nama-nama Gubernur DKI Jakarta dari Masa ke Masa

Nama-nama Gubernur DKI Jakarta dari Masa ke Masa

Nama Gubernur DKI Jakarta – Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) DKI Jakarta 2017 telah selesai. Walaupun belum ada pengumuman resmi dari KPU siapa yang memenangkan Pilkada DKI Jakarta. Akan tetapi berdasarkan hitung cepat dari berbagai sumber, sudah dapat diprediksi bahwa pasangan Anies-Sandi yang bakal menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Tapi tahukan anda, bahwa setidaknya sudah 19 kali DKI Jakarta berganti pemimpin.

Berikut Nama – nama Gubernur DKI Jakarta dari Masa ke Masa

1. Soewirjo

Suwiryo nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia

Soewirjo atau Raden Soewirjo merupakan kepala daerah pertama DKI jakarta. Dimana pada waktu itu pada masa pendudukan Jepang yang mana posisi kepala daerah sebelumnya ditempati oleh seorang pembesar Jepang yang bernama Tokubetsyu Sityo. Soewiro sendiri pada waktu itu menjabat sebagai wakil walikota I bersama Baginda Dahlan Abdullah sebagai wakil walikota II.

Soewirjo lahir di Wonogiri, Jawa Tengah pada tanggal 17 februari 1903. Soewirjo juga merupakan salah satu tokoh pergerakan Indonesia dan juga pernah menjabat sebagi ketua umum Partai Nasional Indonesia (PNI) dan wakil mentri pada kabinet Sukiman. Gubernur Soewirjo mulai menjabat gubernur pada 23 September 1945 dan mengakhiri jabatan pada November 1947

2. Daan Jahja (sebagai Gubernur Militer Jakarta)

Daan Jahja nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Daan Jahja atau nama lengkapnya Letkol Inf. H. Daan Jahja merupakan Gubernur (militer) Jakarta menggantikan Raden Soewirjo dan juga sekaligus Panglima Divisi Siliwangi. Daan Jahja lahir Padang Panjang, Sumatera Barat, 5 Januari 1925.

Gubernur Daan Jahja juga merupakan tokoh penting dalam menumpas aksi Kapten Westerling yang akan merebut kekuasaan negara. Karena tidak terima penyerahan kedaulatan Indonesia oleh Belanda pada tanggal 27 Desmber 1949.
Gubernur Daan Jahja mulai menjabat gubernur dari tahun 1948 dan mengakhiri jabatan tahun 1950.

3. Soewirjo (periode ke-2)

Suwiryo nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia

Pada masa setelah perang kemerdekaan tepatnya pada Pada 17 Februari 1950. Di bawah pemerintahan Republik Indonesia Serikat (RIS) Soewirjo diangkat menjadi Gubernur Jakarta lagi. Akan tetapi tidak lama, Gubernur Soewirjo menjabat dari 17 Februari 1950 hingga 2 mei 1951. Setelah itu Soewirjo dingakat menjadi wakil PM dalam kabinet Sukiman-Suwirjo.

4. Sjamsuridjal

Syamsurijal nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Sjamsuridjal merupakan politisi berkebangsaan Indonesia. Sebelum Ia menjabat sebagai pimpinan tertinggi di Jakarta, ia menjabat sebagai walikota Surakarta. Sjamsuridjal menjabat sebagai walikota (jabatan yang setara dengan Gubernur pada waktu itu) Jakarta pada 2 Mei 1951 hingga 9 November 1953.

Kebijakan yang cukup terkenal paa masa kepemimpinnanya sebagai walikota pada saat itu adalah menegenai masalah listrik. Dan untuk menanganinya Sjamsuridjal membangun pembangkit listrik di Ancol.

5. Sudiro

Sudiro nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Sudiro merupakan Gubernur Jakarat yang memulai jabatannya pada 9 November 1953 sampai 29 Januari 1960. Ia dikenal sebagai politisi di Indonesia, bahkan sebelum menjabat sebagai gubernur di Jakarta, Ia sudah dahulu menjabat sebagai Gubernur di Sulawesi.

Gubernur Kelahiran Yogyakarta inilah yang mengeluarkan kebijakan dalam pembagian wilayah Jakarta menjadi tiga wilayah, yaitu Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

6. Soemarno Sosroatmodjo

sumarno nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Soemarno Sosroatmodjo adalah Gubernur Jakarta yang menjabat dari 29 Januari 1960 sampai pada tanggal 24 Agustus 1964. Ia merupakan tentara, dokter, sekaligus seorang politisi. Pada era kepemimpinannya muncul beberapa masalah begitu besar diantaranya masalah Papua Barat dan Demonstrasi Ganyang Malaysia. Yang menjadi peninggalan di masa kepemimpinan Soemarno Sosroatmodjo antara lain Monas, Patung Selamat Datang dan patung Pahlawan di Menteng.

7. Henk Ngantung

Henk Ngantung nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Henk Ngantung memiliki nama lengkap Hendrik Hermanus Joel Ngantung adalah gubernur Jakarta yang memulai jabatannya 26 Agustus 1964 hingga 15 Juli 1965. Sebelum menjadi gubernur, Henk Ngantung merupakan seorang pelukis Indonesia.

Pada saat penunjukannya sebagai gubernur Oleh Presiden Soekarno, banyak kalang yang memperotes karena Henk Ngantung dinilai tidak mempunyai bakat dalam pemerintahan. Dan karena masalah kesehatan jabatan gubernur yang diemban Henk Ngantung tidak begitu lama, tercatat tidak sampai satu tahun Ia menjabat gubernur.

8. Soemarno Sosroatmodjo (periode ke-2)

sumarno nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Soemarno Sosroatmodjo menjabat kembali sebagai Gubernur Jakarta untuk periode kedua menggantikan Gubernur sebelumnya Henk Ngantung, Yang memiliki masalah pada kesehatan. Untuk periode yang kedua ini Soemarno Sosroatmodjo menjabat gubernur dari 15 Juli 1965 hingga akhir jabatannya pada 28 April 1966.

9. Ali Sadikin

ali sadikin nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Ali Sadikin merupakan gubernur Jakarta Yang menjabat pada periode 1966-1977. Gubernur yang merupakan seorang Letnan Jendral KKO-AL (Korps Komando Angkatan Laut) yang di tunjuk langsung oleh Presiden Soekarno. Sebelum diangkat menjadi Gubernur Ali Sadikin pernah menjabat Sebagai deputi Kepala Staf Angkatan Laut dan juga pernah menempati posisi sebagai mentri di era Kabinet Kerja dan di era Kabinet Dwikora.

Gubernur yang sering disapa denga nama Bang Ali oleh warga Jakarta ini merupakan Gubernur yang sangat berjasa dalam merubah Jakarta menjadi sebuah Kota Metropolitan yang lebih Modern. Salah satu bukti perubahan buah hasil pemikiran Bang Ali antara lain Taman Ismail Marzuki, Kebun Binatang Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol dan masih banyak lagi.

Akan tetapi ada satu kebijakan yang begitu kontroversial dari Gubernur yang satu ini ialah melegalkan perjudian di Jakarta dengan memungut pajaknya untuk pembangunan kota dan juga mengembangkan hiburan malam dengan berbagai klab malam.

10. Tjokropranolo

Tjokropranolo nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Tjokropranolo merupakan gubernur Jakarta Periode 1977 sampai 1982. Gubernur yang sering disapa dengan Bang Nolly ini merupakan salah satu tokoh militer dalam sejarah perjuangan di Indonesia. Bahkan Ia menjadi pengawal Panglima Besar Soedirman pada masa Revolusi Nasional melawan pendudukan Belanda.

Sebelum menjabat sebagai gubernur Jakarta, Tjokropranolo menjadi asisten Gubernur Ali Sadikin selam satu tahun. Dan tepat pada Juli 1977, Ia resmi dilantik sebagai Gubernu Jakarta. Yang paling diingat dari gubernur ini adalah Ia sering mengunjungi berbagai pabrik dan sangat memperhatikan kesejahteraan buruh serta kesejahtereaan pedagang-pedagang kecil di Kota Jakarta.

11. Soeprapto

R Soepraptonama gubernur DKI Jakarta
wikopedia.org

Soeprapto merupakan gubernur Jakarta yang menjabat pada periode 1982 smapai 1987. Gubernur Kelahiran Surakarta ini sebelum diangkat menjadi gubernur Ia menjabat sebagai skertaris Jendral Depdagri. Berkat pengalamannya Ia diangkat menjadi gubernur untuk menangani permasalahan yang ada di Jakarta.

Gubernur Soeprapto merupakan gubernur pertama yang membuat Master Plan DKI Jakarta untuk periode 1985-2005, yang mana di era sekarang lebih dikenal dengan sebutan Rencana Umum Tata Ruang dan Rencana Bagian Wilayah Kota.

12. Wiyogo Atmodarminto

Wiyogo Atmodarminto nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Wiyogo Atmodarminto merupakan Gubernur Jakarta yang menjabat pada periode 1987-1992. Sebelum menjabat Gubernur Jakarta, Ia pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Jepang. Selain itu Wiyogo Atmodarminto pernah menjabat sebagai Panglima Kowilha II dan Panglima Kostrad.

Salah satu keberhasilan program dari Wiyogo Atmodarminto sebagai gubernur Jakarta adalah pembebasan kawasan becak, Swastanisasi Kebersihan, pembangunan Jalan Lingkar luar, hingga perbaikan jalan-jalan baik itu jalan ateri ataupun rel kereta api.

13. Soerjadi Soerdirdja

Soerjadi nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Soerjadi Soerdirdja adalah tokoh militer dan juga seorang politisi yang menjabat gubernur Jakarta pada periode 1992 hingga 1997. Pada masa kepemimpinannya sebgai gubernur Jakarta, Soerjadi Soerdirdja berhasil menjalankan proyek pembangunan di Kota Jakarta diantaranya adalah pembangunan rumah susun, menciptakan kawasan hijau serta memperbanyak daerah resapan air.

Pembangunan jalan-jalan tol juga terlakasana pada masa kempemimpinan gubernur Soerjadi Soerdirdja. Soerjadi Soerdirdja juga membawa Jakarta menerima penghargaan ‘Samya Krida Tata Tenteram Karta Raharja’ berkat kepemimpinannya dalam menerapkan peningkatan disiplin dan kualitas sumber daya aparat dalam lima pedoman kerja aparat pemerintah DKI Jakarta. Yang merupakan apresiasi terhadap pelaksanaan pembangunan 5 tahun.

14 & 15. Sutiyoso (dua Periode)

Sutiyoso nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Sutiyoso atau yang sering di sapa dengan panggilan Bang Yos ini merupakan gubernur Jakarta yang menjabat 2 periode. Periode pertama dari tahun 1997 hingga tahun 2002. Dan periode ke dua dari tahun 2002 hingga tahun 2007. Sebelum menjadi gubernur Jakarta, Sutiyosa merupakan Panglima Kodam Jaya.

Gaya kepemimipinannya sering disebut banyak meniru gaya kempemimpinan Mantan Gubernur Jakara dulu yaitu Ali Sadikin. Salah satu keberhasilan dari gubernur Sutiyoso ini adalah Ia membangun sistem Angkutan masal yang bernama Trans Jakarta atau yang lebih dikenal dengan istilah Busway yang berfungsi sebagai sebuah sistem transportasi baru kota.

16. Fauzi Bowo

Fauzi Bowo nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Fauzi Bowo merupakan Gubernur Jakarta pertama yang dipilih langsung oleh masayarakat Jakarta melalui Pilkada pada tahun 2007. Fauzi Bowo yang berpasangan dengan Prijanto memenangkan pilkada setelah mengalahkan pasangan Adang Daradjatun dan Dani Anwar.

Fauzi Bowo menjabat sebagai Gubernur Jakarta pada periode 2007-2012. Sebelum menjabat gubernur, Fauzi Bowo menjabat sebgai wakil gubernur Jakarta pada masa Kepemimpinan Sutiyoso sebagai gubernur.

17. Joko Widodo

Jokowi nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Joko Widodo atau yang lebih dekat di sapa Jokowi merupakan Gubernur Jakarta periode 2012 hingga 2014. Ia terpilih sebagai gubernur berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama setelah dalam pemilu mengalahkan pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

Salah satu program yang menjadi andalan di masa kepemimipinan Joko Widodo ini adalah kartu Jakarta sehat dan kartu Jakarta Pintar. Jokowi menjabat sebagai gubernur tidak lama. Karena semasa menjadi gubernur Jokowi mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia.

Yang mana akhirnya Jokowi terpilih sebagai Orang nomor satu di Indonesia berpasangan dengan Jusuf Kalla. Terhitung hanya 2 tahun saja Jokowi memimpin Jakarta.

18. Basuki Tjahaja Purnama

Basuki nama gubernur DKI Jakarta
wikipedia.org

Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disapa Ahok merupakan Gubernur Jakarta periode 2014 hingga 2017. Sebagai seorang wakil gubernur dimasa kepemimpinan Joko Wiodo. Ahok dilantik sebagai gubernur Jakarta meneruskan kepemimpinan Joko Widodo yang pada saat itu telah menjadi Presiden Republik Indonesia.

Penunjukan Basuki Tjahaja Purnama banyak menuai kritik dari berbagai pihak salah satu yang paling keras dalam penolakan terhadap Basuki Tjahaja Purnama adalah Front Pembela Islam (FPI). FPI menolak kota Jakarta dipimpin oleh Gubernur yang beragama selain islam.

Gubernur yang dikenal tegas ini juga mencalonkan diri kembali sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017-2022. Ahok berpasangan dengan Djarot. Tapi pada akhirnya pasangan ini kalah dengan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

19. Anies Baswedan

anies baswedan gubernur jakarta
twitter.com

Anies Baswedan merupakan gubernur terpilih dalam pilkada DKI Jakarta tahun 2017. Walaupun belum ada pengumuman resmi dari KPU dan belum dilantik secara resmi. Tapi kemungkinan besar Anies Baswedan akan menjadi gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017-2022. Berdasarkan hasil hitung cepat perhitungan suara, Pasangan Anies-Sandi unggul mutlak dari pasangan gubernur petahan Ahok-Djarot.

2 thoughts on “Nama-nama Gubernur DKI Jakarta dari Masa ke Masa

  1. sudah ada 19 gubernur ternyata ya, luar biasa rame banget pemilihan gubernur jakarta, ngalah-ngalahin berita gubernur daerah lain

  2. Menambah pengetahuan biografi tentang gubernur-gubernur Ibu kota. Mendoakan selalu yang terbaik untuk Jakarta, ibu kota negara Indonesia.

Leave a Comment