Pengertian Derivatif Adalah Dalam Dunia Ekonomi dan Pasar Modal

Dalam dunia ekonomi kita mengenal berbagai macam istilah. Salah satunya kita mengenal istilah yang disebut derivatif. Apa itu derivatif dalam dunia ekonomi dan pasar modal? Nah, disini kita akan menjabarkan secara lengkap dan detail tentang pengertian derivatif adalah dan berbagai komponen atau unsur terkait didalamnya.

Derivatif adalah suatu piranti keuangan yang memiliki kualitas dibawah kualitas aset yang menjadi dasarnya. Sebagai contoh indeks, saham, deposito, komoditas, tingkat suku bunga dan berbagai aset lain yang terkait. Dengan memanfaatkan piranti derivatif dalam transaksi tersebut, Anda tentu bisa mengambil keuntungan dari adanya perubahan harga yang bergerak secara fluktuatif naik dan turun. Selain itu, instrumen derivatif yang terkait juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai upaya manajemen resiko.

Hal ini karena juga terdapat beberapa resiko yang bisa terjadi ketika Anda melakukan berbagai upaya transaksi keuangan. Derivatif juga dapat dipakai untuk meminimalisir terjadinya resiko yang ditransfer ke pihak lain tersebut yang memang memiliki suatu keinginan untuk menanggungnya. Informasi selengkapnya mengenai piranti derivatif dapat Anda simak dalam uraian di bawah ini!

Pengertian Umum Derivatif Adalah

pengertian Derivatif Adalah

Secara umum, arti derivatif adalah sebagai suatu instrumen turunan yang memiliki sifat dan nilai yang turut disesuaikan dengan instrumen induknya. Terdapat berbagai macam perbedaan yang mencolok antara perdagangan aset dan instrumen yang berbentuk derivatif.

Perbedaan antara perdagangan aset dan instrumen yang berbentuk derivatif adalah metode transaksi yang unik dan terdapat pada berbagai kelebihan yang lainnya. Dengan memanfaatkan produk – produk derivatif maka terdapat potensi mendapatkan keuntungan dari pergerakan naik dan turunnya harga. Hal ini juga karena terdapat keterbatasan dalam melakukan berbagai aktivitas jual.

Dengan demikian keuntungannya hanya bisa ditingkatkan melalui aktivitas jual beli. Kecenderungan semacam ini bisa diamati pada instrumen konvensional seperti layaknya saham di Indonesia, tanah dan berbagai bentuk aset yang lainnya. Hal ini juga turut serta menjadikan para pedagang lebih memilih melakukan berbagai macam transaksi dengan membuat suatu perjanjian agar bisa saling tukar menukar aset, uang dan sebuah nilai di masa yang akan datang dengan berpatokan pada aset yang juga menjadi dasarnya.

Instrumen Derivatif

contoh instrumen Derivatif adalah

Berikut ini ada bebearapa instrumen Derivatif, diantaranya ada Derivatif saham dll. Lengkap dengan contoh instrumen Derivatif adalah

Derivatif saham

waran adalah

Derivatif saham memiliki berbagai macam bentuk produk investasi. Beberapa bentuk produk investasi dalam instrumen derivatif saham diantaranya :

Waran

Waran adalah hak untuk membeli saham di harga dan rentang waktu yang sudah ditentukan. Sebuah perusahaan yang menerbitkan waran harus mencatatkan sahamnya pada bursa karena nantinya akan dikonversi oleh pemegang waran itu sendiri. Waran biasanya dijual secara bersamaan dengan sekuritas yang lain seperti halnya obligasi atau saham dengan periode perdagangan kurang lebih sekitar 3 sampai dengan 5 tahun.

Bursa Efek Indonesia sendiri mengatur bahwa waran yang turut diperdagangkan di bursa efek Indonesia adalah waran yang ketika dimulai suatu perdagangan sekurang – kurangnya 3 tahun dan tata pelaksanaan haknya tidak dapat dilakukan jauh lebih cepat dari waktu 6 bulan terhitung juga sejak waran diterbitkan.

Right

Hak untuk membeli saham terdapat pada harga dan waktu yang sudah ditetapkan akan tetapi diperuntukkan bagi para pemegang saham lama yang memiliki hak untuk mendapatkan tambahan saham baru yang juga sudah dikeluarkan perusahaan pada saat secondary offering. Right pada instrumen saham diterbitkan melalui penawaran umum secara terbatas dengan periode waktu perdagangan yang sangat singkat yaitu dalam hitungan hari atau dalam hitungan minggu.

Reksadana saham

Reksadana saham merupakan cara yang paling sederhana untuk melakukan langkah penyebaran atau disverifikasi resiko. Reksadana saham merupakan kumpulan uang dari banyaknya investor yang sudah diinvestasikan pada berbagai model instrumen investasi di bawah pengelolaan seorang fund manager dari suatu perusahaan sekuitas yang dimana reksadana ini juga diterbitkan. Masing – masing investor memiliki hak secara proporsional pada suatu reksadana saham atas dasar jumlah unit penyertaan yang sudah dimiliki.

Opsi

Opsi merupakan sebuah instumen saham berupa perjanjian yang memberikan hak kepada pemiliknya akan tetapi bukan berupa kewajiban untuk membeli atau untuk menjual suatu aset tertentu pada harga tertentu selama kurun waktu tertentu. Ada beberapa jenis opsi yang meliputi :

Call option atau opsi membeli

Opsi membeli atau call option ini memiliki hak untuk membeli aset induk atau aset acuan pada rentang harga tertentu dalam kurun waktu tertentu dimana penjual adalah wajib untuk menjual aset yang dimilikinya tersebut.

Put option atau opsi menjual

Pemilik put option atau opsi menjual memiliki hak untuk menjual aset induk mereka di harga tetap selama kurun waktu tertentu. Penjual kontrak wajib melakukan pembelian atas saham tersebut dengan harga tetap pada aset induk yang bisa dibeli atau dijual dengan sebuah kontrak opsi yang sering disebut dengan harga pelaksanaan atau strike price atau juga exercise price.

Menggunakan suatu opsi untuk membeli atau menjual aset (call and put) sering disebut dengan melaksanakan opsi oleh para pelaku. Pada hari terakhir opsi dapat dilaksanakan pada tanggal berakhirnya atau di tanggal expiration date suatu kontrak opsi. Selama masa jatuh tempo kontrak opsi belum berakhir menjadikan pembeli bebas dalam melaksanakan semua call option atau put option sesuai dengan kontrak atau untuk menunggu sampai waktu jatuh temponya.

Opsi Saham

Opsi yang paling dikenal juga di Indonesia adalah opsi saham. Opsi saham atau yang disebut stock option ini merupakan suatu opsi untuk membeli dan menjual saham yang diperdagangkan BEI dan sering disebut KOS (kontrak opsi saham) atau single stock option.

Besaran harga KOS sendiri sudah ditentukan oleh pemegang otoritas bursa saham. Besarnya KOS juga tergantung pada jumlah saham acuan dan jumlah saham yang tengah beredar sebagaimana halnya sekuritas yang lain dimana KOS juga turut diperdagangkan dengan melibatkan pembeli kontrak opsi atau taker dan penjual kontrak opsi atau writer.

Jatuh tempo atau hari berakhirnya pada masing – masing seri KOS di setiap bulannya adalah hari bursa terakhir di bulan yang bersangkutan. Juga tidak semua saham yang sudah tercatat di BEI merupakan saham acuan atau underlying asset. KOS hanya berupa saham yang memiliki tingkat frekuensi perdagangan dan juga volatilitas atau fluktuasi harga yang tinggi. Juga nilai kapitalisasi pasar yang cukup besar.

Kurang lebih terdapat 5 saham yang menjadi acuan dalam opsi saham ini yaitu diantaranya PT Astra Internasional Tbk, PT Bank Central Asia, Tbk, PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk dan juga PT H.M Sampoerna, Tbk.

Derivatif Indeks Saham

derivative adalah bahasa inggris  Page navigation

Produk derivatif indeks saham merupakan suatu produk derivatif atau turunan kontrak berjangka atas suatu indeks saham. Produk derivatif ini terdapat di bawah naungan Bursa Berjangka Jakarta dan Bursa Efek Indonesia. Acuannya adalah indeks bursa Asia dan bursa Indonesia dimana bursa berjangka Jakarta memiliki setidaknya tiga jenis kontrak indeks yang cukup populer. Juga mengacu pada indeks bursa Asia yang meliputi :

Nikkei 225

Indeks ini terbentuk dari adanya suatu pergerakan 225 saham yang berupa pilihan di Osaka. Pergerakan Nikkei banyak yang dipengaruhi oleh pergerakan saham – saham perbankan, telekomunikasi, otomotif dan teknologi yang ada di Jepang. Nikkei memiliki batas pergerakan yang bisa dibilang sangat lebar dimana rata – rata dalam sehari bisa bergerak diantara 200 sampai dengan 300 poin.

Kospi

Dibentuk dari pergerakan harga 200 saham yang merupakan unggulan di Korea Selatan dan juga merupakan salah satu bentuk indeks yang paling besar di Asia. Saham – saham yang menjadi barometer Kospi adalah saham – saham telekomunikasi dimana rata – rata dalam sehari indeks Kospi ini bergerak antara kisaran 300 sampai dengan 500 poin.

Hangseng

Hangseng mencakup upaya pergerakan harga 33 saham utama yang diperdagangkan di Hongkong Stock Exchange (HSE). Pergerakan indeks Hangseng ini sangat ditentukan oleh adanya suatu upaya pergerakan saham HSBC dan juga saham – saham telekomunikasi seperti halnya China Mobile dan juga China Unicorn. Hangseng sendiri dikenal sebagai indeks yang sangat fluktuatif dimana dalam satu hari secara rata – rata indeks saham ini bisa bergerak naik turun antara kisaran 500 sampai dengan 1000 poin.

Jenis – jenis Transaksi Derivatif

macam-macam derivatif

Transaksi derivatif memiliki berbagai macam jenis. Mengenai bagaimana jenis – jenis transaksi derivatif diantaranya :

Fx forward

Jenis transaksi derivatif yang satu ini merupakan sebuah transaksi valuta asing atau valas yang turut didasari oleh suatu kontrak untuk melakukan pembelian atau penjualan valas yang penyerahan dananya dilakukan dalam kurun waktu lebih dari 2 hari kerja setelah tanggal transaksi berlangsung.

Fx swap

Fx swap merupakan suatu bentuk transaksi valas yang didasari oleh suatu kontrak dalam melakukan pertukaran valas melalui pembelian tunai atau berjangka dengan perjanjian untuk menjual kembali secara berjangka atau penjualan tunai berjangka. Dalam ranah Fx swap ini kegiatannya dilakukan secara simultan dengan pihak yang sama dan di tingkat harga yang dibuat serta disepakati di tanggal transaksi yang dilakukan.

Fx option

Transaksi yang satu ini didasari oleh suatu perjanjian yang memberikan hak dan bukan kewajiban kepada pembeli dalam melakukan call option atau menjual put option yang berupa suatu valas tertentu dengan harga tertentu di tanggal berakhirnya perjanjian atau di tanggal tertentu dalam satu periode perjanjian transaksi.

Transaksi fx option terdiri atas transaksi call option yang merupakan sebuah transaksi yang didasari atas suatu kontrak yang memang memiliki hak dan bukan kewajiban untuk membeli valuta asing dengan volume dan harga yang sudah disepakati bersama.

Fx futures

Fx futures merupakan suatu kontrak yang sudah dilakukan standarisasi dalam pembelian atau penjualan valas pada harga yang sudah ditentukan pasar.

Manfaat derivatif Dalam Dunia Ekonomi dan Pasar Modal

fungsi derivatif

Pasar internasional yang sangat canggih seperti sekarang ini telah membantu mendorong pertumbuhan instrumen derivatif yang benar – benar pesat. Di tangan investor yang memiliki pengetahuan sangat luas menjadikan derivatif bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai macam segi. Derivatif bisa mendapatkan keuntungan dari :

  • Perubahan tingkat suku bunga dan juga pasar ekuitas di seluruh dunia.
  • Perubahan atas nilai tukar mata uang
  • Perubahan dalam hal penawaran dan juga permintaan global untuk komoditas seperti produk pertanian, dan juga logam industri serta produk energy misalkan minyak dan gas alam.

Juga menambahkan beberapa dari berbagai macam instrumen derivatif yang sudah tersedia untuk portofolio investasi tradisional yang dapat memberikan nilai diversifikasi global pada instrument keuangan dan juga mata uang yang nantinya akan membantu melakukan lindung nilai terhadap inflasi dan aspek – aspek terkait deflasi. Dihasilkan juga pengembalian yang tidak berkorelasi dengan investasi lebih tradisional. Terdapat juga dua manfaat yang paling banyak dikenal sebagai instrumen derivatif seperti price discovery dan risk management. Selain itu, manfaat lain derivatif adalah :

Harga penemuan

Harga pasar berjangka sangat tergantung atas suatu arus informasi secara terus menerus di seluruh dunia dan memerlukan tingkat transparansi yang tinggi. Berbagai faktor kondisi iklim, situasi politik, default hutang, pengungsian pengungsi, reklamasi lahan dan juga kesehatan lingkungan juga bisa ditemukan.

Dengan demikian harga aset saat ini dan di masa yang akan datang dimana kontrak derivatifnya berbasis semacam ini dan cara orang menyerapnya secara terus menerus dapat mengubah harga komoditas. Proses seperti ini yang dikenal sebagai price discovery. Ada beberapa unsure dalam harga penemuan diantaranya :

  • Dengan beberapa pasar berjangka dimana underlying asset bisa tersebar secara geografis kemudian juga memiliki banyak harga spot atau current yang ada. Harga kontrak dengan waktu paling pendek sampai kadaluarsa juga sering dijadikan sebagai proxy untuk underlying asset.
  • Kedua, harga semua kontrak masa depan yang memiliki fungsi sebagai harga yang dapat diterima oleh mereka yang kembali melakukan upaya perdagangan kontrak sebagai pengganti dalam menghadapi berbagai resiko harga di masa depan yang cenderung tidak memiliki kepastian.
  • Berbagai pilihan juga sangat membantu dalam sektor penemuan harga. Bukan dalam harga multak melainkan dalam cara pelaku pasar melihat volatilitas pasar. Hal ini karena opsi merupakan suatu bentuk lindung nilai yang berbeda karena mereka memang melindungi investor dari kerugian. Sementara membiarkan untuk mereka berpartisipasi dalam rangka kenaikan aset.

Membantu manajemen resiko

Hal ini dapat menjadi tujuan paling penting dari pasar derivatif. Manajemen resiko ini merupakan salah satu proses dalam melakukan identifikasi tingkat resiko yang diinginkan. Juga terdapat langkah identifikasi tingkat resiko secara actual dan mengubah yang terakhir menjadi sama dengan yang sebelumnya. Proses yang semacam ini bisa masuk ke dalam kategori hedging dan juga spekulasi pada akhirnya.

Hedging secara konteks tradisional didefinisikan sebagai suatu strategi dalam mengurangi resiko memegang posisi pasar sementara spekulasi mengacu pada posisi di tengah pergerakan pasar yang bergulir. Kini strategi lindung nilai dan juga spekulasi bersama dengan derivatif adalah suatu alat atau teknik yang berkaitan dan besar pengaruhnya dalam memungkinkan sebuah perusahaan mengelola resiko jauh lebih efektif.

Meningkatkan efisiensi pasar untuk aset yang mendasari

Semisal investor yang ingin terpapar S & P 500 dapat membeli dana indeks S & P 500 atau melakukan replikasi dana dengan membeli S & P 500 futures dan juga investasi pada obligasi bebas resiko. Salah satu dari metode ini nantinya akan memberikan kepada mereka paparan indeks tanpa mengorbankan semua aset dasar di S dan juga P 500.

Jika kemudian biaya untuk menerapkan kedua strategi ini sama, maka menjadikan investor akan bersikap netral seperti apa yang sudah mereka pilih. Kemudian jika memang terdapat perbedaan antara harga, investor juga akan menjual aset yang lebih kaya dan membeli yang jauh lebih murah sampai dengan harga yang mencapai ekuilibrium. Didalam konteks ini maka derivatif akan menciptakan suatu efisiensi pasar yang saling berkaitan.

Derivatif membantu mengurangi biaya transaksi pasar

Karena derivatif adalah suatu bentuk asuransi dan manajemen resiko, maka menjadikan biaya perdagangan didalamnya harus rendah atau investor tidak akan merasa sehat secara ekonomi untuk membeli asuransi pada posisi yang mereka punya.

Jadi dalam dunia ekonomi dan pasar modal, derivatif adalah suatu piranti keuangan yang memiliki kualitas dibawah kualitas aset yang menjadi dasarnya. Hal inilah yang penting dipahami oleh pelaku ekonomi dan pasar modal tentang derivatif.

Leave a Comment