cara memilih jurusan kuliah

10 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Jitu

Cara Memilih Jurusan Kuliah – Masa depan merupakan misteri bagi kita, tetapi setidaknya sudah memperisapkannya mulai dari sekarang walaupun terkadang untuk mewujudkannya bukan perkara yang gampang.

Tak terkecuali bagi kita yang baru saja menyelesaikan sekolahnya di bangku SMA/SMK. Untuk menggapai masa depan yang diinginkan kita harus memiliki skill yang akan menjadi modal utama kita nantinya.

Kebanyakan para siswa yang baru selesai menamatkan SMA/SMK nya bahkan sejak dibangku kelas 3 dibuat bingung untuk menentukan mau kemana setelah lulus.

Bagi kita yang ingin melanjutkan ke dunia perkuliahan masih dibuat bingung dengan pertanyaan-pertanyaan seperti , mau kuliah dimana nantinya? kampus mana yang baik dan bagus? Jurusan apa yang cocok untuk saya? Dan lain sebagainya. Bahkan tak jarang banyak orang salah mengambil jurusan, karena asal ambil jurusan dan asal kuliah saja.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum memilih jurusan apa yang akan kita ambil nantinya haruslah dipikirkan matang-matang, agar tidak terjadi penyesalan yang berkepanjangan.

Untuk menjawab semua itu sebenarnya ada pada diri kita masing-masing. Coba tanyakan pada diri kita, passion apa yang ada pada diri kita agar sesuai dengan jurusan yang kita ambil.

Ada Banyak Cara Memilih Jurusan Kuliah

Untuk memilih jurusan di dunia perkuliahan, banyak sekali cara memilih jurusan kuliah yang dapat kita lakukan. Mulai dari menentukan lokasi, kualitas kampus, biaya, testimoni dari para alumni, hingga prospek kedepan seteleh lulus dari jurusan kuliah yang kita ambil.

Di zaman yang serba canggih saat ini, yang semua serba teknologi . Kita sebagai manusia yang hidup di zaman ini dapat dengan mudahnya mencari sesuatu atau informasi yang kita butuhkan dengan mudah.

Kemudahan tersebut dapat kita gunakan untuk memilih menentukan jurusan kuliah apa yang nantinya kita ambil agar tidak ada penyesalaan kedepannya.

Apa yang sebaiknya kita lakukan untuk memilih jurusan studi kuliah yang cocok untuk kita nantinya?? Untuk menjawab hal tersebut, berikut faktor-faktor yang bisa membantu mengenai cara memilih jurusan kuliah yang baik untuk kita

1. Kemampuan Pada Bidang Tersebut

cara memilih jurusan kuliah

Dalam memilih jurusan kuliah hendaknya pilihlah sesuai dengan bidang yang kita kuasai. Buang semua rasa gengsi dan rasa ketakutan yang berlebihan dalam mengambil keputusan.

Karena bakal kedepannya tantangan yang jauh lebih besar akan menanti. Jika diawal saja kita sudah merasa dibuat pusing dengan hal-hal tersebut maka mungkin kita akan dibuat stress dan menjalani hidup dengan penuh ketidaktenangan serta penyesalan yang berkepanjangan.

Jika kita memiliki keahlian dan minat yang tinggi dalam dunia trevelling atau suka jalan-jalan, jangan pernah ragu untuk melanjutkan minat kita itu di jurusan pariwisata. Bahagia rasanya Ketika kita menjalani kehidupan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Begitu juga dengan perkuliahan, kita akan terasa senang dan tanpa beban ketika memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion kita. Bahkan tidak mustahil nilai kita bisa bagus, karena memang kita punya kemampuan di bidang tersebut.

2. Sesuai Dengan Passion

cara memilih jurusan kuliah

Tidak bisa dipungkiri, sebagian orang kuliah bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan . Maka banyak orang ketika mengambil jurusan dengan tujuan agar bisa mendapatkan pekerjaan yang prospek dimasa depan.

Tapi, yang harus diingat adalah hal yang menjadi pertimbangan awal untuk menentukan pilihan jurusan kuliah adalah minat serta ketertarikan kita terhadap bidang tersebut.

Apapun itu, jika nantinya dipertengahan jalan kita menghadapi kesulitan serta hambatan-hambatan yang ada, kita pasti bisa mengikuti arusnya dengan baik tanpa harus berkeluh kesah dan frustasi.

Begitu juga dengan pemahaman-pemahaman materi yang akan terasa gampang dan hasilnya kelak ketika kita sudah lulus akan menjadi lulusan yang memang berkompeteni di bidang tersebut dengan baik.

3. Finansial

cara memilih jurusan kuliah

Cara memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah dengan memperhatikan kemampuan finansial. Sebelum memilih jurusan studi kuliah di sebuah Universitas, kita harus memperhatikan biaya-biaya apa yang nantinya akan kita keluarkan saat berkuliah di Universitas itu.

Serta pertimbangkan juga biaya hidup disana nantinya. Hal yang perlu diingat, uang memang faktor utama dari segala hal, tapi jangan sampai gara-gara faktor finansial ini minat terhadap jurusan yang menjadi target kita malah berkurang.

Ada banyak cara agar kita bisa tetap berkuliah sesuai dengan jurusan yang kita pilih, salah satunya dengan mengajukan beasiswa. Ada bnayak beasiswa-beasiswa yang ditawarkan baik dari pemerintah maupun swasta. Tergantung sejauh mana usaha kita untuk mencarinya.

4. Komitmen

cara memilih jurusan kuliah

Ini juga yang harus kita tanamkan pada diri sebelum benar-benar memilih jurusan studi kuliah, yaitu komitmen. Coba tanyakan pada diri kita, sejauh mana kita berkomitmen dengan jurusan studi kuliah kita? Siapkah kita mengorbankan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu yang terkait dengan jurusan pilihan kita? Pastikan komitmen-komitmen yang sudah kita buat tetap terjaga.

5. Sikap Keseharian Kita

cara memilih jurusan kuliah

Maksudnya disini adalah bagaimana sikap atau perilaku kita dalam keseharian, yang sudah tertanam dalam diri kita baik itu dalam hal sosial, kemanusiaan ataupun dari hal religius. Mungkin banyak bagian dari kita yang sangat bersemangat ketika mebantu adik-adik atau tetangga kita dalam belajar,

maka sah-sah saja jika mengambil jurusan yang berkenaan dengan hal itu, seperti jurusan PGSD misal. Jika kita sering bergelut didapur untuk masak, kita bisa mengambil jurusan tata boga. Atau mungkin ada dari kita yang tidak suka melihat hewan-hewan yang terlihat sakit, kita bisa mengambil jurusan kedokteran hewan.

6. Jangka Waktu Kuliah

cara memilih jurusan kuliah

Setiap jurusan perkuliahan yang ada di setiap universitas pasti memiliki rentang waktu yang berbeda-beda untuk menyelesaikan studinya. Contohnya jika kita ingin menjadi seorang dokter, kita harus kuliah setidaknya 5 tahun karena ada tambahan praktik, sebelum kita benar-benar menjadi dokter sungguhan.

Faktor waktu ini juga harus dipertimbangkan, tidak semua orang ingin berlama-lama dalam dunia perkuliahan, ada sebagian orang yang ingin cepat karena mungkin bagi mereka masih ada hal lain yang harus mereka lakukan setelah kuliah.

7. Saran Masukan dari Orang Lain ataupun Keluarga

cara memilih jurusan kuliah

Jika kita masih kebingungan dalam memilih jurusan, cobalah minta pendapat atau masukan dari orang lain terkait dengan jurusan apa yang cocok untuk kita. Pastinya mereka akan memberikan masukan yang pastinya bakal berguna bagi kita.

Orang yang pendapatnya dan masukannya kita minta, biasanya dapat melihat dari sudut pandang yang berbeda. Jadi kita dapat membanding-bandingkannya dengan argumen-argumen kita.

8. Pertimbangan-Pertimbangan Spiritual dan Agama

cara memilih jurusan kuliah

Di Indonesia sendiri nilai-nilai yang terkait dengan spiritual dan keagamaan merupakan hal yang sangat penting. Dalam kasus-kasus tertentu, mungkin nantinya jurusan kuliah yang kita ambil berada di Universitas yang dinaungi oleh lembaga-lembaga keagamaan yang berbeda dengan keyakinan kita.

Mungkin bagi kita hal yang biasa dan diangap sah-sah saja, tapi ada sebagian orang yang menganggap hal tersebut dapat menimbulkan konflik batin pada dirinya. Bahkan mungkin saja bisa berakibat pada hubungan sosial dalam bermasyarakat.

Walaupun presentasi kemungkinannya sangat kecil, karena kita percaya di negara kita ini sangat menjunjung tinggi toleransi dalam beragama.

9. Prospek Kedapannya

cara memilih jurusan kuliah

Kita harus bisa membaca bakal seperti apa kehidupan dimasa depan nantinya. Bidang apa yang sekiranya bakal paling banyak dibutuhkan? Jurusan apa yang menjajnjikan kedepannya? Tanyakan pada diri kita tentang hal itu. Karena setiap negara pasti memiliki bidang-bidang yang berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri biasanya para pekerja dibidang IT kurang begitu dihargai dan juga sering dituntut serba bisa. Sebaiknya pandai-pandai lah memprediksi jurusan apa yang bakal paling dibutuhkan dimasa depan sehingga kita bisa memberikan kontribusi sesuai dengan bidang kta.

10. Persiapkan Alternatif

cara meilih jurusan kuliah

Tidak semua jurusan kuliah yang kita pilih dapat terwujudkan. Terkadang ada faktor tertentu yang mengakibatkan kita tidak bisa masuk kuliah dengan jurusan yang kita sukai.

Oleh karena itu, sebaiknya siapkan alternatif atau rencana cadangan. Mungkin dengan cara memilihl jurusan kuliah yang lain, atau bisa menunda kuliah ditahun depan.

Dengan adanya Alternatif ini maka kita dibuat lebih percaya diri dan juga siap secara mental jika sewaktu-waktu memang jurusan yang kita ambil tidak tercapai.

Jurusan Kuliah yang Menjamin Masa Depan dan Pekerjaan

Inilah Beberapa Jurusan Kuliah yang Menjamin Masa Depan yang merupakan hasil survei dari Higher Education Statistics Agency (HESA) di Inggris yang dikutip oleh Telegraph. Simak kuy!

Jurusan Kedokteran (Jurusan Kuliah IPA)

Sudah tidak diragukan lagi, jurusan ini membuka kesempatan kerja yang begitu luas untuk lulusannya.

Namun untuk menjadi seorang dokter bukan perkara yang mudah, karena Anda harus menempuh pendidikan yang amat panjang dengan menghabiskan biaya yang tidak sedikit pula, akan tetapi it’s worth it.

Ketika lulus nanti, Anda akan kebingungan menerima tawaran kerja yang datang dari segala arah.

Jurusan Pertanian (Jurusan Kuliah IPA)

Negara kita merupakan negara agraris yang seharusnya menjadi lumbung pangan dunia. Namun hal yang sangat kita sayangkan, yang tertarik untuk berkonsentrasi di bidang ini jumlahnya hanya bisa dihitung jari.

Banyak alasan yang melatarbelakangi mereka, salah satunya karena jurusan itu dianggap kurang tenar dibandingkan dengan jurusan lainnya, Mindset itu belum tepat, kuliah bukan hanya saja mencari yang wah-wah saja, tapi juga harus pandai melihat prospek ke depan.

Sudah saatnya kita sama-sama membuka cakrawala berpikir, jika ditelisik lebih mendalam, jurusan ini memiliki lapangan kerja yang lumayan luas.

Lulusan pertanian bisa langsung diterima menjadi penyuluh pertanian, peneliti pertanian, ahli tanaman, pendidik pertanian, ahli budidaya tanaman, dan lain-lain.

Jurusan Kelautan dan Perikanan (Jurusan Kuliah IPA)

Di zaman yang serba modern ini, sudah bukan rahasia lagi, bahwa kalau jurusan ini salah satu yang paling berpotensi mendapatkan lapangan pekerjaan dengan mudah.

Kehadiran Ibu Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, telah membawa bidang perikanan memasuki babak baru, pada tahun 2015 hingga saat ini bidang maritim paling disorot.

Program Menteri Susi untuk fokus dalam bidang laut merupakan keputusan yang sangat tepat, karena Indonesia terdiri dari 70 persen laut dan sisanya adalah daratan, maka banyak memerlukan tenaga kerja yang benar-mengerti seluk beluk tentang laut dan ikan.

Jadi, bagi Anda yang mendalami ilmu kelautan dan perikanan jangan ragu lagi ya untuk melangkah lebih jauh ke depan, pelajari sedalam-dalamnya, ketika finish nanti, Bak gayung bersambut, Anda akan segera mendapatkan pekerjaan dengan muda seperti yang sobat harapkan.

Jurusan Teknik Informatika (Jurusan Kuliah IPA)

Di zaman teknologi digital seperti saat ini, jurusan Teknik Informatika menjadi idola banyak kalangan karena dianggap lulusannya paling mudah mencari pekerjaan, salah satunya menjadi `blogger` hebat.

Meski pun persaingan untuk bisa menembus prodi Informatika juga terbilang sangat sulit, namun lulusannya akan mendapatkan pekerjaan yang bergengsi dan bergaji selangit.

Lulusan jurusan Informatika kini banyak dicari bukan hanya untuk perusahaan start-up, tetapi juga untuk perusahaan terkemuka, dan badan rahasia negara!

Jurusan Pendidikan (Jurusan Kuliah IPA/IPS)

Pendidikan juga salah satu jurusan yang berkesempatan tinggi dalam mendapatkan pekerjaan.
Minimnya tenaga pengajar di Indonesia menjadi faktor utama kenapa jurusan ini membuka lapangan kerja yang lumayan luas, terutama bila sobat memiliki bakat terpendam sebagai seorang pendidik.

Menjadi pengajar memang salah satu pekerjaan terhormat di Indonesia. Terlepas dari itu semua, kondisi kesejahteraan guru diprediksikan akan terus meningkat dengan berbagai tunjangan dan kemudahan lainnya yang ditawarkan saat ini.

Jurusan Hukum (Jurusan Kuliah IPS)

Masalah hukum yang tak pernah ada ujungnya membuat jurusan ini semakin laku. Selain terkesan keren dan berkualitas tinggi, lulusan jurusan hukum juga berpotensi mendapatkan banyak kesempatan kerja di berbagai bidang. Kelebihan lain yang ditawarkan, yaitu gajinya juga lumayan memuaskan.

Lulusan jurusan ini bisa berkarier menjadi pengacara,notaris, polisi, militer, hingga menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Jurusan Akuntansi (Jurusan Kuliah IPS)

Bidang akuntansi atau pada zaman dahulu kala kerap disebut sebagai tata buku, Jurusan ini merupakan bidang yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan keuangan.

Hal yang menarik diketahui, jasa lulusan jurusan akuntansi ini banyak dibutuhkan oleh segala bidang usaha, alasannya karena semua perusahaan pasti memerlukan jasa pencatatan keuangan. Karena dirasa penting, lulusan jurusan ini tidak akan menjadi penganggur dalam jangka waktu yang lama.

Jurusan Bahasa 

Tidak benar jika Anda menyepelekan jurusan ini. Tak lain, karena lapangan kerja untuk lulusannya cukup membentang luas seperti langit dan bumi.

Terlebih lagi jika Anda berkonsentrasi pada jenis bahasa yang lagi booming dalam dunia bisnis, Jepang dan Cina, bahasa Korea atau bahasa yang jarang diketahui orang seperti bahasa Arab, Rusia dan lain-lain.

Banyak lembaga internasional atau perusahaan multinasional yang mencari orang-orang ahli bahasa untuk bekerjasama dengan mereka. Bahkan kemungkinan besar gajinya lebih tinggi dari bidang lainnya.

Itulah tadi tips ataupun cara memilih jurusan kuliah baik dan jurusan yang menjanjikan masa depan, bagi kita yang masih bingung dan galau dalam menentukan jurusan kuliah dapat membca serta mempraktikannya langsung. Agar tidak terjadi penyesalan yang berkepanjangan.

 

Leave a Comment