Manfaat Teh Hijau, Cocok Buat Diet Hingga Bikin Awet Muda

By | January 9, 2020

Manfaat Teh Hijau – Teh hijau merupakan salah satu minuman yang dipercaya memiliki banyak manfaat sejak dulu. Di dalamnya, teh hijau memiliki banyak kandungan baik seperti polifenol yang berperan sebagai sumber antioksidan dan senyawa katekin yang dapat menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh. Selain itu, teh hijau juga masih diperkaya dengan kandungan lainnya seperti vitamin B, vitamin C, asam folat, kafein, dan kalium.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Teh Hijau

Karena kandungannya itu, teh hijau sering kali dijadikan minuman wajib untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja khasiatnya?

Mencegah diabetes

Penderita diabetes harus selalu memantau kadar gula darah setiap hari. Namun ada cara menyenangkan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kadar gula darah, yaitu dengan rajin mengonsumsi teh hijau. Teh hijau dipercaya dapat meningkatkan kerja insulin dan mengatur metabolisme tubuh sehingga dapat membantu kurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

Selain itu zat polifenol dalam teh hijau juga baik sebagai antioksidan. Saat mengonsumsi teh hijau, lebih baik hindari penggunaan gula dan konsumsi dalam keadaan hangat ketimbang dingin. Jika Anda ingin menambah rasa manis, gunakan pemanis yang rendah kalori.

Menstabilkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi menyempitnya pembuluh darah arteri yang mengakibatkan tekanan darah semakin meningkat. Umumnya hal ini disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang kurang baik. Jika tak ditangani, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi serius seperti serangan jantung dan stroke.

Baca Juga : Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Phobia yang Berlebihan

Untuk menstabilkan tekanan darah, Anda dapat mengonsumsi teh hijau dengan rutin. Berdasarkan penelitian oleh Clinical Pharmacology and Therapeitics Journal di tahun 2014, peserta yang meminum teh hijau cenderung mengalami penurunan tekanan darah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.

Baca Juga :  Manfaat Kacang Panjang, Buat Tidur Makin Nyenyak

Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk rutin mengonsumsi teh hijau sebagai pengganti minuman manis yang biasa Anda konsumsi. Teh hijau dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga pembakaran lemak juga menjadi lebih lancar.

Baca Juga : 14+ Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah [Lengkap]

Menurut penelitian, mengonsumsi 3-4 cangkir teh hijau setiap hari dapat menurunkan berat badan hingga 5%. Hal ini tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat seperti menjaga asupan makan, konsumsi air putih yang cukup, dan olahraga teratur.

Mencegah penuaan

Untuk menjaga kulit agar tetap awet muda, antioksidan merupakan salah satu zat yang memiliki peran penting karena dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan kulit. Teh hijau diperkaya oleh polifenol yang merupakan sumber antioksidan yang baik untuk perawatan wajah. Kandungan vitamin C pada teh hijau juga dapat mencegah kulit kusam dan keriput. Maka dari itu, rutinlah mengonsumsi teh hijau untuk menghindari terjadinya tanda-tanda penuaan.

Meningkatkan daya ingat

Dalam jurnal Psycopharmacology yang dipublikasikan di tahun 2014, teh hijau diklaim dapat meningkatkan fungsi kognitif otak terutama dalam hal daya ingat, sehingga kinerja otak akan lebih baik. Ekstrak teh hijau dapat secara efektif meningkatkan konektivitas otak dengan memengaruhi kausal pada otak.

Selain itu, teh hijau diperkaya oleh zat kafein yang juga disinyalit dapat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat manusia.

Mengurangi risiko kanker

Menurut penelitian yang dilakukan National Cancer Institute, kandungan 40% polifenol yang ada pada teh hijau berperan dalam melawan sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya. Antioksidan pada teh hijau juga dipercaya dapat memperbaiki sel-sel yang rusak karena terserang kanker.

Baca Juga :  Manfaat Mentimun untuk Perawatan Wajah, Bikin Awet Muda dan Atasi Jerawat

Teh hijau disinyalir dapat melawan kanker payudara, mengurangi risiko terkena kanker paru-paru, usus besar, lambung, hingga kanker hati.

  • waktu yang tepat untuk minum teh hijau
  • Berapa kali sehari minum teh hijau
  • Bagaimana cara minum teh hijau yang benar
  • Bolehkah minum teh saat minum obat
  • Bahayakah minum teh hijau setiap hari
  • Apakah boleh minum teh hijau sebelum tidur

Teh Hijau Bubuk

Teh hijau bubuk (matcha green tea) merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan metabolisme tubuh dan juga meningkatkan fokus. Teh hijau memang berbeda dengan jenis teh yang lainnya baik dari proses penanaman, pemanenan, pemrosesan, sampai manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Rasa dari teh ini cukup lembut dan sedikit manis. Jika Anda mencicipi teh hijau dengan rasa yang pahit, besar kemungkinan bahwa teh hijau tersebut tidak memiliki kualitas yang tinggi atau bisa juga air untuk menyeduhnya terlalu panas.

Siapa sangka bahwa teh hijau bubuk (matcha green tea) ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh Anda. Penasaran apa saja khasiatnya? Yuk simak ulasan menarik berikut ini.

1. Meningkatkan metabolisme

Meningkatkan metabolisme tubuh sangatlah penting agar terhindar dari berbagai penyakit. dengan mengonsumsi teh hijau, metabolisme tubuh Anda menjadi meningkat sehingga kalori yang ada dalam tubuh dapat berkurang dan itu artinya dapat meminimalisir timbulnya penyakit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa katekin yang terdapat di dalam teh berkhasiat untuk menurunkan kolesterol LDL dan mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh.

2. Mendetoksifikasi racun dalam tubuh

Tanpa disadari bahwa tubuh terdiri dari racun-racun yang sangat membahayakan dan harus segera dibasmi sesegera mungkin. Ya, racun-racun ini dapat menimbulkan penyakit yang cukup serius bagi tubuh Anda jika tidak segera dikeluarkan.

Baca Juga :  Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Tubuh

Namun, Anda tidak perlu bingung bagaimana untuk mengeluarkannya, karena teh hijau bubuk (matcha green tea) hadir untuk memberikan solusi bagi Anda. Dimana, di dalam teh hijau ini terdapat kandungan klorofil yang efektif untuk mengeluarkan racun serta logam berat yang ada di dalam tubuh.

3. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam teh hijau terkandung katekin polifenol yang dipercaya sebagai antioksidan kuat dan juga penghancur radikal bebas. Salah satu zat yang paling diandalkan dari katekin ini adalah EGCG (Epigallocatechin Gallate) karena terbukti mampu melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Ada sebuah studi di tahun 2011 yang menemukan fakta bahwa jumlah EGCG yang terdapat di dalam Teh hijau bubuk (matcha green tea) 137 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan teh hijau tradisional China.

4. Menyehatkan kulit

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk melindungi kulit Anda. Dimana, sekarang ini banyak sekali radikal bebas yang bertebaran diluar ruangan. Untuk itu, kulit Anda memerlukan perlindungan yang salah satunya dapat dilakukan dengan mengonsumsi teh hijau.

Teh ini pun dapat menghindarkan Anda dari penuaan dini dan kanker kulit karena kulit Anda akan terlindungi dengan baik.

5. Meningkatkan mood

Sebagai manusia, tentu wajar saja jika memiliki mood yang naik turun. Ada banyak faktor yang dapat membuat mood Anda berantakan. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena teh hijau bubuk (matcha green tea) dapat menjadi solusi yang terbaik bagi Anda untuk meningkatkan mood.

Dengan adanya kadar L-theanine yang tinggi, dipercaya dapat membuat suasana hati menjadi seimbang dan mengurangi tingkat kecemasan yang sedang melanda diri Anda. Ya, teh hijau memang memiliki efek yang menenangkan sehingga dapat memperbaiki mood Anda dan membuat Anda lebih rileks.

Tentu masih ada banyak lagi manfaat dari teh hijau bubuk (matcha green tea). Nah, karena teh hijau ini sudah terbukti berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, kulit dan dapat memperbaiki suasana hati, maka tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsinya mulai sekarang juga.

Author: dhonnies

"Gagah bungah sumringah, ndadar ing wayah-wayah"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *