Tampilan Awal 5 Situs Terkenal di Dunia

Berawal dari munculnya internet di era 90an. Ada banyak sekali website-website di dunia ini yang telah membuktikan eksisitensinya hingga sekarang. Mulai dari situs sosial, situs komersil, hingga situs-situs hiburan lainnya. Namun dari semua website pastilah mereka memulainya dengan tampilan awal dan gagasan yang terlihat sederhana. Tidak terkecuali dengan situs-situs yang saat ini sangat populer bahakan selalu dikunjungi jutaan pengunjung setiap harinya. Kita ambil contohnya saja seperti Google, facebook, Twitter, Youtube, dan lain sebagainya.

Tampilan-tampilan website dulu tidak lah sekeren zaman sekarang, dikarenakan teknologi pada saat itu masih terbatas.  Dengan menggunkan situs Archive.org kita dapat menemukan tampilan-tampilan awal situs tersebut. Penasaran dengan tampilan situs-situs populer yang ada saat ini? Berikut ini tampilan awal situs Google, Facebook, Twitter, Youtube dan Yahoo.

1. Google

Google merupakan situs pencarian yang sangat populer di dunia. Hampir setiap saat orang mengakses disitus ini. Google sendiri awalnya merupakan proyek 2 orang mahasiswa pascasarjana di Standfor University yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Pada tahun 1996 kedua mahasiswa itu bekerjasama mengembangkan mesin pencari yang bernama BackRub, yang dioperasikan menggunakan server di Universitas mereka. Kemudian pada tahun 1997, kedua mahasiswa tersebut mengganti nama BackRub menjadi Googol. Istilah tersebut mereka ambil dari istilah matematika untuk angka 1 (satu) yang dikuti 100 angka nol (nol), oleh karena itu penggunaan kata Google sendiri merupakan refleksi dari kata Googlo yang berawal dari pelafalan yang salah dari para investor. Dan sampai pada akhirnya nama Google lah yang dipakai sampai sekarang ini. beginilah tampilan awal dari situs google (tahun 1998)

ampilan awal google. via archive.org

2. Facebook

Siapa sih yang gak tahu facebook. Setiap orang hampir mempunyai akun di situs ini. Facebook merupakan jaringan sosial terbesar di dunia. Pendiri Facebook ialah seorang mahasiswaa Psikologi di Universitas Harvard yaitu Marc Zuckberg. Pada tahun 2004 awal facebook berdiri. Awalnya facebook itu bernama thefacebook.com yang mana nama itu terinspirasi dari insiden Facemash dan dimodelkan dari Friendster. Tujuan dari situs ini awalnya hanya untuk menghubungkan orang-orang di dalam Universitasnya saja. Sampai akhirnya banyak investor yang tertarik dengan situs ini, dan tepatnya di agustus 2005, thefacebook.com berganti nama facebook.com. inilah tampilan awal facebook yang masih bernama thefacebook.com. (tahun 2004)

tampilan awal facebook via archive.org

3. Youtube

Bagi kita yang sering menonton video di internet, pasti tidak asing dengan situs ini, ya situs youtube. Situs yang merupakan tempat berbagi video terbesar di dunia. Pada Februari 2005, Awal berdirinya situs ini diperkarsai oleh tiga orang mantan pegawai PayPal (Stave Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim) yang mana mereka bertiga ini hanya membuat situs media sosial dimana penggunanya bisa mengunggah video. Awal nya situs ini situs independen milik tiga orang tersebut, sampai pada akhir tahun 2006 situs ini beralih menjadi milik Google hingga saat ini. Beginilah tampilan awal dari situs youtube.com (tahun 2005).

tampilan awal youtube via archive.org

4. Twitter

Twitter merupakan Situs wajib untuk orang Yang sering berkicau di dunia maya. Salah satu situs yang unik karena penggunanya hanya dibatasi teks maksimal 140 karakter saja. Twitter ini berawal dari diskusi yang digagas dan diselenggarakan oleh perusahaan podcast bernama Odeo. Twitter sendiri itu memiliki defeinsi ‘ledakan singkat informasi tidak penting’ dan ‘celotehan burung’. Twitter pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo, dan untuk versi lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 juli 2006. Inilah tampilan awal twitter yang awalnya bertuliskan twttr. (tahun 2006)

ampilan awal twitter via archive.org

4. Yahoo

Yahoo merupakan situs internet yang sangat terkenal di dunia. Situs ini adalah situs yang menyediakan berbagai jenis layanan mulai dari yahoo Messenger, email gratis, Yahoo Answer, video sharing, sosial media, portal web dan lain-lain. Awalnya Yahoo ini dibuat oleh mahasiswa Universsitas Standfor, Jerry Yang dan David Filo. Pada saat itu belum memakai nama Yahoo, nama yang diapakai pada waktu itu adalah “Jerry adn Dave’s Guide to the Word Wide Web” pada tahun 1994. Setelah itu baru lah nama Yahoo digunakan. Yahoo sendiri merupakan kepanjangan dari “Yet Another Hierarrchical Officious Oracle”. Pada tahun 1995 barulah situs ini mulai dikenal dan banyak digunakan oleh masyarakat. inilah tampilan awal dari situs Yahoo.

tampilan awal yahoo via archive.org

Leave a Reply