Manfaat Buah Matoa, Buah Khas Papua yang Ampuh Hilangkan Stres

Masih sangat jarang dari masyarakat Indonesia yang mengenal buah matoa. Buah yang berasal dari tanah Papua ini tumbuh dari tanaman yang dikenal di dunia biologi sebagai Pometia pinnata. Buah matoa memiliki daging yang terasa sangat manis dan bertekstur agak lembek. Tekstur, rasa serta warna dari buah ini sangat mirip dengan buah rambutan dan kelengkeng.

Buah eksotis yang berasal dari keluarga Sapindaceae ini memiliki kandungan akan beberapa nutrisi yang dapat berguna untuk kesehatan tubuh. Buah matoa diketahui kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E yang merupakan sumber antioksidan kuat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, seperti yang dilansir dari DrHealthBenefits.

Akhir-akhir ini, kepopuleran buah matoa semakin meningkat dan telah tersebar ke berbagai wilayah khususnya Asia Tenggara dan kawasan Pasifik. Untuk mengetahui berbagai khasiat yang disediakan oleh buah matoa, berikut ulasan tentang bagaimana buah matoa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Mengandung antioksidan yang tinggi

Buah matoa merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C serta vitamin E. Kedua jenis vitamin inilah yang akan berkombinasi dan mampu menghasilkan sumber antioksidan yang kuat.

Antioksidan sangat diperlukan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel dalam tubuh.

2. Menghilangkan stres

Dengan mengonsumsi buah matoa dengan teratur dapat mengalami efek stres menjadi berkurang. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin E di dalam buah matoa. Vitamin E sendiri memiliki kemampuan untuk meredakan rasa stres di dalam diri seseorang.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

Vitamin C yang tersimpan di dalam buah matoa merupakan agen penting yang berperan dalam meningkatkan kinerja sistem imun dalam tubuh manusia.

Baca Juga :  Manfaat Air Kelapa, Obat dari Segala Penyakit

Sama seperti vitamin C yang ada pada asupan lainnya, vitamin dalam buah matoa mampu mendukung produksi sel darah putih yang mampu melindungi tubuh melawan berbagai macam infeksi.

buah matoa

4. Meningkatkan kesuburan

Bagi pria dan wanita yang ingin menjaga kesuburan atau memiliki masalah kesuburan, buah matoa merupakan asupan yang tepat untuk mengatasinya. Hal ini didukung oleh kandungan vitamin E pada buah matoa.

Vitamin E mampu membantu meningkatkan kinerja kelenjar rahim pada wanita. Hal ini agar sel sperma yang sudah masuk dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Mengonsumsi suplemen vitamin E bagi pria dan wanita bisa meningkatkan hasil pembuahan pasangan.

5. Mencegah tumbuhnya kanker

Bila radikal bebas sudah dengan bebas mengakses tubuh, sel kanker akan dengan mudah berkembang di dalam tubuh. Untuk mencegah hal ini terjadi, dibutuhkan antioksidan yang dikenal mampu memerangi dan mencegah tumbuh kembang dari sel kanker.
Karena kandungan vitamin C dan vitamin E yang tinggi di dalam buah ini, matoa dapat dijadikan sebagai sumber yang baik untuk menerima antioksidan ke dalam tubuh.

6. Merawat kesehatan kulit

Kesehatan kulit sangat penting bagi tubuh. Selain menjaga penampilan dengan memiliki kulit yang bersih dan cerah, kulit pun dapat melakukan fungsinya dengan baik.

Vitamin E merupakan nutrisi yang sudah dikenal atas kemampuannya dalam menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Vitamin ini mampu mengurangi inflamasi dan membuat kulit menjadi terlihat lebih muda.

Sedangkan vitamin C berkontribusi dalam pemroduksian kolagen yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit. Antioksidan berfungsi untuk mendukung regenerasi sel kulit optimal yang juga mampu membuat kulit menjadi terlihat lebih muda dan sehat.

Sumber:
https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-matoa-fruit,
https://moodymonth.com/articles/a-guide-to-female-fertility-vitamins,
https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-face

Leave a Reply