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per ekoranya.

2. Ikan Louhan Cencu

kaskus

Ikan ini memiliki ciri-ciri bintik-bintik kecil diseluruh tubuhnya. Inilah yang menjadikan ikan ini menjadi menarik dan unik untuk dijadikan ikan peliharaan.

Ada dua jenis Ikan hias lohan cencu, pertama ikan lohan cencu klasik yang memiliki ciri warna merah yang cerah dan warnanya itu lebih dominan. Ikan ini memiliki ukuran yang lebih besar dari ikan lohan cencu modern dan mempunyai jenong yang kecil

Kedua ikan louhan cencu modern, ikan ini memiliki bintik kecil yang lebih banyak bahkan bintik-bintik kecil muncul hingga ke bagian kepala dan ikan ini juga memiliki jenong yang agak sedikit besar daripada ikan lohan cencu klasik.

Bahkan jenongnya sudah terlihat saat masih kecil. Sebenarnya semua sama saja, tapi untuk soal keindahan ikan louhan cencu modern sedikit unggul dari ikan louhan cencu tipe klasik.

3. Ikan Louhan Kamfa

youtube.com

Ikan louhan yang satu ini sangat populer dikalangan pecinta ikan hias louhan. Karena keindahan motifnya, maka ikan ini sering dikenal juga dengan sebutan ikan golden flower karena motif dan warna ikan ini menyerupai bunga dan berwarna keemasaan.

Sangat mudah untuk mencirikan ikan yang satu ini. Ikan louhan kamfa memiliki ciri dengan sirip yang lebar dan agak kaku jika diabandingkan dengan ikan louhan jenis lainnya. Bahkan tidak jarang sirip bagian untuk anakan ikan louhan kamfa ini sudah terlihat besar dari sirip anakan louhan lainnya.

Bedanya dengan ikan louhan ini dengan jenis yang lain ialah, ikan ini tidak memiliki marking atau tanda-tanda khusus yang memang kebanyak pada ikan louhan. Jikalau pun ada, brarati kemungkinan besar ikan louhan tersebut merupakan hasil perkawinan silang dengan ikan louhan jenis lainnya.

 

4. Ikan Louhan Red Texas

f15louhan.blogspot.co.id

Jenis ikan ini pertama kali ditemukan di negara Thailand oleh pembudidaya yang ada disana. Ikan louhan red texas bagi pecinta ikan hias louhan merupakan ikan yang memiliki keindahan yang lebih.

Ikan ini adalah hasil persilangan antara ikan texas chilclid yang berwarna abu-abu dengan ikan golden red atau jenis lainnya. Sehingga dihasilkan ikan hias louhan red texas yang indah.

Perlu diketahui ikan ini sudah  banyak di ekspor ke banyak negara yang ada, karana peminat ikan ini yang banyak, maka tak jarang negara-negara lain ikut mengembangkan ikan louhan jenis ini.

 

5. Ikan Louhan Super Red Synspillum

satwapedia

Sama seperti jenis ikan louhan yang sebelumnya, ikan louhan Super Red Synspillum ini juga berasal dari negara Thailand dan sama-sama juga merupakan hasil dari perkawinan silang. Ikan ini banyak menarik peminat ikan hias louhan karena bentuknya yang sangat mirip dengan ikan louhan jenis kamfa.

Ikan ini memiliki ciri warna merah bata dan sedikit orange, dan ada lagi yang membedakan dengan ikan louhan lainnya, yaitu ikan ini memiliki warna mata yang merah dan tidak jarang juga ada yang warna kuning, siripnya lebar dan sedikit terlihat kaku, jenongnya waterhead dan tidak memiliki marking di kepalanya.

 

6. Ikan Louhan Strom

binatangpeliharaan.com

Ikan Louhan Strom ini merupakan jenis ikan louhan yang baru ditemukan yang juga merupakan perkawinan silang. Ikan ini pertama dikembangbiakan di negara Thailand.

Ciri yang spesifik dari ikan jenis ini ialah ikan ini memiliki marking yang horizontal pada tubuhnya dan bintik-bintik yang telihat lebih besar dari ikan louhan lainnya.

 

7. Ikan Louhan Rainbow King

JourneyOfFlowerhorn.blogspot.com

Mungkin ini Jenis Ikan hias Louhan yang paling banyak digemari para pecinta ikan hias louhan. Karena memang ikan memiliki keunikan tersendiri dan juga Ikan Louhan jenis ini pernah menjadi jawara di kontes ikan hias internasional.

Ikan louhan rainbow king memiliki ciri yang berbeda dengan ikan louhan jenis lainnya. Ikan ini memiliki marking bebentuk horizontal, dan memiliki badan yang agak berbbentuk kotak serta memiliki perpaduan warna merah dana kuning. Walupun tak jarang ada juga yang berwarna biru. Perpaduan itulah yang menjadikan jenis ikan ini terlihat sangat indah.

Karena keindahan tersebut itulah yang membuat ikan ini banyak memenangi kontes-kontes ikan hias, bahkan tak jarang para penjual ikan hias louhan rainbow king menjual ikan louhan kamfa, tapi menyebutnya ikan louhan rainbow king. Padahal kedua ikan tersebut sangat beda.

Sebagai saran, Jika ingin membeli louhan rainbow king, pastikan terlebih dahulu bahwa ikan tersebut merupakan louhan rainbow king. Kenali ciri-ciri jenis ikan ini agar kamu tidak tertipu.

 

8. Ikan Louhan Super Red Dragon

hewanindonesia.com

Ikan hias louhan jenis ini merupakan ikan louhan yang berasal dari Tahiland juga. Dan untuk sekarang sudah banyak ditemui negara-negara lainnya.

Ikan ini memiliki ciri yang gampang dilihat dengan mata. Sesuai dengan namanya super red dragon, Ikan ini memiliki warna merah yang sangat terang terang dan tajam.

 

9. Ikan Louhan Kemalau

ikan hias louhan

severelic.wordpress.com

Jenis ikan louhan yang terakhir adalah ikan louhan kemalau. Ikan louhan ini salah satu ikan yang paling banyak dicari di Indonesia. Bahkan harga ikan ini sendiri bisa mencapai puluhan juta.

Karena memang ikan ini merupakan ikan louhan yang tergolong langka. Yang membuat istimewa ikan ini selain langka adalah pada bagian tubuh ikan ini memiliki banyak bintik-bintik yang begitu khas yang tidak dapat ditemukan pada jenis ikan hias louhan lainnya.

Itulah tadi beberapa jenis ikan hias louhan yang bisa dijadikan referensi dalam memilih jenis ikan louhan yang akan di pelihara. Semoga bisa memberikan manfaat. Jangan lupa untuk berbagi ilmu kepada yang lain.

Leave a Reply