Ilmuwan: Minum Kopi dapat Membuat Panjang Umur!

Kopi ternyata banyak manfaatnya bagi pria. Dua penelitian terbaru menunjukkan, minum kopi bahkan dapat memperpanjang hidup seorang pria.

Menurut Huffington Post, para ilmuwan di Eropa dan Amerika Serikat telah menemukan bukti paling jelas dan kuat bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko kematian.

Sebuah studi terbaru yang melibatkan setengah juta responden di 10 negara Eropa menemukan bahwa pria yang menenggak setidaknya tiga cangkir kopi sehari, 18 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena alasan apapun ketimbang pria peminum non-kopi.

Wanita yang minum dengan jumlah yang sama kurang mendapat manfaat, namun masih mengalami penurunan angka kematian sebesar 8 persen selama periode penelitian itu dilakukan.

Hasil serupa juga dilaporkan oleh ilmuwan Amerika yang melakukan peneltian terpisah. Peneltian di AS ini melibatkan 185.855 sampel dari berbagai latar belakang etnis.

Penelitian di AS menemukan, terlepas dari latar belakang etnis, orang yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari memiliki 18 persen penurunan risiko kematian.

Dua peneltian itu dipublikasikan di jurnal Annals of Internal Medicine.

minum kopi
tribunnews.com

Para ahli percaya, senyawa tanaman antioksidan dalam kafein kopi bertanggungjawab pada efek memperpanjang hidup seorang manusia.

Penelitian kopi sebelumnya juga telah menemukan minum kopi dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, lever dan beberapa jenis kanker.

Dr Marc Gunter, dari Badan Penelitian Kanker Internasional, yang memimpin studi di Eropa bersama rekan-rekannya dari Imperial College, London, mengatakan, “Kami menemukan bahwa komsumsi kopi yang lebih banyak bisa dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat sebab apa pun.”

Menurut dia, hasil itu merupakan penelitian di seluruh 10 negara Eropa, meski kebiasaan minum kopi di negara itu berbeda-beda. “Studi kami memperlihatkan wawasan penting tentang mekanisme efek kopi yang menguntungkan bagi kesehatan,” ujarnya.

Tim Dr Gunther telah meneliti 521.330 sampel dalam peneltian Epic (European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition). Peneltian itu membentang di 10 negara Eropa termasuk Inggris, Prancis, Denmark dan Italia.

Orang Denmark adalah peminum kopi dengan volume terbanyak –900 ml per orang per hari– dan orang Italia tercatat paling sedikit minum kopi.

Setelah 16 tahun, hampir 42.000 orang yang ikut dalam penelitian tersebut meninggal dunia karena berbagai penyebab seperti kanker, gagal jantung dan stroke.

Dibandingkan dengan peminum non-kopi, pria peminum kopi 12 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mati. Wanita dalam kategori yang sama memiliki kemungkinan kematian 7 persen lebih rendah.

minum kopi
pixabay.com

Dari segi jumlah cangkir kopi yang dikomsumsi, pria dan wanita yang minum tiga cangkir kopi masing-masing mengalami efek 18 persen dan 7 persen mengurangi risiko kematian.

Sementara peneltian di Amerika Serikat juga melihat tingkat kematian selama 16 tahun. Seperempat peserta peneltian itu meminum dua sampai tiga cangkir kopi per hari, dan 7 persen di antaranya mengkomsumsi empat cangkir atau lebih.

Penelitian ini menemukan orang yang minum satu cangkir kopi setiap hari 12 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal daripada mereka yang tidak minum kopi.

Penelitian ini juga menunjukkan, minum dua sampai tiga cangkir kopi dapat mengurangi kematian hingga 18 persen.

Ketua tim peneliti AS, Dr Veronica Setiawan dari University of Southern California mengatakan, “Kopi banyak mengandung antioksidan dan senyawa fenolik yang berperan penting mencegah kanker.”

“Meskipun penelitian ini tidak menunjukkan bahan kimia apa yang membuat kopi memiliki ‘efek obat mujarab,’ jelas bahwa kopi dapat dimasukkan ke dalam makanan dan gaya hidup sehat,”

Kopi sendiri adalah minuman favorit di dunia. Diperkirakan 2,25 cangkir kopi diminum setiap hari di seluruh dunia.

Jadi, para pria peminum kopi, apa yang Anda lakukan selama ini tanpa Anda sadari telah memperpanjang umur Anda. Panjang umur segelas kopi! (sumber: msn.com)

minum kopi
pixabay.comm kopi

Leave a Comment