Pengertian dan Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia – Seringkali kita mendengar kata proklamasi, apalagi ketika bulan Agustus, Bulan dimana Indonesia Merdeka. Tapi pada kenyataanya masih banyak yang belum tahu apa itu Proklamasi, bahakan ketika ditanya juga tentang Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia masih banyak yang kebingungan.

Untuk lebih paham lagi tentang proklamasi, isi teks naskah proklamasi, dan makna Makna Proklamasi kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia, mari kita simak penjelasan berikut.

Pengertian Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

pengertian proklamasi

kuninganizer.com

Asal kata dari Proklamasi adalah merujuk pada kata “proclamatio” (diambil dari bahasa Yunani), yang memiliki arti pengumuman kepada seluruh rakyat. Pengumunan yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

Bangsa manapun pasti menginginkan kemerdekaan, karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan Bangsa Indonesia yang pernah mengalami masa penjajahan yang cukup lama dan begitu membuat rakyatnya menderita.

Karena alasan itulah kenapa bangsa Indonesia dengan sekuat tenaga berusaha untuk memproklamsikan kemerdekaannya. Yang mana semua perjuangan itu dapat terwujud dengan secara resmi meproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Dengan memproklamasikan kemerdekaannya, hal inilah yang menjadi titik puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan dan mengusir penjajah. Dan ini juga menjadi titik awal dimulainya kehidupan sebagai bangsa yang merdeka.

Proklamasi kemerdekaan juga bermakana sebagai berita kegembiraan bagi bangsa Indonesia. Maka dari itu dibentukalah sebuah negara untuk yang mana proklamasi kemeredekaan dijadikan sebagai sumber hukum dalam pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dan juga dijdikan sebagai instrumen untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan Negara. Selain itu kemerdekaan Indonesia dijadikan sara untuk mewujudkan masyarakat yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur serta lepas dari penjajahan dari bangsa manapun.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah;

  • Titik berakhirnya segala bentuk penjajajahan dan titik awal dimulainya sebagai bangsa ynag merdeka
  • Lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Merupakan puncak hasil perjuangan rakyat Indonesia, setelah berjuang sekian lama.
  • Titik tolak pelaksanaan amanat penderitaan rakyat.

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

 

Teks Naskah Proklamasi Klad

Teks Naskah Proklamasi Klad

eightcafen2t.blogspot.co.id

Teks naskah proklamasi Klad adalah Teks naskah yang asli langsung ditulis tangan oleh Ir. Soekarno yang mana ide atau gagasannya berasal dari Drs. Mohammad Hatta dan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Berikut ini teks naskah proklamasi Klad.

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 – 8 – ’05
Wakil2 bangsa Indonesia

Teks Naskah Proklamasi Otentik

Teks Naskah Proklamasi Otentik

antoksoesanto.blogspot.co.id

Teks naskah proklamasi kemerdekaan Otentik adalah teks naskah proklamasi yang sudah mengalami revisi atau perubahan. Teks naskah proklamasi ini diketik oleh Mohammad Ibnu Sayuti Melik yang merupakan seorang tokoh pemuda yang ikut berperan dalam persiapan proklamasi. Perubahan-perubahan teks itu antara lain;

  • Kata tempoh diganti menjadi Tempo
  • Wakil-wakil bangsa Indonesia diganti menjadi Atas Nama Bangsa Indonesia
  • Kata Hal2 diganti menjadi hal-hal
  • Djakarta, 17-8-05 diganti menjadi Djakarta, 17 boelan 08 tahun 05
  • Nasakah proklamasi klad tidak ditandatangani, sedangkan Nasakah proklamasi otentik sudah ditanda tangani Ir. Soekarnao dan Drs. Moh Hatta

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

Secara Umum setidaknya ada 5 Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia, diantaranya adalah;

1. Sebagai Titik Puncak Perjuangan Bangsa Indonesia

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

kolektorsejarah.wordpress.com

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia ialah sebagai hasil jerih payah seluruh rakyat dalam mengusir penjajah dan memperjuangkan haknya. Sudah kita jika rakyat Indonesia terdahulu sudah berjuang mati matian mulai dari penjajahan Belanda hingga penjajahan Jepang.

Akan tetapi perjuangan semua itu terlunasi sudah saat Indonesia berhasil memproklamasikan dirinya sebagai sebuah negara yang merdeka.Walaupun penjajahan oleh bangsa Bangsa Belanda ataupun bangsa Jepang sudah berakhiri, akan tetapi ini merupakan titik awal perjuangan bangsa Indonesia sebgai bangsa yang merdeka untuk membangun Negeri.

2. Menjadi Pernyataan De Facto

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

islamku.top

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia selanjutnya ialah menjadik pernyataan de facto. Arti dari pernyataan de facto adalah pengakuan kedaulatan sebuah negara oleh negara lain. Pada saat Indonesia Memproklamasikan Kemerdekaannya tanggal 17 Agustus, hal ini lah yang menjadi pengakuan kepada dunia luar negeri bahwa Indonesia terlah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka. Setelah pengakuan de facto, ada yang namanya pengakuan de jure. Pengakuan de Jure adalah pengakuan secara Internasioanal terhadap suatu negara yang secara resmi.

3. Menaikkan Martabat Bangsa

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

arifashkaf.files.wordpress.com

Naiknya martabat Indonesia merupakan bagian dari Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia. Sejak Indonesia Memproklamasikan Kemerdekaannya, sejak saat itulah harkat martabat bangsa kita meningkat karena negara-negara yang pernah menjajah Indonesia dulu telah mengakui kemerdekaan Indonesia. Sehingga tidak adalah yang namanya penjajahan atau pun penindasan untuk Indonesia.

4.Dapat Memulai Perjuangan Sebagai Negara Baru

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

pelajarnupurworejo.com

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia selanjutnya ialah sebagai babak baru dalam berkehidupan bernegara. Sejak proklamasi kemerdekaan dikumandangkan bangsa Indonesia, sejak saat itu juga pemerintahan dimulai dengan tujuan untuk membangun negara yang lebih baik lagi. Dan yang jelas bukan lagi menjadi bangsa yang terjajah yang mana pemerintahannya masih dibawah penjajah.

5.Tonggak Sejarah Negara Indonesia

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

dokumen.tips

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia yang terkahir adalah sebagai tonggak sejarah. Proklamasi merupakan titik awal kemerdekaan Indonesia. Makanya adanya proklamasi menjadikan adanya sebuah bangsa baru bernama Indonesia yang menentukan nasibnya sendiri serta tidak mau lagi dijajah oleh bangsa asing.

Makna Proklamasi Kemerdekaan Ditinjau dari Beberapa Aspek

Jika Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia ditinjau dari berbagai aspek, setidaknya ada 6 aspek diantaranya yaitu:

1. Aspek Hukum

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

penakisemar.files.wordpress.com

Proklamasi dijadikan sebagai pernyataan yang didalamnya termuat keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia dalam menghapuskan hukum kolonial atau bangsa penjajah dan diganti dengan hukum nasional (Indonesia), yaitu dengan lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan demikian, semua produk hukum bangsa penjajah diganti dengan produk hukum bangsa Indonesia.

2. Aspek Historis

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

hobbymiliter.com

Sejarah menacatat bahwa perjuangan bangsa Indonesia mampu melawan serta mengusir penjajah walaupun dengan peralatan seadanya. Maka dengan adanya Proklamasi ini menjadikan titik akhir sejarah kesusahan bangsa Indonesia dalam perjuangannya mengusir penjajah, dan juga sekaligus menjadi titik awal Negara Indonesia sebagai negara yang merdeka, yang bebas dari penjajahan bangsa manapun.

3. Aspek Sosiologis

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

ppibelanda.org

Secara tidak langsung Proklamasi kemerdekaan ini memberikan rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajahan. Inilah yang menjadikan rakyat Indonesia menjadi bangsa yang bebas dalam membangun kembali bangsa yang setelah sekian lama dijajah serta diporakporanda bangsa lain dan terbelenggu akibat peperangan.

4. Aspek Kultural

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

serambimata.files.wordpress.com

Adannya Proklamasi memebrikan Makna Bagi Bangsa Indonesia untuk membangun peradaban baru yang mana harkat dan martabat setiap rakyatnya sama. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada masa penjajahan rakyat Pribumi Indonesia sangat diberlakukan tidak adil oleh bangsa penjajah.
Setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, tidak seperti pada masa penjajahan yang begitu banyak pemaksaan dan penyiksaan yang dilakukan oleh penjajah untuk melakukan suatu pekerjaan.

5. Aspek Politis

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

rosodaras.files.wordpress.com

Dari aspek Politis Proklamasi memberikan makan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berdaulat dan memiliki kedudukan sama dengan negara-negara lain di dunia. Makanya Setelah proklamasi, bangsa Indonesia dapat secara mandiri menentukan sikapnya tanpa ada paksaan dari bangsa manapun.

6. Aspek Spiritual

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

penakisemar.files.wordpress.com

Dari Aspek Spiritual, Proklamasi memberikan makan bahwa kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang meridai perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah. Kemerdekaan bangsa Indonesia tebtunya merupakan doa seluruh rakyat Indonesia untuk segera terlepas dari penjajahan. Pastinya Kemerdekaan Bangsa Indonesia ini tidak akan tercapai jika tidak ada izin dan kehendak dari Tuhan Yang

Itulah penjelasan singkat terkait dengan pengertian dan isi teks nasakah proklamasi serta makna proklamasi bagi bangsa Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam dunia sejarah. Silahkan Shere artikel ini jika dinilai bermanfaat. Terimkasih-

Leave a Reply