12 Tips Packing Tas Gunung yang Baik

Belakangan ini kegiatan-kegiatan outdoor banyak sekali digandrungi semua orang. Baik itu mendaki gunung atau pun sekedar camping ceria kesuatu tempat. terutama para pemuda-pemuda yang masih memiliki semangat yang tinggi. Rasa antusias dan rasa penasaaran akan hal baru membuat mereka ingin melakukan kegiatan tersebut.

Kita ambil contoh mendaki gunung. Mendaki gunung sebenarnya merupakan kegiatan yang memiliki resiko tinggi. Bagaimana tidak, gunung merupakan tempat dimana semua kondisi alamnya masih sangat natural, artinnya di gunung jauh sekali dengan fasilitas-fasilitas yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Belum lagi terkait dengan kondisi cuaca. Cuaca di daerah yang lebih tingi khususnya gunung cukup dibilang ekstrim. Kita tahu makin tinggi suatu tempat makin ekstrim juga cuaca disana. oleh karena itu kita dituntut untuk lebih ekstra, baik itu dari segi tenaga ataupun dari segi persiapan. Karena banyak hal-hal yang tidak terduga yang bakal kita hadapi nantinya seperti keadaan cuaca yang berubah-ubah hingga resiko cidera yang terjadi pada diri kita.

Satu hal yang paling penting kita persiapkan selain fisik adalah persiapan perbekalan yang akan kita bawa kesana. Perbekalan yang akan kita bawa sangat lah harus diperhatikan karena itulah yang menjadi modal kita selama melakukan kegiatan outdoor tersebut. Yang jelas jangan sesekali menyepelekan perbekalan yang akan kita bawa.

Berikut ini ada 12 tips untuk packing tas gunung cerrier yang baik, yang bisa kita praktikan ketika akan melakukan kegiatan-kegiatan outdoor seperti halnya naik gunung ataupun sekedar camping  di alam bebas.

  1. Buat list perlengkapan yang akan kita bawa

contoh list perlengkapan

Ini langkah awal yang harus  kita lakukan sebelum benar-benar kita packing barang kita ke dalam tas. Buat lah list atau daftar barang-barang yang akan kita bawa nantinya. Mulai dari perlengkapan wajib sampai dengan perlengkapan yang pendukung. Ini bertujuan untuk membantu kita memastikan agar apa-apa yang akan kita rencanakan dapat dibawa ke dalam tas, dan juga untuk meminimalisir kelupaan. Jadi buat lah list perlengkapan se-efisien mungkin tanpa harus membawa beban yang berlebihan.

  1. Kelompokan barang-barang yang akan dibawa

pinterest.com

Sesudah kita menyiapkan barang-barang yang kita list tadi, sekarang kita kelompokan barang-barang sesusai dengan apa yang kita butuhkan. Tujuannya apa, tidak lain adalah agar dapat mengurangi resiko-resiko kelupaan akan suatu barang. Karena biasanya satu barang akan berhubungan dengan barang yang lainnya.  Contohnya, saat kita mengambil peralatan masak, pasti kita akan memeriksa barang lainnya seperti kompor dan gas ataupun yang lainnya. Oleh karena itu sebisa mungkin buat lah wadah-wadah tersendiri untuk barang-barang yang sekiranya terkait untuk memudahkan kita ketika ingin membongkar dan mencari barang yang kita perlukan.

  1. Pilih tas gunung atau cerrier sesuai dengan yang kita butuhkan.

https://id.pinterest.com/pin/540291286522503526/

Biasanya untuk pemilihan tas gunung atau cerrier itu sendiri disesuaikan dengan lamanya pendakian dan kapasitas tubuh. Jika pendakian berkisar 2-3 hari pilihlah tas gunung dengan besar kapasitas sekitar 20-60 liter, jika pendakian 3-5 hari tingkat kapasitas menjadi 80-100 liter dan jika pendakian berkisar antara 5-10 hari gunakan tas gunung dengan kapasitas 100-125 liter. Sesuaikan berat tas gunung kita dengan kapasitas kekuatan kita, ingat jangan memaksakan. Jadi ukur diri kita dan selalu pilih yang nyaman buat diri kita.

  1. Lapisi bagian dalam tas dengan kanton plastik atau trash bag.

Sebelum memasukan barang-barang kedalam tas, terlebih dahulu baiknya bagian dalam tas gunung kita dilapisi dengan kantong plastik/ trash bag. Pelapisan kantong plastik tersebut berfungsi mencegah logistik dan peralatan lainnya basah jika hujan, karena walaupun sudah memakai rain cover potensi air untuk meresap ke dalam tas sangat lah mungkin terjadi. Karena rain cover itu sendiri hanya menutupu bagian depan tas, tidak menutupi keseluruhan tas.

  1. Gunakan matras sebagiai pembentuk tas gunung kita.

matras

Sebenarnya ada sebagian orang yang lebih suka menempatkan matras diluar tas. Tetapi untuk  lebih efisien baiknya  matras diletakan di dalam tas. Karena keberadaan matras diluar tas itu nantinya sangat mengganggu ketika kita melewati medan-medan yang cukup sulitdan itu sangat menggangu kenyaman kita. Oleh karena itu sangat disarankan matras diletakan didalam tas. Tidak lain manfaatnya ialah membentuk posisi tas kita menjadi lebih bagus (bisa berdiri tegak dan tidak ada bentuk yang tidak berarturan), efektif untuk pemanfaatan ruang tas, tidak menggangguproses pendakian dan juga membuat matras kita aman dari hujan.

  1. Bagian bawah tas untuk barang yang empuk. besar dan bersifat ringan

 

pinterest.com

Untuk bagian bawah tas, letakan barang-barang yang empuk dan ringan seperti sleeping bag dan pakaian ganti. Hal ini bertujan untuk menyeimbangkan  tas. Selain itu juga berfungsi sebagai pengganjal matras serta membentuk matras menjadi lebar.

  1. Bagian tengah tas untuk barang-barang yang berat.

Untuk bagian tengah tas, letakan barang-barang yang berat seperti logistik, air dan barang berat lainya. Yang harus diperhatikan disini ialah letakan barang yang paling berat dekat punggung kita tujuannya adalah agar beban berat kita tidak bertumpuk pada pinggangataupun paha. Pundak kita akan berperan dalam menopang beban tersebut. Dan juga pastikan kemasan air yang kita bawa dalam kondisi baik, tidak bocor ataipun tutupnya tidak rapat. Karena akan sangat beresiko jika ada kebocoran.

  1. Bagian atas tas untuk barang-barang ringan yang bersifat penting.

pinterest.com

Untuk bagian atas tas, letakan barang-barang bersifat ringan dan bisa ditekan ukurannya, serta yang sering digunakan ketika kondisi mendesak. Seperti  cemilan, sandal, flysheet, P3K, dan peralatan-peralatan lain yang tingkat penggunaanya sangat tinggi. Peletakan ini akan memudahkan kita untuk menggunkannya disaat kita membutuhkannya.

  1. Letakkan Jas Hujan/mantel di kepala tas gunung kita.

Jas hujan merupakan barang yang sangat penting ketika dalam melakukan perjalanan. Oleh karena itu letakan jas hujan di bagian paling atas atau di kepala tas gunung kita. Tujuannya tidak lain  untuk mempermudah kita mengambilnya suatu saat ketika hujan atau gerimis mulai turun.

  1. Tas harus seimbang dan jangan biarkan ada ruang kosong.

trevelsia.com

Setelah selesai semua memasukan barang kedalam tas gunung kita, sekarang coba kita berdirikan tas kita, lepaskan dan berikan sedikit sentuhan ringan ke tas kita. Jika masih berdiri dengan seimbang maka dipastikan kita sudah benar dalam mempacking barang kita. Kalau jatuh berati belum seimbang. Dan pastikan jangan biarkan ada ruang yang kosong. Pastikan semuanya terisi.

  1. Jangan lupa gunakan Rain Cover

usoutdoor.com

Rain cover sendiri banyak sekali manfaatnya. Utamanya ialah untuk mengurangi resiko basah pada tas saat hujan atau dalam keaadan lainnya. Kemudian Rain cover juga membuat tas kita tampak lebih bersih karena secara tidak langsung rain cover melindungi tas kita kontak dengan tanah dan lain sebagainya. Dan biasanya bagi para pendaki lain rain cover juga sering digunkan untuk meletakan nama-nama sponsor dalam pendakian.

  1. Gunakan tas kecil sebagai tambahan.

tas tambahan

Sebagai tamabahan, tas kecil sangat bermanfaat sekali untuk membawa benda-benda kecil yang berharga. Seperti dompet, ponsel, kamera saku dan sebagainya. yang man tujuannya tidak lain untuk mempermudah kita mengambilnya suatu saat.

Itulah 12 tips packing tas gunung yang baik yang bisa kita terapkan ketika akan mendaki gunung ataupun camping di alam bebas. setidaknya dengan kita mengetahui cara paccking yang baik dan benar kita bisa mengurangi resiko-resiko yang tidak kita inginkan. yang jelas jangan menyepelekan hal sekecil apapun. 🙂

Leave a Comment