Manfaat Mentimun untuk Perawatan Wajah, Bikin Awet Muda dan Atasi Jerawat

Siapa yang tak kenal mentimun, salah satu bahan masakan yang sering kita jumpai dalam berbagai hidangan mulai dari pelengkap lalapan hingga sushi. Rasanya yang menyegarkan membuat mentimun menjadi sayuran favorit sebagian orang.

Mentimun dikenal dengan kandungannya yang kaya akan air. Kadar air yang tinggi pada mentimun, yaitu sebesar 96%, dapat membantu mengatur keseimbangan cairan pada tubuh sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi. Kandungan serat yang kaya pada mentimun juga menjadikan sayur berwarna hijau ini baik untuk dikonsumsi ketika sedang ingin menurunkan berat badan.

Kandungan baik pada mentimun tak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga bagi perawatan kulit wajah. Khasiat mentimun untuk perawatan kulit bahkan sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Apa saja manfaat mentimun bagi perawatan kulit?

1. Menghilangkan mata panda

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

loquemepasaporlaabezagag.blogspot.co.id/

Kehidupan yang sibuk membuat kita kekurangan waktu untuk beristirahat, akibatnya lingkaran hitam di area mata atau mata panda pun menjadi masalah yang tak terhindari. Mata panda membuat kita terlihat lelah dan tak segar, selain itu juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Jika Anda mengalami hal ini, tak perlu khawatir karena Anda bisa mengurangi tampilan mata panda menggunakan mentimun.

Mentimun mengandung antioksidan dan silica yang baik untuk mengatasi mata panda, selain itu mentimun juga dapat memberi efek pendinginan yang bisa membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar sehingga mengurangi mata yang bengkak.
Untuk penggunaannya, kompres area mata dengan menggunakan irisan mentimun selama 30 menit. Anda juga bisa menyimpan irisan mentimun di lemari es sebelum digunakan untuk memberi sensasi dingin yang menenangkan.

Baca Juga :  Manfaat Teh Hijau, Cocok Buat Diet Hingga Bikin Awet Muda

2. Merawat luka bakar karena sinar matahari

Sengatan sinar matahari yang begitu terik dapat memberi sensasi panas pada wajah. Untuk mengatasinya, cobalah tempelkan risan mentimun tipis ke wajah yang terbakar karena sinar matahari selama setidaknya 15 menit. Mentimun yang mengandung nutrisi seperti kalium, sulfat, vitamin A, dan vitamin C dapat membantu atasi kondisi kulit iritasi atau terbakar.
Selain dengan cara di atas, Anda juga dapat memanfaatkan mentimun sebagai toner. Caranya mudah, rebus irisan mentimun dan air dengan api rendah sekitar 5 menit, setelah itu blender atau haluskan bahan hingga halus. Saring bahan yang sudah halus dengan kain tipis untuk memisahkan cairannya. Terakhir, pindahkan cairan yang akan Anda jadikan sebagai toner ke botol bersih.

3. Mengatasi jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dalam 1 hari

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Efek menyegarkan pada mentimun tak hanya baik untuk mengatasi kulit iritasi dan terbakar, tapi juga dapat meredakan peradangan pada jerawat dengan sifat anti-inflamasi yang ada di dalamnya. Selain itu, mentimun juga dapat mengecilkan pori-pori sehingga produksi minyak dan risiko munculnya jerawat baru juga akan berkurang. Caranya mudah, Anda bisa menggunakan masker mentimun atau mengoleskan mentimun langsung pada permukaan kulit yang berjerawat.

4. Mencegah penuaan dini

Mentimun mengandung vitamin C dan caffeic acid, dua antioksidan yang jika diterapkan pada kulit dapat membantu menangkal tanda-tanda penuaan dan memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari.

Campurkan mentimun yang sudah dihaluskan dengan dua sendok makan yoghurt kemudian aplikasikan sebagai masker selama 15 menit. Yoghurt dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan mengangkat kotoran. Ketika dikombinasikan dengan mentimun, maka masker ini akan sempurna untuk menghidrasi, menenangkan, dan memperbaiki kulit Anda.

Baca Juga :  Manfaat Kacang Hijau untuk Berbagai Kesehatan Tubuh

5. Mengatasi kulit kusam

Paparan sinar matahari dan polusi udara dapat merusak kulit dan meredam kilau alami wajah Anda. Akhirnya, kulit akan terlihat kusam meskipun sudah dibersihkan. Gunakanlah mentimun untuk mengembalikan cahaya pada wajah, karena mentimun mengandung antioksidan pada mentimun dapat mengeluarkan radikal bebas yang menumpuk dan membuat wajah terlihat kusam. Mentimun juga dapat meremajakan kulit dari dalam.

Leave a Reply