manfaat minyak zaitun

6+ Manfaat Minyak Zaitun & Efek Samping yang Ditimbulkan

MANFAAT MINYAK ZAITUN – Minyak Zaitun adalah lemak atau minyak yang didapat dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. Minyak yang diperoleh dari tanaman tradisional yang banyak hidup di wilayah Mediterania. Kandungan dalam Minyak zaitun ini ialah lemak, vitamin E, vitamin K, dan sedikit sekali zat besi.

Minyak zaitun dipercaya baik untuk tubuh karena di dalamnya mengandung asam lemak tak jenuh, vitamin, mineral, serta fenol. Untuk Penggunaannya bisa dipakai sebagai bahan untuk memasak dan juga untuk perawatan kulit dan rambut.

Akan tetapi, Dalam penggunaannya, baik itu untuk memasak ataupun perawatan tubuh, kita bisa saja dibuat bingung karena adanya banyak pilihan, diantaranya yaitu Minyak Zaitun reguler, seperti light, pure serta virgin dan extra virgin olive oil.

Perbedaan Minyak Zaitun

Perbedaan Minyak Zaitun
pixabay.com

Apa perbedaannya? Secara umum, minyak zaitun terbagi menjadi dua, yaitu melalui minyak zaitun yang melalui proses pemurnian (refined) dan minyak zaitun mentah (unrefined).

Jenis virgin dan extra virgin olive oil termasuk ke dalam kategori unrefined, Sedangkan minyak zaitun yang memiliki lebel light atau pure olive oil telah mengalami proses pemurnian.

Minyak zaitun yang tergolong virgin tidak mengalami proses pemurnian (unrefined),  Artinya minyak itu tidak mengalami pemanasan serta tidak memakai bahan kimia. Pengolahan minyak ini hanya ditekan dan diperas supaya minyak dari biji zaitun dapat keluar.

Minyak zaitun virgin atau extra virgin mempunyai kualitas terbaik, karena mempunyai rasa yang lebih kaya. Umumnya jenis ini harganya tergolong mahal dari yang reguler.

Pada minyak zaitun extra virgin, kandungan asam oleatnya kurang dari 0,8 persen, sedangkan Minyak zaitun jenis virgin kandungannya di bawah 1,5-2 persen.

Jenis itu juga dipercaya lebih baik untuk tubuh, selama tidak mengalami proses pemanasan yang berlebih pada saat diolah, karena mineral, enzim, vitamin, fenol masih terkandung dalam jumlah besar.

Minyak zaitun jenis virgin ataupun extra virgin, sering dipakai untuk dressing salad ataupun untuk perawatan tubuh, seperti rambut dan kulit.

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun
pixabay.com

Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh;

1. Bentu Melawan Resiko Terserang Kanker Payudara

Ada Sebuah Peneltian yang mengtakan jika perempuan yang mengkonsumsi ekstra minyak zaitun, tingkat kecenderungan terhadap risiko terserang kanker payudara dapat di minimalisir.
Selain itu juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan pada kulit serta mengurangi risiko terserang stroke.

2. Meminimalisir Terserang Berbagai Penyakit Jantung

Tidak hanya bermanfaat untuk merawat kecantikan. Mengkonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi potensi terserang berbagai penyakit jantung.

Manfaat itu dapat lebih dirasakan jika mengonsumsinya bersamaan dengan makanan-makanan yang kaya akan kalori.

3. Membuat Berat Badan Ideal

Bagi yang memiliki berat badan berlebih, Minyak zaitun ini sangat cocok untuk anda. Sebenarnya poin ini berhubungan juga dengan penyakit jantung yang kebanyakan berkaitan dengan berat badan berlebih.
Oleh karena itu, kamu harus menambahkan minyak zaitun masuk ke daftar konsumsimu setiap harinya.

4. Melancarkan Pencernaan

Walau pun belum terbukti secara skala besar, akan tetapi ada beberapa penelitian yang berhasil membuktikan jika minyak zaitun ternyata dapat juga melancarkan pencernaan jika dikonsumsi.

Jadi Minyak zaitun ini dapat dijadikan sebagai alternatif lain selain mengonsumsi makanan berserat tinggi.
Sedangkan untuk kecantikan, minyak zaitun dapat digunakan untuk;

5. Sebagai Pembersih Muka

Minyak zaitun dapat dipakai sebagai pembersih muka, terlebih lagi untuk membersihkan muka dari sisa-sisa make up.

Minyak zaitun cenderung bebas dari bahan kimia yang berbahaya, karena dibuat dari bahan alami serta tidak menghilangkan minyak alami pada wajah.

6. Dapat digunakan Sebagai Masker Wajah

Selain sebagai pembersih wajah, minyak ini juga bisa dipakai untuk masker wajah. Caranya ialah cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ini langsung ke wajah.

Untuk hasil yang optimal gunakan secara teratur dan jangan berlebihan.

Efek Samping Minyak Zaitun

Efek Samping Minyak Zaitun
pixabay.com

Selain memberikan manfaat, minyak zaitun juga memiliki efek samping. Diantaranya ialah sebagai berikut;

1. Penyebab Jerawat

Salah satu efek samping minyak zaitun ialah Menyebabkan jerawat. Minyak zaitun merupakan minyak berat yang tidak mudah diserap ke dalam kulit. Yang ada, minyak ini justru menciptakan lapisan pada kulit Anda.

Apabila Anda menggunakannya di wajah kemudian terkena debu-debu, maka bukannya menjadikan kulit sehat, tapi malah dapat menyebabkan jerawat.

Jika ingin menggunakan minyak zaitun, Usahakan dipakai beberapa jam sebelum tidur saja, karena pada saat itu Anda tidak lagi keluar rumah.

Wajah Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari minyak zaitun dan tidak menimbulkan jerawat.

2. Penyebab Ruam Kulit

Hal ini kerap kali terjadi, ketika Anda mengoleskan minyak zaitun ke wajah. Tujuannya ialah Anda ingin memperoleh kulit yang lebih cerah, akan tetapi jika kulit Anda berminyak, sebaiknya hentikan penggunaannya.

Karena apabila menyatu dengan zat berminyak, seperti halnya minyak zaitun, maka dapat menyebabkan ruam pada kulit, kemerahan, serta gatal-gatal pada wajah.

3. Alergi

Mungkin Ada sebagian orang yang memang memiliki alergi terhadap minyak zaitun. Jika Anda salah satunya, sebaiknya jauhi minyak zaitun meskipun minyak ini banyak manfaat.

Apabila minyak zaitun menjadikan Anda bereaksi yang tidak biasa, cara terbaik untuk mengatasinya ialah segera berkonsultasi dengan dokter.

4.  Tidak Baik untuk Bayi

Minyak zaitun tidak cocok untuk bayi. Karena Kita tidak dapat langsung menyimpulkan bayi yang baru lahir tersebut, apakah memiliki alergi minyak zaitun apa tidak. Sehingga hal terbaik adalah jangan mencobanya dahulu.

Kulit bayi masih sangatlah sensitif, jadi jangan ambil risiko untuk memberikan minyak zaitun kepada bayi. Sebelum Anda menyesal di kemudian hari karena minyak zaitun ini.

5. Tidak Baik untuk Kulit Berminyak

Jika kulit Anda termasuk jenis kulit berminyak, maka mengoleskan minyak zaitun justru membuat kulit Anda semakin berminyak.

Minyak zaitun cocok untuk daerah kulit yang kering, sebagai pelembab alami bagi kulit. Asam oleic adalah zat yang bertanggung jawab untuk permasalahan ini.

6. Menimbulkan Komedo

Sifat berminyak yang ada pada minyak zaitun bisa menyebabkan komedo pada kulit. Kotoran, debu, serta kulit mati dapat terjebak pada pori-pori kulit Anda, sehingga memicu tumbuhnya komedo, seperti asal muasal tumbuhnya jerawat.

Itulah tadi Penjelasan Singkat tentang manfaat minyak zaitun, baik itu perbedaan serta efek sampingya. Semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih.

Leave a Comment