Cara Menghilangkan Bau Mulut tak sedap

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Saat berpuasa Secara Alami

cara menghilangkan bau mulut tak sedap – Bulan Ramadhan atau bulan merupakan bulan yang selalu dinanti-nati banyak umat islam dalam setiap tahunnya. Pada saat bulan puasa seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Saat berpuasa, maka kita semua tidak diperbolehkan makan atau minum mulai dari sahur sampai waktunya berbuka puasa.

Akan tetapi, di Bulan Ramadhan saat berpuasa biasanya mulut dan nafas akan terasa bau. Adanya bau mulut yang tak sedap membuat sebgaian banyak orang merasa tidak nyaman. Namun, semua itu jangan terlalu dikhawatirkan karena ada banyak cara menghilangkan bau mulut tak sedap saat puasa. Sebelum kita simak cara menghilangkan bau mulut tak sedap saat berpuasa, lebi baik kita tahu apa penyebab munculnya bau mulut.

Inilah Penyebab Bau Mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut tak sedap
pastagigiherbal.com

Segala sesuatu yang berakibat itu pasti memiliki sebab. Begitu juga dengan bau mulut yang tak sedap. Ada banyak penyebab yang menjadikan bau mulut itu bisa terjadi. Secara umum berikut ini Penyebab Bau mulut yang tidak sedap.

1. Kurang Terjaganya Kebersihan Mulut dan Gigi

Berdasarkan penelitian yang dilakuakan oleh International Journal of Oral Science, penyebab bau mulut yang paling utama itu dikarenakan gigi yang tidak bersih. Sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi menjadikan santapan yang lezat bagi bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan munculnya bau mulut yang tidak sedap. Bakteri-bakteri yang berkembang dan tumbuh di dalam mulut ini akan menghasilkan sulfur yang baunya kurang lebih seperti bau telur busuk.

2. Kurangnya Asupan Air Bagi Tubuh

Kurangnya cairan pada tubuh akan menyebabkan juga produksi air liur (saliva) menurun. Seperti yang kita ketahui salah satu fungi air liur ini adalah untuk membersihkan bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut dan juga menjaga sel-sel yang ada di dalam mulut tetap hidup. Jika kita kekurangan air liur (saliva) ini, maka sel-sel yang ada di dalam mulut akan banyak yang mati. Sel-sel yang mati inilah yang akan menjadi penyebab bau mulut.

Biasanya Penderita alergi tidak dapat bernafas dengan baik melalui hidung, dan sebagai saluran pengganti mereka menggunakan mulut. Hal inilah yang menyebabkan mulut cepat mengering. Jika anda merupakan penderita alergi, selalu pastikan dan selalu perhatikan kesehatan saluran pernafasan serta menambah asupan air.

3. Sering Mengkonsumsi Makanan yang Menyebabkan Bau Mulut.

Bawang merupakan salah satu sumber makanan yang menjadi penyebab bau mulut. Akan tetapi tahukah anda bahwa produk-produk makanan yang berbahan susu dapat mengentalkan ingus (nasal mucus) serta menyebabkan bau seperti sulfur? Maka Tidak heran jika banyak penyanyi profesional seringkali menghindari makanan atau minuman yang berbahan susu, terutama ketika mereka ingin tampil.
Selain makannan diatas, Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi juga memiliki potensi menarik bakteri, karena di dalam karbohidrat memiliki kandungan gula yang tinggi. Ada juga penyebab bau mulut Selain makanan, seperti rokok. Mengkonsumsi rokok juga ternyata menjadi salah satu yang menyebabkan bau mulut.

4. Infeksi Sinus atau Amandel

Salah satu yang menyebabkan bau mulut adalah adanya infeksi di mulut. Infeksi dapat terjadi di sinus dan dapat menyebabkan aroma busuk. Menggunakan antibiotik merupakan Salah satu cara untuk mengatasi infeksi tersebut tentunya sesuai dengan anjuran dokter. Infeksi amandel yang menjadi penyebab peradangan pada amandel ataupun radang tenggorokan dapat menghasilkan butiran-butiran kalsium di bagian belakang tenggorokan, yang kemudian selanjutnya menjadi penyebab aroma tidak enak yang keluar dari mulut.

5. Tingginya Kadar Asam pada Lambung

Asam lambung tinggi dikenal juga dengan istilah maag. seseorang yang berada pada kondisi dimana tingkat asam lambung tinggi (maag), seringkali bersendawa diikuti dengan keluarnya aroma yang tidak sedap. Aroma itu mirip aroma asam cuka. Kebanyakan orang mengira bahwa asam lambung hanya berkaitan dengan bagian pencernaan. Padahal jika sudah terlalu parah, asam lambung juga bisa mencapai sinus dan bagian dalam telinga.

6. Penyakit Serius atau Parah

Walaupun jarang dijumpai, ada beberapa kasus yang menjadi penyebab bau mulut ditemukan pada penderita kanker di bagian hidung, tenggorokan, telinga, dan leher. Aroma tidak sedap ini tidak lain disebabkan oleh kanker itu sendiri.

Setidaknya 6 poin diatas sudah menjelaskan secara umum bagaimana bau mulut itu bisa terjadi. Tapi tidak usah khawatir, untuk mengatasinya dibawah ini ada beberapa cara menghilangkan bau mulut tak sedap secara alami yang dapat dilakukan.

Cara Menghilangkan Bau Mulut tak Sedap Saat Berpuasa

Cara Menghilangkan Bau Mulut tak sedap
pijar.net

Cara ini merupakan cara alami dan sangat mudah dilakuakan untuk menghilangkan bau mulut tak sedap saat berpuasa. Berikut ini cara-caranya:

1. Jangan Lupa Sikat Gigi

Cara menghilangkan bau mulut yang tak sedap yang pertama adalah dengan menyikat gigi. Saat menjalankan ibadah puasa, sikatlah gigi anda supaya terhindar dari bau mulut yang tidak sedap. Lebih baik lagi jika anda menyikat gigi setelah makan sahur. Pastikan menyikatkat gigi dengan baik dan benar supaya nantinya tidak ada sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi anda.

2. Minum Yang Banyak saat Sahur dan Berbuka

Ketika berpuasa, bau mulut memang sudah menjadi hal biasa. Oleh karena itu, ketika sahur dan buka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak air. Dengan Minum air yang banyak dapat membantu menghilangkan bau mulut saat puasa. Biasanya yang menjadi penyebab bau mulut saat berpuasa adalah karena mulut kering. Dengan mengkonsumsi air yang banyak, maka akan terhindarkan dari yang namanya dehidrasi. Kemudian juga, tubuh akan terlihat segar.

3. Rajin Berkumur

Kemudian salah satu cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap adalah dengan Berkumur. Makanya Ketika melakukan wudhu dan melakukan sholat, usahkan untuk berkumur dengan baik dan benar. Hal ini dilakukantidak lain agar kotoran dan bakteri yang tersisa di dalam mulut dapat terangkat hilang. Selain itu juga Gunakan obat kumur untuk hasil yang lebih bersih maksimal.

4. Coba Gunakan Siwak

Coba menggunakan siwak. Siwak sudah dikenal Sejak lama oleh umat muslim dan merupakan hal yang sunah dilakuakan. Siwak sendiri adalah pemebersih mulut yang terbuat dari pohon siwak. Siwak ini bisa membersihkan mulut terutama pada lidah dan gigi cukup bersih. Bahkan ada sebuah penelitan yang mengatakan bahwa siwak sangat efektif membersihkan untuk mulut. Bahkan Nabi Muhammad saw juga menggunakan siwak untuk membersihkan giginya.

5. Bersihkan Gigi dengan Dental Floss

Cara menghilangkan bau mulut tak sedap berikut ini yaitu dengan mengguunakan benang gigi (Dental Floss) untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi agar tidak membusuk serta menyebabkan bau mulut.

6. Konsumsi Teh Hijau

Konsumsi Teh hijau, Teh Hijau diketahui memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Teh hijau dapat dijadikan altrenatif untuk menghilangkan bau mulut ketika berpuasa. Teh hijau dapat dikonsumsi pada saat berbuka atau sahur. Di dalam teh hijau sendiri terkandung sebuat zat aktif yang dinamakan dengan catechin. Zat ini dapat membunuh serta membersihkan bakteri yang ada di mulut dan menghapus plak pada gigi. Kemudian selain teh hijau, teh bunga lavender juga diyakini mampu mengatasi bakteri penyebab bau mulut.

7. Berolahraga Ringan

Cobalah Berolahraga ringan dengan teratur baik itu menjelang atau sesudah berbuka puasa. Karena oalahraga sendiri banyak manfaatnya. Dengan berOlahraga tubuh kita dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh, termasuk salah satunya penyebab bau mulut. Usahakan selalu Hindari tidur yang terlalu lama, karena semua itu akan menjadikan salah satu penyebab bau mulut yang tidak sedap.

8. Hindari Makanan Penyebab bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut tak sedap yang selanjutnya ialah Selalu Hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut kurang sedap saat makan sahur. Contohnya jengkol, petai, atau durian.

9. Hindari Merokok

Kurangi mengkonsumsi rokok atau lebih utama lagi tidak merokok saat sahur dan berbuka. Dengan Tidak merokok, mulut kita akan terhindar dari bau yang kurang sedap.

10. Hindari Makanan Yang lengket

Jangan mengkonsumsi makanan yang lengket, seperti es krim, cokelat, biskuit dan kue basah lainnya. Karena makanan yang lengket ini akan lebih susah untuk dibersihkan,kemudian sifatnya yang lengket menjadikan makanan tersebut menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga jadi penyebab bau mulut.

11. Kurangi Makanan & Minuman yang Beresiko

Selalu kurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat memacu peningkatan asam lambung dalam jumlah yang tidak dinginkan, contohnya saja dengan minuman beralkohool, coklat, kayu manis, dan lain-lain. Terlebih lagi jika anda memiliki masalah dengan maag.

12. Konsultasi ke Dokter

Bila cara-cara diatas sudah dilakukan, akan tetapi bau mulut masih juga belum berkurang. Maka sangat dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter. Karena bau mulut dapat disebabkan karena faktor dari dalam tubuh (maag), diabetes, gangguan pernapasan atau penyakit dalam lainnya.

Penyebab bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap saat berpuasa seperti yang disebutkan di atas dapat lakukan di rumah. Yang terpenting agar anda terhindar dari bau mulut, utamakanlah menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Meskipun saat berpuasa, itu semua tidak berarti kita harus mengabaikan kebersihan dan kesehatan mulut anda. Dan yang terakhir hindari makanan penyebab bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut tak sedap
hellosehat.com

3 thoughts on “Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Saat berpuasa Secara Alami

  1. Saat puasa katanya kita juga dilarang makan makanan berbau tajam misalnya pete, jengkol, atau daging, soalnya daging bisa nempel di sela2 gigi terus susah dibersihkan.

  2. ada beberapa pasta gigi ato obat kumur yg jg bikin mulut berasa kering… dan ujung2nya malah bau mulut… makanya aku pakai pasta gigi yg tidak mengeringkan rongga mulut… selama ini pake E*zim, dan ampuh kok… kalo obat kumur dari semua yg aku coba Bet*dine yg paling cocok di aku

Leave a Comment