Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Tubuh

Bentuk dari buah naga yang sangat unik membuatnya mudah dikenal dan diingat oleh kebanyakan orang. Buah yang umum ditemukan di Amerika dan Asia Tenggara tersebut juga dikenal dengan nama dragon fruit, pitaya atau pitahaya di berbagai belahan dunia. Buah naga merah juga kerap kali dijadikan sebagai salah satu menu buah yang ada di dalam oatmeal bowl.

Ada dua jenis buah naga yang paling umum dikonsumsi. Kedua jenis buah ini memiliki ciri-ciri fisik luar yang hampir mirip antara satu sama lain. Mereka memiliki kulit berwarna merah cerah serta rangkaian sisik yang berwarna kehijauan, dengan jenis yang satunya memiliki daging berwarna putih disertai biji berwarna hitam. Sedangkan yang satunya lagi memiliki daging berwarna merah dengan biji yang berwarna hitam pula.

Menurut Healthline, buah naga mempunyai rasa yang sedikit manis seperti kombinasi dari antara buah kiwi dan pir, dengan tekstur yang berair dan renyah. Tidak hanya itu, buah naga juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Khusus bagi buah naga merah, berikut terdapat kumpulan manfaat yang bisa diperoleh dari naga merah untuk kesehatan tubuh, seperti yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kemampuan tubuh dalam memerangi infeksi ditentukan oleh beberapa faktor, termasuk kualitas makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Kandungan vitamin C dan karetonoid yang terdapat di dalam buah naga mampu meningkatkan kinerja sistem imun tubuh serta mencegah terkena infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sebagai antioksidan, vitamin C dan karetonoid dapat menetralkan radikal bebas dan melindungi sel darah putih dari berbagai macam bahaya. Buah naga merah juga memiliki kandungan flavonoid yang mampu membasmi gejala flu.

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini http://yogadigest.com

2. Mampu mencegah tubuh dari kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia. Buah naga merah merupakan buah yang mengandung beberapa nutrisi yang dipercaya dapat bermanfaat untuk mencegah ‘masuknya’ kanker ke dalam tubuh.

Baca Juga :  Manfaat Teh Hijau, Cocok Buat Diet Hingga Bikin Awet Muda

Vitamin C yang terdapat di buah naga merah mampu mengurangi risiko kanker. Begitu pula dengan kandungan betalain dan karotenoid dalam buah naga yang juga mampu menekan sel kanker dan mengurangi risiko serangan kanker.
Buah naga merah juga memiliki serat pangan yang memiliki kemampuan untuk melindungi usus besar dari terkena kanker.

3. Membantu menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang ideal, atau setidaknya normal merupakan keinginan bagi kebanyakan orang. Menurunkan berat badan dengan berbagai cara dilakukan oleh mereka untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Buah dan Makanan yang dapat Mengecilkan Perut Buncit dan Menurunkan Berat Badan secara Cepat

Kandungan serat yang cukup didapatkan dari sebuah makanan akan membuat orang merasa kenyang dan tidak memiliki rasa lapar hingga beberapa jam ke depan. Buah naga pun merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang baik.
Selain memiliki fungsi untuk membuat perut kenyang, serat dalam buah naga merah juga dapat bekerja menstabilkan kadar gula darah yang mencegah rasa mengidam, serta mencegah produksi insulin berlebih yang mendorong kenaikan berat badan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Dikutip dari Perfect Supplements Australia, buah naga merah merupakan buah yang baik bagi kesehatan jantung, dengan mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).

Biji buah naga yang berwarna hitam juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan asam lemak tersebut diketahui bisa membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

manfaat buah naga merah

Photo by Joeri van Veen on Foter.com / CC BY-NC-ND

Sumber:

https://perfectsupplementsaustralia.com.au/blogs/blog/the-beauty-benefits-of-red-dragon-fruit-pink-pitaya, https://www.healthline.com/nutrition/dragon-fruit-benefits,
https://www.victoriahealth.com/editorial/benefits-of-dragon-fruit-1

Leave a Reply