Lokasi Tambang Emas Terbaik dan Terbesar di Indonesia

tambang emas di Indonesia – Indonesia merupakan salah satu negara yang di dalamnya terdapat banyak sumber daya alam. Baik itu sumber daya alam yang bersifat terbarukan seperti hutan, satwa, sungai, laut dan lain sebagainya. Hingga sumber daya alam yang bersifat tidak terbarukan seperti emas, batu bara minyak bumi dan lain-lain.

Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan dan juga menjadi kebanggan bangsa Indonesia adalah adanya Tambang Emas dan persebaran emas di Indonesia sendiri merata hampir disetiap pulau ada. Emas merupakan salah satu sumber daya alam paling berharga di seluruh dunia. Karena Emas termasuk logam mulia yang memiliki nilai yang tinggi.

Banyak orang yang berinvestasi dengan emas, karena memang harga emas ini cenderung stabil dan bahkan terus meningkat. Biasanya Masyarakat berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan, logam mulia (emas Batangan), Koin dinar, dan lain sebagainya.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil emas terbesar, akan tetapi saat ini tambang-tambang di Indonesia sendiri banyak dikuasai oleh persuhaan-perusahaan asing, ya walaupun ada juga Badan Usaha Milik Negara yang ikut mengelola, bahakan sampai ke penambang liar.

Berikut Tambang Emas di Indonesia

1. Tambang Emas Grasberg

tambang emas di indonesia Tambang Emas Grasberg, Papua

anisavitri.wordpress.com

Tambang Emas Grasberg atau yang sering dikenal dengan gunung emas merupakan tambang emas di Indonesia  yang masuk kedalam salah satu tambang emas terbesar di dunia. Tambang emas ini terletak di Timika, Provinsi Papua. Tambang ini mayoritas dimiliki oleh Freeport, sebuah perusahaan asing yang berbasis di Arizona, Amerika Serikat.

Walupun berada di wiliyah Indonesia, Pemerintah Indonesia hanya kebagian beberapa persen saja dari hasil tambang emas ini. Untuk cadangan emas sendiri. Berdasarkan data, tahun 1991 Tambang Emas Grasberg memiliki cadangan emas dan tembaga sekitar 3,8 miliar ton.

Dan hingga tahun 2016 telah emas disana telah ditambang sebesar 1.7 miliar ton. Itu artinya untuk sekarang masih tersisa 2.1 miliar ton emas dan tembaga di Tambang ini.

2. Tambang Emas Tujuh Bukit

Tambang Emas Tujuh Bukit, Banyuwangi

pixabay.com

Tambang Emas Tujuh Bukit atau Gunung Tumpang Pitu merupakan tambang emas yang berada di ujung timur pulau Jawa, tepatnya di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Dinamakan Tujuh Bukit karena Tambang ini terletak dikawasan perbukitan yang memiliki 7 puncak.

Tambang Emas ini sudah ada sejak tahun 1991, akan tetapi baru secara resmi dikelola pada tahun 2015. Tambang ini dikelola oleh PT Merdeka Copper Gold. Bahkan Tambang Tujuh Bukit dikatakan sebagai tambang emas di Indonesia terbesar ke-2 setelah Tambang Grasberg di Papua.

3. Tambang Emas Batu Hijau

Tambang Emas Tujuh Bukit, Banyuwangi

cdn.tmpo.co

Tambang Batu Hijau merupakan tambang emas yang terletak di Sebelah Barat daya pulau Sumbawa. Tepatnya di kecamatan Jerewah dan Senkongkang, Kabupaten Sumba. Lokasi Tambang Batu Hijau berjarak 81 km dari Pusat Kota Mataram dan dapat dicapai denggan menggunakan Pesawat Seaplane Perusahaan.

Tambang emas Batu Hijau dioperasikan oleh PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT). Tambang emas Batu Hijau mulai beroperasi sejak tahun 2000. Diperkirakan ada sekitar 9.3 juta ons emas terkandung di dalamnya. Bahkan konon katanya perusahaan ini mampu memproduksi 40 kilogram emas dalam sehari.

4. Tambang Emas Gosowong

Tambang Emas Gosowong, Halmahera

2.bp.blogspot.com

Tambang Emas Gosowong merupakan tambang emas terbuka (open pit mine) yang terletak di dekat sungai Tabobo, Halmahera Utara,Maluku Utara. Luas tambang emas ini meliputi 1.608 Ha bidang kontruksi. Berdasarkan data yang ada dari tahun 1999-2002 tambang ini sudah menghasilkan 770.000 ons emas.

Tambang emas Gosowong dioperasikan oleh PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM). Yang mana 75% mayoritas sahamnya dimiliki oleh perusahaan asing yaitu Newcrest Mining Ltd (Newcrest), produsen emas terbesar asal Australia. Sedangkan sisanya dimiliki BUMN PT. Aneka Tambang Tbk (ANTM).

5. Tambang Emas Kencana

Tambang Emas Kencana, Maluku Utara

merdeka.com

Tambang Emas Kencan sama seperti tambang Emas Gosowong, sama-sama terletak di wilayah Maluku Utara. Yang membedakan ialah jika tambang Gosowong merupakan tambang terbuka, beda halnya dengan Tambang Emas Kencana yang merupakan tambang yang terletak di bawah tanah.

Semua kegiatan penambangan dilakukan di bawah tanah, yang dikelola oleh PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) yang berafiliasi dengan PT. Byrnecut Indonesia. Berdasarkan data yang terhimpun, Tambang Emas ini telah menghasilkan 4.63 juta ons emas dan juga 6 juta ons perak.

6. Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe, Tapanuli Selatan

img-static.riaupos.co

Tambang Emas Martabe merupakan tambang emas yang terletak di daerah Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. Tambang Emas ini juga merupakan tambang emas dan perak kelas dunia. Tambang Emas Martabe dikelola oleh PT Agincourt Resources sebuah perusahaan yang berasal dari Singapura.

Berdasarkan data per 31 Desember 2014 Tambang ini memiliki cadangan mineral dengan total sumber daya mineral (resource) sebesar 7,4 juta Ounces emas dan 70 juta Ounces perak. Sedangkan total cadangan (reserves) sebesar 2,68 juta Ounces dan 27,2 juta ounces perak.

7. Tambang Emas Cikotok

Tambang Emas Cikotok, Jawa Barat

kabarcsr.com

Tambang Emas Cikotok adalah tambang emas di Indonesia yang pertama kali dikelola oleh Antam. Tambang emas ini terletak di Kecamatan Bayah, Lebak Selatan atau kurang lebih 130 km di Selatan Rangkasbitungb, Banten. Dahulunya penambangan emas di cikotok ini dilakukan oleh perusahaan Belanda Naamloze Vennootschap Mijnbouw Maatschappij Zuid Bantam pada 1936.

Akan tetapi Setelah Indonesia merdeka pada 1945, tambang Cikotok berada di bawah pengawasan pemeritahan Indonesia hingga akhirnya tahun 1960 statusnya menjadi perusahaan Negara. Sampai pada tahun 2008, tambang emas Cikotok memasuki Masa fase pascatambang, dan melalui surat persetujuan bupati pada 11 Desember 2015 pada Januari 2016 secara resmi kegiatan penambangan di Tambang Emas Cikotok ditutup.

8. Tambang Emas Kelian

Tambang Emas Kelian, Kutai Barat

plus.google.com

Tambang Emas Kelian terletak di Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat Prov.Kaltim. Tambang ini dioperasikan oleh PT.Kelian Equatorial Mining (KEM) yang mana sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Rio Tinto Limited dan hanya 10% saja saham yang dimiliki oleh PT.Harita Jaya Raya.

PT.Kelian Equatorial Mining (KEM) mengawali aktivitas penambanga pada tahun 1970. Perusahaan ini mengeksplorasi selama 22 tahun sampai pada akhirnya di tahun 2005 PT.Kelian Equatorial Mining (KEM) mengakhiri produksinya karena persedian emas di tambang ini telah habis.

9. Tambang Emas Desa Pujon

Tambang Emas Desa Pujon, Kalimantan Tengah

sinarharapan.co

Tambang emas ini berada di Desa Pujon. Sebuah desa yang mendapat julukan desa emas, yang terletak di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Tambang emas Desa Pujon ini merupakan tambang emas rakyat yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Bahkan hampir mayoritas masayarakat yang tinggal disana bekerja menambang emas. Mereka menambang dengan cara menyedot pasir akan tetapi ada juga yang menambang dengan cara meyaring pasir yang mengandung emas (Lanting). Tambang Emas Desa Pujon satu-satunya tambang emas di Kalimantan yang proses dilakukan secara manual.

Itulah nama-nama tambang emas di Indonesia yang perlu kita ketahui. Semoga kedepannya Negeri kita tercinta ini dapat memiliki sepenuhnya tambang emasnya, karena jika sepenuhnya miliki kita, negeri ini tidak bakal banyak hutang seperti sekarang. Silahkan shere jika dinilai informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply