Manfaat Kulit Manggis, Obati Kanker dan Cegah Penuaan

By | January 14, 2020

Manfaat Kulit Manggis – Manggis merupakan salah satu jenis buah yang digemari masyarakat. Buah yang umumnya tumbuh di daerah tropis ini disukai bukan hanya karena daging buahnya yang nikmat di lidah, namun juga karena kulit buah manggis dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Ekstrak dari kulit manggis disinyalir berkhasiat untuk menangani berbagai penyakit.

Di dalam kulit manggis, terdapat banyak kandungan yang baik bagi tubuh seperti vitamin, mineral, tannin, astosionin, dan asam amino. Dari banyaknya zat menguntungkan tersebut, zat terpenting pada kulit manggis adalah zat xanthone yang merupakan bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menangkal radikal bebas, mengatasi diare, dan obat diabetes. Meskipun zat ini juga terdapat di tumbuhan lain, namun buah manggis merupakan tumbuhan yang paling banyak mengandung zat sumber antioksidan ini.

Khasiat Kulit Manggis

Manfaat Kulit Manggis (Photo by smalljude on Foter.com / CC BY)

Karena khasiatnya yang melimpah, kini kulit manggis telah dikembangkan dan hadir dalam bentuk kapsul yang mudah untuk dikonsumsi kapan saja. Lalu apa saja manfaat kulit manggis bagi kesehatan?

Mengobati penyakit kanker

Kandungan xanthone yang merupakan antioksidan pada kulit manggis disinyalir memiliki peran yang aktif dalam melawan sel kanker dalam tubuh. Zat ini memiliki sifat poliferasi atau penghambat berkembangnya sel kanker, dan juga bersifat apoptosis atau penghancur sel kanker.

Maka dari itu kulit manggis sangat direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi oleh penderita kanker, orang yang memiliki risiko tinggi terserang kanker, maupun orang yang telah berhasil melawan kanker sebagai upaya untuk menghindari berkembangnya sel kanker lain pada tubuh.

Baca Juga :  Manfaat Teh Hijau, Cocok Buat Diet Hingga Bikin Awet Muda

Namun bukan berarti penyakit kanker dapat disembuhkan hanya dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis, karena kulit buah yang memiliki nama latin Garcinia Mangostana L ini berperan sebagai suplemen makanan yang membantu penyembuhan penyakit. Penderita kanker harus tetap menjalani rangkaian pengobatan seperti radioterapi dan kemoterapi untuk sepenuhnya membunuh sel kanker.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kulit manggis kaya akan vitamin C yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga ketika bakteri menyerang, tubuh tak akan mudah terinfeksi. Selain itu, kulit manggis juga baik untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit dengan sifat anti-bakteri dan anti-radang yang dimilikinya. Sifat anti-radang dan anti-alergi pada kulit manggis juga mampu meredakan gejala alergi.

Bahaya Asam Lambung

Mengontrol gula darah

Kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh memang senantiasa mengalami perubahan tergantung dengan asupan nutrisi makanan dan minuman yang kita konsumsi, namun kadar gula darah harus dijaga tetap dijaga dalam batasan normal supaya tubuh terhindar dari penyakit seperti diabetes dan kencing manis.

Untuk menjaga kadar gula darah, konsumsilah ekstrak kulit manggis karena kandungan alpha-amylase di dalamnya memiliki fungsi sebagai penghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa.

Mencegah penuaan dini

Penuaan kulit memanglah sebuah proses alami yang pasti dilalui semua orang seiring dengan bertambanya usia. Namun, beberapa hal bisa mempercepat proses penuaan sehingga gejala penuaan kulit dapat muncul sebelum waktunya. Hal ini disebut juga dengan penuaan dini, biasanya terjadi karena kulit terlalu sering terpapar sinar UV tanpa adanya perlindungan, efek merokok, dan paparan polusi yang menyebabkan menumpuknya radikal bebas pada tubuh.

Untuk mencegah penuaan dini, Anda bisa memanfaatkan kulit manggis karena kaya akan antioksidan yang berperan aktif dalam menangkal bahaya radikal bebas. Antioksidan juga dapat mempercepat regenerasi sel kulit sehingga sel-sel kulit yang rusak dapat dengan cepat digantikan oleh sel baru. Dengan begitu, kulit akan lebih awet muda dan kencang kembali.

Baca Juga :  Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *