Bacaan Niat dan Tata Cara Tayamum yang Benar

TATA CARA TAYAMUM – Terkadang kita merasa bingung untuk bersuci untuk sholat ketika tidak ada air. Tetapi tidak usah khawatir, Allah yang Maha Rahman sudah memberikan kemudahan ketika kita tidak menemukan air untuk bersuci. Yups, Allah memberikan kemudahan itu dengan menggantinya dengan tayamum, seperti yang sudah tercatat dalam QS. Al-Maidah ayat 6. Tayamum itu ialah salah satu cara bersuci yang disyariatkan dengan menggunkan media debu. Biar lebih paham lagi tentang Tayamum simak penjelasan berikut.

Pengertian Tayamum

panduan Tayamum

aliridho37.wordpress.com

Tayamum adalah salah satu cara bersuci dengan mengusap bagian muka (wajah) dan kedua belah tangan dengan menggunakan semua permukaan bumi yang bersih baik itu berupa debu, pasir, bebatuan yang bersih dan kering. Akan tetapi pada umumnya ketika bertayamum itu dengan menggunakan debu.

Dalil Tentang Tayamum

hadis tayamum

buletin.muslim.or.id

Tayamum sendiri dalam islam sudah dijelasakan di dalam al-Qur’an, sunnah dan Ijma’ (kesepakatan) para ulama. Berikut ini dalil tayamum yang diambil dari Al Qur’an dalam Surat Al-Maidah ayat 6;

وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ

Artinya :
Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (Debu) itu. (QS. Al Maidah : 6)

Kemudian dalam Hadisnya, Rasulullah SAW bersabda :

عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: فُضِّلْنَا عَلَى النَّاسِ بِثَلاَثٍ. جُعِلَتْ صُفُوْفُنَا كَصُفُوْفِ اْلمَلاَئِكَةِ، وَ جُعِلَتْ لَنَا اْلاَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدًا، وَ جُعِلَتْ تُرْبَتُهَا لَنَا طَهُوْرًا اِذَا لَمْ نَجِدِ اْلمَاءَ

Artinya :
Dari Hudzaifah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Kami diberi kelebihan atas manusia dengan 3 perkara, yaitu : Dijadikan barisan-barisan kami seperti barisan-barisan malaikat, dijadikan bagi kami bumi seluruhnya sebagai tempat shalat, dan dijadikan bagi kami debunya sebagai pensuci apabila kami tidak mendapatkan air”. (HR. Muslim, dalam Nailul Authar I : 308)

Media yang Dapat Digunakan untuk Tayammum

fardhu tayamum

carlosparnellmd.com

Media yang dapat digunakan untuk bertayammum adalah seluruh permukaan bumi yang bersih baik itu berupa pasir, bebatuan, tanah yang berair, lembab ataupun kering. Hal ini berdasarkan hadits Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam dari sahabat Hudzaifah Ibnul Yaman rodhiyallahu ‘anhu di atas dan secara khusus,

جُعِلَتِ الأَرْضُ كُلُّهَا لِى وَلأُمَّتِى مَسْجِداً وَطَهُوراً

“Dijadikan permukaan bumi seluruhnya bagiku dan ummatku sebagai tempat untuk sujud dan sesuatu yang digunakan untuk bersuci”. (Muttafaq ‘alaihi)

Sebab-Sebab diperbolehkannya Tayamum

hal yang membolehkan tayamum

tirto.id

  • Tidak adanya air. Baik itu ketika dalam keadaan perjalanan (safar) ataupun tidak.
  • Ada air tapi jumlahnya terbatas, sementara ada kebutuhan lain yang lebih penting dan memerlukan air, seperti untuk minum dan masak.
  • Adanya kekhawatiran, Ketika bersuci dengan air akan membahayakan diri, seperti semakin lama sembuh dari sakit
  • Ketidakmapuan dalam menggunakan air untuk berwudhu, disebabkan sakit serta tidak mampu bergerak untuk mengambil air wudhu serta tidak ada yang membantu untuk berwudhu bersamaan dengan kekhawatiran habisnya waktu sholat
  • Adanya kekhawatiran akan kedinginan kalau bersuci dengan menggunakan air serta tidak adanya yang dapat menghangatkan air tersebut.

Syarat Sah Tayamum

syarat tayamum

ngrukem.com

  • Adanya halangan (uzur) yang dibenarkan, seperti sakit.
  • Sudah berikhitiar terlebih dahulu untuk mencari air.
  • Sulit mendapatkan air, karena kondisi tertentu yang dapat menghilangkan nyawa jika tetap harus mencarinya.
  • Menggunakan debu yang suci dan kering.
  • Dilakukan ketika Waktu sholat telah tiba.
  • Terkhusus Untuk wanita, Tidak sedang lagi nifas atau haid.
  • Jika terdapat kotoran najis yang melekat pada badan, maka harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum bertayamum.
  • Debu yang digunakan untuk bertayamum harus yang suci belum pernah digunakan (musta’mal) dan tidak tercampur dengan benda lain. maksud dari debu musta’mal yaitu debu yang menempel pada tubuh atau yang sisa pemakaian

Fardhu Atau Rukun Tayamum

debu tayamum

ngrukem.com

• Menyiapkan debu untuk dipindahkan ke muka dan tangan.
• Niat bertayamuam untuk keabsahan (diperbolehkan) melaksanakan sholat.
• Mengusap muka dengan debu. Batasan Mengusap muka sama dengan batasan ketika berwudhu.
• Mengusap kedua tangan sampai kesiku dengan menggunakan debu.
• Tertib. Maksudnya harus dilakukan sesuai dengan urutan yang benar.

Sunah Tayamum

sunah tayamum

Eph219.com

  • Membaca basmallah ( Bismillahir rahmaanir rahiim)
  • Mendahulukan anggota yang kanan baru kemudian anggota yang kiri.
  • Menipiskan debu.
  • Membaca doa setelah tayamum.

Hal-Hal yang Membatalkan Tayamum

membatalkan tayamum

1000world.blogspot.co.id

  • Segala sesuatu yang membatalkan wudhu adalah membatalakan tayamum juga.
  • Melihat atau menemukan air wudhu sebelum sholat, akan tetapi tidak batal bagi yang tayamum karena sakit.
  • Keluar dari agama islam (murtad)

Niat Tayamum

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ فَرْض للهِ تَعَالَى

Nawaituttayammuma listibaahatis sholaati fardhal lillaahi ta’aalaa
Artinya : “Sengaja aku bertayammum untuk melakukan shalat fardhu karena Allah Ta’ala”

Do’a Sesudah Tayamum

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

AsyhaduAllaa Ilaahaillallaahu WahdahuuLaa SyariikaLah, Wa Asyhaduanna Muhammadan ‘Abduhuu wa Rasuuluh, Allaahummaj’alnii Minattawwaabiina Waj’alnii Minalmutathohhiriina
Artinya :
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci.

Tata Cara Tayamum

arti tayamum

EmbunHati.com

  • Pertama-tama dengan mempersiapkan debu yang akan digunakan untuk bertayamum dan meletakan kedua belah telapak tangan pada debu.
  • Niat bertayamum bersamaan dengan mengusap muka (wajah) dengan debu yang terdapat pada kedua belah telapak tangan.
  • Kemudian tempelkan lagi kedua belah telapak tangan pada debu dengan posisi tempat yang berbeda dari posisi meletakan tangan pada debu yang pertama.(supaya tidak terkena debu yang musta’mal)
  • Lalu mengusap kedua belah tangan hingga ke siku dengan debu, dimulai dengan mengusapkan debu yang ada dtelapak tangan sebelah kiri ke tangan kanan dan selanjutnya mengusap tangan kiri dengan debu yang berada di telapak tangan kanan sampai siku-siku.
  • Semua usapan dilakukan hanya sekali saja
  • Tayammum dapat juga untuk menghilangkan hadas besar seperti janabat, sama halnya dengan hadas kecil

Gambar Tata Cara Tayamum yang Benar

cara tayamum

Mengusap muka (wajah) dengan debu

tata cara tayamum

Mengusap kedua belah tangan hingga ke siku dengan debu

Hikmah dari Tayamum

hikmah tayamum

antarapositifnegatif.blogspot.co.id

Diantara hikmah tayamum ialah untuk menyucikan diri kita serta agar kita senantiasa bersyukur. Inilah yang menunjukan bagaimana Maha Rahman Allah, yang sama sekali tidak ingin memberatkan hamba-hamba Nya. Dalam surat Al-Maidah ayat 6, Allah menutup ayat tersebut dengan firman-Nya yang bebunyi:

مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagi kamu, agar kamu bersyukur.” (QS. Al Maidah: 6).

Demikian lah penjelasan tentang tata cara tayamum beserta doa dan niat tayamum. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam bersuci serta dapat memngamalkannya. Jangan lupa shere artikel ini agar bermanfaat juga bagi yang lainnya. Terimaksih.

Leave a Reply