Manfaat Kentang, Jaga Kesehatan Tulang Hingga Jantung

By | January 14, 2020

Siapa tidak mengenal kentang? kandungan dan manfaat kentang merupakan salah satu jenis makanan yang terkenal dan dapat ditemukan di berbagai penjuru di dunia.

Manfaat Kentang goreng atau french fries merupakan salah satu jenis olahannya yang paling terkenal. Selain itu, kentang juga banyak diolah menjadi makanan yang lain. Donat kentang, perkedel, mashed potato, sambal goreng kentang, kroket kentang, hingga keripik kentang merupakan sebagian jenis makanan populer yang dibuat dari kentang.

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran akar yang kerap kali dijadikan sebagai bahan pengganti nasi karena sumber karbohidratnya. Kentang juga mengandung protein, serat, kalium, kalsium, fosfor, serta beragam jenis vitamin.

manfaat kentang kukus

Photo on Foter.com

Melansir beberapa sumber, berikut ulasan manfaat yang dapat diperoleh dari kentang untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat kentang rebus, Kandungan zat besi, fosfor, kalsium, magnesium serta zink yang terdapat di dalam kentang diketahui mampu membantu tubuh untuk membangun serta mempertahankan struktur dan kekukuhan tulang.

Dalam hal ini, zat besi dan zink memiliki peran penting dalam pemroduksian dan pematangan kolagen. Sedangkan pada fosfor dan kalsium memiliki peran yang penting dalam keseimbangan dua mineral dalam proses mineralisasi tulang.
Jika tubuh mengalami kelebihan fosfor dan kekurangan kalsium akan dapat berakibat pada gejala osteoporosis.

2. Meningkatkan kontrol gula darah

Manfaat kentang kukus, Kentang memiliki kandungan pati resistan, yang berperan sebagai sumber nutrisi bagi bakteri menguntungkan di dalam usus.
Dikutip dari Healthline, penelitian telah mengaitkan pati resistan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Seperti mengurangi resistensi insulin, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kontrol gula darah.

Baca Juga :  Manfaat Mentimun untuk Perawatan Wajah, Bikin Awet Muda dan Atasi Jerawat

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada orang-orang dengan diabetes tipe 2, ditemukan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung pati resistan mampu membantu mengurangi gula darah yang berlebihan.

3. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Manfaat kentang untuk diet, Selain mampu meningkatkan kontrol gula darah, pati resistan dalam kentang juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan.

Pati resistan akan menjadi makanan bagi bakteri menguntungkan setelah mencapai usus besar. Bakteri inilah yang akan mencerna lalu mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek bernama butirat.

Studi menunjukkan bahwa butirat mampu mengurangi inflamasi yang terjadi pada usus besar, memperkuat pertahanan usus besar serta mengurangi risiko kanker kolorektal.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kentang mampu bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat, kalium, vitamin C dan B6 merupakan kelompok nutrisi yang bekerja dalam hal ini.

Serat pada kentang mampu membantu mengurangi jumlah total kolesterol di dalam darah, yang berkaitan dengan pengurangan risiko terkena penyakit jantung.

5. Menjaga metabolisme tubuh

Kentang kaya akan kandungan vitamin B6. Jenis vitamin inilah yang memegang peran penting dalam metabolisme energi.
Mengutip Medical News Today, vitamin B6 pada kentang akan memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Senyawa yang lebih kecil tersebut akan lebih mudah digunakan oleh energi di dalam tubuh.

kandungan dan manfaat kentang

kandungan dan manfaat kentang (Photo on Foter.com)

6. Membantu merawat kulit

Manfaat kentang untuk wajah, Vitamin C di dalam kentang mampu bekerja dengan baik dalam hal perawatan kulit. Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang dikenal mampu menjaga kesehatan kulit.

Kandungan vitamin C pada kentang dapat membantu mencegah kerusakan kulit yang pada umumnya disebabkan oleh sinar matahari, polusi udara, atau bahkan dari asap. Selain itu, vitamin C juga diketahui mampu menjaga produksi kolagen, menghaluskan dan memudarkan kerutan kulit, menangkis kekeringan kulit, dan meningkatkan tekstur serta kesehatan kulit secara keseluruhan. inilah kenapa manfaat kentang rebus untuk kecantikan sangat peting

Baca Juga :  Manfaat Kacang Hijau untuk Berbagai Kesehatan Tubuh

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/280579.php
https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-potatoes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *