Manfaat Kacang Hijau untuk Berbagai Kesehatan Tubuh

By | January 13, 2020

Manfaat Kacang Hijau – Bagi orang Indonesia, kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang paling terkenal. Kacang hijau acap kali dikaitkan dengan makanan, seperti bubur kacang hijau yang telah menjadi makanan khas nusantara. Tidak hanya di Indonesia, kacang yang memiliki nama binomial Vigna radiata ini juga banyak ditemukan di berbagai wilayah lain di dunia sebagai bahan utama dalam membuat makanan.

Bakpia, roti, Ginisang monggo di Filipina, panekuk Bindae-tteok di Korea, pitha di Bangladesh, dan berbagai kuliner lainnya merupakan contoh makanan yang menggunakan kacang hijau di dalam bahan utamanya. Selain itu, kacang hijau juga telah dijadikan basis dari produk perawatan kulit.

Kacang hijau pada umumnya berasal dari wilayah Asia Tenggara, Asia Timur serta Asia Selatan. Karbohidrat, protein, serat pangan, folat, mangan, serta berbagai jenis vitamin merupakan rangkaian nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau. Kandungan nutrisi yang baik dalam kacang hijau membuatnya berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat kacang hijau

manfaat kacang hijau (Photo by Joi on Foter.com / CC BY)

Dikutip dari Healthline, berikut terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari kacang hijau bagi kesehatan.

1. Mengurangi risiko penyakit kronis

Kacang hijau memiliki banyak antioksidan sehat. Antioksidan tersebut termasuk asam fenolik, flavonoid, asam kafeat, asam sinamat dan yang lainnya. Antioksidan sendiri mampu menetralkan radikal bebas. Jumlah radikal bebas yang tinggi dapat melakukan interaksi dengan komponen sel dan menyebabkan kerusakan. Kerusakan inilah yang dikaitkan dengan inflamasi kronis, penyakit jantung, kanker dan yang lain.

Baca Juga :  Manfaat Mangga untuk Kesehatan Kulit, Mencerahkan dan Cegah Jerawat

Sebuah studi menunjukkan bahwa antioksidan yang berasal dari kacang hijau dapat menetralkan kerusakan radikal bebas yang terkait dengan pertumbuhan sel kanker di paru-paru dan sel perut. Taoge yang merupakan kecambah kacang hijau bahkan diketahui memiliki efek antioksidan enam kali lebih baik dari kacang hijau biasa.

2. Mencegah heat stroke

Heat stroke atau sengatan panas merupakan suatu kondisi tubuh yang tiba-tiba mengalami kenaikan suhu yang cukup tinggi dan membuat tubuh menjadi panas.

Efek antiinflamasi yang dimiliki kacang hijau dikenal dapat membantu melindungi tubuh dari sengatan panas, temperatur tubuh yang tinggi, rasa haus dan lainnya.

Antioksidan bernama vitexin dan isovitexin yang terkandung pada kacang hijau juga mampu menahan sel dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas yang terbentuk saat tubuh mengalami heat stroke.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat dan risiko sakit jantung

Kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Kacang hijau bisa menjadi jawaban untuk mencegah atau menurunkannya.

Dalam sebuah analisis studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi legum, termasuk kacang hijau, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sampai sekitar 5 persen.

Kerusakan Fungsi Pada Jantung

Kerusakan Fungsi Pada Jantung via dokterbabe.com

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah kondisi penyakit yang sangat umum ditemukan di berbagai wilayah di dunia. Penyakit ini biasanya diderita oleh mereka orang dewasa dan yang memasuki tahap lanjut usia.

Kacang hijau sendiri kaya akan kandungan serat, magnesium dan kalium. Yang mana nutrisi-nutrisi tersebut dikenal berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kacang hijau mengandung beberapa jenis nutrisi yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh manusia. Serat merupakan yang paling utama. Secara khusus, kacang hijau mengandung jenis serat larut yang dinamakan pektin. Serat pektin mampu menjaga kesehatan usus dengan mempercepat pergerakan makanan.

Baca Juga :  Manfaat Buah Matoa, Buah Khas Papua yang Ampuh Hilangkan Stres

Selain serat, kacang hijau juga memiliki pati resistan yang dapat memelihara bakteri usus sehat. Bakteri tersebut kemudian akan mencerna dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek, khususnya butirat.

6. Menjaga kesehatan tubuh dalam masa kehamilan

Masa kehamilan bagi seorang wanita merupakan masa yang membuatnya harus mengonsumsi makanan serta minuman yang sehat dan banyak mengandung nutrisi. Salah satunya adalah folat yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal.

Kacang hijau menyediakan folat sebanyak 80 persen dari asupan harian referensi (RDI) dalam satu cangkir matang (202 gram). Selain itu juga kaya akan zat besi, serat dan protein yang sangat dianjurkan untuk kesehatan wanita hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *