Manfaat Mangga untuk Kesehatan Kulit, Mencerahkan dan Cegah Jerawat

By | January 21, 2020

Berbicara soal buah mangga, yang terpintas di pikiran Anda pasti adalah buah dengan daging berwarna jingga dan rasa manis-asam yang menyegarkan. Memiliki rasa yang lezat dan harga yang relatif murah menjadikan buah mangga sebagai salah satu buah favorit di Indonesia.

Selain dimakan langsung, buah yang tumbuh subur di daerah tropis ini juga dapat dinikmati dalam berbagai cara. Umumnya mangga diolah menjadi minuman jus, pudding, atau es krim mangga. Buah ini juga mudah ditemukan dalam berbagai hidangan menyegarkan seperti es buah, salad buah, hingga rujak.

khasiat mangga untuk kulit dan wajah

khasiat mangga untuk kulit dan wajah (Photo by robert and fabienne on Foter.com / CC BY)

Di balik kesegarannya mangga juga menyimpan banyak vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Buah mangga kaya akan vitamin yang diantaranya adalah vitamin A, C, dan E, serta kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan magnesium.

Dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya, tak heran jika buah ini memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Ada banyak khasiat mangga bagi kesehatan, seperti membantu atasi masalah pencernaan, menyehatkan jantung, menurunkan risiko terserang penyakit kanker, serta menutrisi kulit.

Meskipun di dunia kecantikan mangga masih kalah populer jika dibandingkan dengan buah lainnya seperti stroberi dan lemon, namun mangga memiliki manfaat yang tak kalah banyak dari buah lainnya. Berikut ini adalah manfaat mangga untuk kesehatan kulit:

1. Mencerahkan kulit

Paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit kusam dan menggelap. Jika hal ini terjadi pada Anda, cobalah manfaatkan mangga untuk mengembalikan kulit agar tampak cerah kembali.

Baca Juga :  Manfaat Buah Matoa, Buah Khas Papua yang Ampuh Hilangkan Stres

Mangga mengandung beta karoten dan vitamin A yang dapat memulihkan kulit yang terbakar matahari dan meremajakan sel kulit. Vitamin C pada mangga juga sudah dikenal sebagai zat yang efektif untuk mencerahkan kulit.

2. Anti penuaan

Selain kandungan vitamin dan mineral, mangga juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Dengan begitu, kulit pun akan terhindar dari tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus dan pigmentasi kulit.

Antioksidan pada mangga juga dapat membantu produksi kolagen pada kulit dan mempercepat proses regenerasi sel kulit. Sel-sel kulit mati pun akan terangkat dan digantikan oleh sel baru, sehingga kulit tetap kencang, kenyal, dan awet muda.

3. Mencegah jerawat

Mangga dapat membantu membersihkan pori-pori, sehingga kotoran penyebab jerawat dan komedo tak akan menumpuk. Vitamin A pada mangga baik untuk membantu atasi produksi minyak berlebih pada wajah, selain itu ada vitamin C dan E yang merupakan salah satu kandungan yang efektif untuk melawan jerawat.

Tak hanya mencegah jerawat, mangga juga menjadi salah satu buah yang baik untuk hilangkan noda bekas jerawat. Kandungan vitamin A dan beta karoten pada mangga dapat mengganti sel-sel kulit mati, sehingga bekas jerawat akan memudar.

manfaat mangga untuk jerawat

manfaat mangga untuk jerawat (Photo by AdrianoSetimo on Foter.com / CC BY-NC-SA)

4. Menghilangkan komedo

Keberadaan komedo yang biasanya menumpuk di daerah hidung memang meresahkan dan mengganggu penampilan, tak heran jika banyak orang rela menahan nyeri untuk menghilangkan komedo yang membandel.

Ada cara mudah dan efektif untuk mengangkat komedo, yaitu dengan menggunakan masker buah mangga. Campurkan satu sendok teh mangga yang sudah dihaluskan dengan setengah sendok teh madu dan susu. Aplikasikan pada area wajah yang berkomedo, kemudian pijat lembut dan diamkan hingga sekitar 30 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air hangat. Cara ini disinyalir ampuh untuk menghilangkan komedo pada wajah.

Baca Juga :  Manfaat Kentang, Jaga Kesehatan Tulang Hingga Jantung

5. Mengangkat sel kulit mati

Mangga mengandung Alpha Hydroxy Acid atau AHA yang dikenal sebagai salah satu bahan eksfoliator kimia alami terbaik untuk kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih segar, sehat, dan terhindar dari kekusaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *